×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
16 Tips agar tubuh tetap sehat saat musim penghujan

0

Kesehatan

16 Tips agar tubuh tetap sehat saat musim penghujan

Foto: pexels/Genaro Servin

Banyak penyakit menyerang saat musim hujan. Jaga kesehatan dengan melakukan 16 hal ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DwiS

07 / 01 / 2020 15:10

Banyak penyakit bermunculan saat musim hujan tiba. Penyakit seperti batuk, flu, dan demam menjadi langganan di musim ini yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Masa iya setiap musim penghujan kamu harus mengalami sakit?

Saatnya untuk lebih memperhatikan kesehatan supaya tubuhmu tetap fit alias tidak gampang terserang penyakit. Apa saja tips supaya tubuh tetap sehat di musim penghujan?

1. Konsumsi makanan sehat.

Berbagai macam penyakit dapat menyerang kalau daya tahan tubuh melemah. Cara untuk mencegahnya yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi lengkap seperti vitamin, mineral, karbohidrat, lemak sehat, protein dan kaya serat. Makanan dan minuman sehat bisa kamu peroleh dari buah, sayur, ikan, telur, daging, dan susu.

2. Vitamin C.

Loading...

Makanan yang mengandung nutrisi memang penting untuk kesehatan tubuh, salah satunya vitamin C. Mengonsumsi vitamin C terutama saat musim hujan sangat dianjurkan.

Vitamin C dengan kandungan antioksidan dapat bantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindunginya dari serangan penyakit. Kamu bisa mengonsumsi dalam bentuk multivitamin atau mendapatkannya secara alami pada berbagai jenis buah dan sayuran.

3. Hindari jajan di luar.

Buat kamu yang biasa membeli jajan sembarangan di luar, sebisa mungkin kurangi kebiasaan tersebut. Apalagi tempat membelinya di lingkungan yang kurang bersih dan banyak genangan air di sekitarnya saat musim hujan. Tidak mau kan, mengalami diare atau keracunan setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi kuman dan bakteri? Kalau perlu, biasakan memasak sendiri makanan di rumah untuk menjamin kebersihannya.

4. Mandi setelah terkena hujan.

Basah kuyup terkena air hujan selama di perjalanan? Setibanya di rumah, kamu sebaiknya membersihkan tubuh dengan mandi air bersih. Bisa saja hujan di luar mengandung bakteri dan kuman yang terbawa angin dan masuk ke tubuhmu. Kalau malas membersihkan diri, gak heran kamu jadi gampang sakit setelahnya.

5. Hindari stres.

Musim hujan bisa berdampak pada hal-hal yang menjadi beban pikiranmu. Mulai dari hal kecil seperti lupa mengangkut jemuran hingga masalah banjir di sekitar tempat tinggal. Tak jarang hal-hal tersebut bisa bikin kamu stres, apalagi ditambah dengan pekerjaan atau tugas di kantor yang belum selesai.

Stres tentunya tidak baik untuk kesehatan mental dan fisik. Usahakan untuk mengontrolnya dengan melakukan aktivitas yang membuat kamu lebih rileks. Lakukan meditasi, yoga, mendengarkan musik favorit, dan beristirahat yang cukup agar pikiranmu tenang.

6. Sedia payung dan jas hujan.

Saat beraktivitas di musim hujan sebaiknya kamu sudah mengantisipasinya dengan membawa payung dan jas hujan. Cuaca bisa berubah dalam sehari yang tadinya cerah lalu tiba-tiba turun hujan. Dengan begitu tubuhmu tetap bisa terlindungi dari basah dan mengurangi risiko terkena sakit.

7. Pakai alas kaki.

Salah satu cara agar terhindar dari penyakit adalah dengan mengenakan alas kaki (sandal, sepatu) yang bersih saat keluar rumah. Setidaknya kamu bisa mencegah jamur ataupun cacing masuk ke kakimu. Khususnya saat musim hujan, sediakan sandal saat ke kantor atau kampus selama di perjalanan supaya sepatumu tidak basah setibanya di tempat tujuan.

8. Hati-hati saat bersin.

Ketika bersin, kamu menyebarkan virus dan bakteri ke orang-orang di dekatmu. Sebaiknya tutup hidung dan mulut saat bersin menggunakan tisu atau saputangan. Kalau perlu, agak menjauh dari orang-orang tersebut ketika kamu bersin dan hindari melakukannya di dekat makanan.

9. Pakai baju hangat.

Tentunya kamu tidak mau kedinginan kan saat musim hujan? Pakai atau bawa selalu baju hangat untuk melindungi tubuhmu, terutama saat keluar rumah.

10. Menyentuh wajah saat tangan bersih.

Mungkin kamu sering lupa kalau tanganmu tidak selalu dalam keadaan bersih saat menyentuh wajah. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer sebelum menyentuh wajahmu supaya tidak terinfeksi kuman dan bakteri di musim hujan.

11. Minum cukup dan minum teh herbal.

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup. Selain mencegah dehidrasi, minum cukup air juga membantu tubuh membuang racun yang bisa menyebabkan sakit. Tentunya air yang kamu konsumsi tersebut sudah terjamin kebersihannya.
Untuk menghangatkan tubuh dan membuatnya lebih sehat, cobalah untuk rutin minum teh herbal saat musim hujan.

12. Lingkungan yang bersih.

Bukan hanya diri saja, lingkungan sekitar rumah pun perlu kamu jaga kebersihannya. Rajinlah membersihkan ruangan dan halaman rumah, termasuk got di luar pagar. Saat musim hujan, sampah-sampah yang hanyut terbawa air bisa muncul di sekitar lingkunganmu dan menjadi sumber penyakit.

13. Jauhi dinding basah.

Terdapat jamur pada dinding basah yang bisa membuatmu terkena sakit asma ataupun mengalami alergi. Hindari atau perbaiki dinding rumahmu dan pastikan tempatnya nyaman dan sehat untuk ditinggali.

14. Cuci tangan.

Dalam suasana apa pun, termasuk saat musim hujan, biasakan membersihkan tangan menggunakan air bersih dan sabun. Ini terutama saat kamu akan mengonsumsi makanan ataupun setelah beraktivitas dan memegang benda kotor. Menjaga kebersihan diri harus menjadi kebiasaan supaya kesehatan tubuhmu tetap terjaga.

15. Hindari nyamuk.

Saat musim hujan, nyamuk bisa mendatangkan penyakit seperti malaria. Hindari gigitan nyamuk misalnya dengan menggunakan kelambu. Kalau ada wadah yang tergenang air di sekitar rumahmu, segera musnahkan supaya nyamuk tidak bersarang di sana.

16. Olahraga.

Biasakan berolahraga rutin khususnya saat musim hujan. Tubuh yang tetap aktif lebih terhindar dari penyakit dibanding mereka yang malas bergerak. Kamu bisa melakukan olahraga di dalam ruangan seperti bermain hula-hoop, push-up, naik-turun tangga, sit-up, dan sebagainya, termasuk rajin bergerak membersihkan rumah.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red