×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
12 Kota tua di Indonesia, suasana jadul yang keindahannya bertahan

0

Jalan-Jalan

12 Kota tua di Indonesia, suasana jadul yang keindahannya bertahan

Yuk berkunjung ke 12 kota tua Instagrammable di Indonesia ini. Serasa kembali ke zaman dahulu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Audy Ramadhani

21 / 08 / 2019 14:35

Indonesia yang merdeka 74 tahun yang lalu tidak pernah lepas dari sejarah masa lalu. Pernah dijajah oleh 6 negara membuat Indonesia kaya akan sejarah dan juga bangunan-bangunan peninggalannya. Sehingga banyak kawasan-kawasan kota tua yang masih bertahan keindahannya sampai saat ini.

Nah, bagi kamu yang menginginkan atmosfer tidak biasa dengan suasana zaman dulu, cocok banget untuk mengunjungi kota tua yang ada di Indonesia. Arsitektur jadul yang instagrammable di kawasan kota tua tidak hanya mempercantik kota, tetapi juga memberikan warna tersendiri di daerah tersebut.

Selain menikmati suasana oldies dan berfoto ria, kita juga belajar bagaimana menghargai masa lalu dan perjuangan para pahlawan Indonesia. Yuk kita intip 12 kota tua di Indonesia dengan arsitektur unik dan kaya akan sejarah.

1. Kota Tua Jakarta.

kota tua jakarta

Loading...

foto: thejakartapost.com

Jakarta yang merupakan kota terbesar di Indonesia kaya akan peninggalan Batavia. Sisa-sisa bangunannya masih cantik dan sangat unik karena terletak di pusat kota. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang menunjungi kawasan Kota Tua yang antik untuk berfoto karena arsitektur yang instagramable. Ikon dari kota tua sendiri adalah Museum Fatahilah yang masih berdiri kokoh di tengah-tengah kawasan. Selain itu di kawasan kota tua ini juga terdapat Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Jembatan Kota Intan, dan lain sebagainya.

2. Jalan Asia Afrika dan Braga, Bandung.

jalan asia afrika bandung

foto: flicker.com

Kota Bandung merupakan salah satu kota bersejarah di Indonesia karena terdapat kejadian penting yaitu konverensi Asia Afrika yang mana saat ini kawasan kota tuanya menjadi saksi bisu peristiwa tersebut. Bangunan retro yang unik tentu saja banyak ditemukan saat ini, sehingga sepanjang jalan Asia Afrika dan Jalan Braga jangan sampai dilewatkan. Selain merasakan nuansa vintage, kita juga bisa mengabadikannya dengan berfoto di kota tua nan istagramable ini. Saat ini kawasan kota tua di Bandung menjadi destinasi wisata belanja dan kuliner membuatnya semakin ramai dikunjungi.

3. Kota Lama Semarang.

kota lama semarang

foto: jalancerita.com

Semarang juga memiliki kawasan kota tua yang bersejarah. Ikon dari kota lama ini adalah Gereja Blenduk, yaitu gereja yang memiliki kubah bundar seperti masjid. Tidak hanya itu, banyak bangunan antik di sekitar kawasan kota tua ini. Terdapat kafe dengan nuansa retro, Lawang Sewu, dan berbagai bangunan lainnya. Tentu saja hal ini yang membuat wisatawan datang untuk berkunjung menikmati suasana unik dan bangunan yang instagramable. Banyak spot-spot antik yang siap untuk mengisi feed instagrammu.

4. Kota tua Yogyakarta.

titik nol kilometer jogja

foto: kotajogja.com

Kota yang kaya akan budaya, Yogyakarta tentu saja tidak lepas dari sejarah. Dari pusat kota, tepatnya di Jl. Jendral Sudirman sampai titik KM 0 Yogyakarta, ada banyak bangunan bersejarah dengan nuansa oldies yang berpadu antara gaya Jawa kuno dan gaya Eropa. Di antaranya adalah Bank BNI, Gedung Agung, Gedung Bank Indonesia, dan Kantor Pos. Jelas saja kita semua terkagum-kagum dengan keindahan dan keunikannya. Kalau berkunjung ke Jogja, jangan lupa berfoto di kota tua nan indah ini ya.

5. Tugu Pahlawan dan Jembatan Merah, Surabaya.

kota tua surabaya

foto: kumparan.com

Kota tua di Indonesia selanjutnya terletak di Surabaya. Peristiwa yang saat ini diperingati dengan Hari Pahlawan berlatar belakang kota Surabaya sehingga banyak bangunan tua yang masih dipertahankan. Nuansa kota tua begitu terasa, terutama jika kamu mengunjungi Tugu Pahlawan dan Jembatan Merah yang instagenik. Di sepanjang jalan kawasan ini masih terdapat bangunan kuno, rumah penduduk bergaya retro, sampai toko-toko berarsitektur vintage. Kebayang kan bagaimana suasana kota tua ini amat terasa? Bila ke Surabaya jangan lupa untuk berfoto di lokasi ini sambil menelusuri sejarah perjuangan Indonesia.

6. Kota tua Solo.

omah lowo solo

foto: situsbudaya.id

Kota kecil ini juga memiliki kawasan kota tua yang begitu menawan. Di kota ini banyak bangunan antik nan instagramable yang bisa dijadiakn tempat hunting foto kece. Bangunan yang paling terkenal adalah Omah Lowo, merupakan rumah zaman dulu yang masih berdiri tegak. Selain itu di kawasan ini terdapat benteng peninggalan jaman penjajahan dan juga kraton khas Jawa. Selain mempercantik feed instagrammu, suasana retro di kota tua ini bisa membuatmu kembali ke masa lampau.

7. Kota tua Kediri.

kota tua kediri

foto: tripzilla.id

Siapa sangka Kota Kediri memiliki kawasan kota tua yang instagramable dan masih kokoh sampai saat ini. Kamu bisa menelusuri sepanjang Jl. Doho untuk bisa merasakan suasana kota tua. Di jalan ini masih terdapat bangunan-bangunan zaman dulu yang arsitekturnya berbeda dengan kawasan lain. Tidak jarang masyarakat jauh-jauh kemari untuk melakukan pemotretan. Apabila ke Kota Kediri jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di berbagai spot kota tua ini ya.

8. Kota tua Salatiga.

GPIB salatiga

foto: situsbudaya.id

Kota yang terletak di antara Semarang dan Solo ini ternyata penuh sejarah yang perlu dilestarikan. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan bangunan kuno yang masih bertahan sampai saat ini. Saat menelusuri jalan Diponegoro, di sanalah kamu akan merasakan suasana retro. Gereja tua bernama Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) yang masih berdiri kokoh dengan arsitektur bergaya Belanda yang kental.

9. Ampenan, Mataram.

ampenan, mataram

foto: tripzilla.id

Kawasan kota tua di Mataram ini berada di dareah Ampenan. Banguan kunonya begitu menawan dan masih kokoh. Di sini kamu akan puas berfoto di antara bangunan-bangunan bergaya Eropa yang instagenik. Banyak warga yang datang ke sini untuk melakukan sesi pemotretan dan menampilkan kesan jadul.

10. Kota tua Medan.

kota tua medan

foto: pecintawisata.wordpress.com

Bertolak ke Pulau Sumatera, kota tua Medan memiliki sejuta pesona. Bangunan kuno ini banyak ditemukan di daerah Kesawan. Bangunan tua yang terkenal salah satunya adalah gedung London Sumatra yang dibangun tahun 1906. Selain itu, di daerah ini juga ada kesan kota tua lainnya, yaitu sebuah rumah dari Chong A Fie yang merupakan seorang pengusaha Cina di masa lalu.

11. Padang Lama, Padang.

kawasan padang lama

foto: lifestyle.okezone.com

Kota tua di Padang biasa disebut oleh warga dengan sebutan Padang Lama. Di sini kamu bisa menemukan gedung-gedung bergaya vintage yang bersejarah. Mulai dari gedung pemerintahan sampai kafe-kafe bernuansa retro. Oleh karena itu banyak orang yang berkunjung untuk merasakan kesan yang mendalam mengenai masa lampau dan berfoto di spot-spot unik dan instagrammable.

12. Sekanak, Palembang.

sekanak, palembang

foto: plesirankotatua.blogspot.com

Palembang merupakan kota tertua di Indonesia karena sudah ada sejak 682 Masehi sehingga tentu saja banyak bangunan jadul dan bersejarah serta instagenik di kota ini. Kalau kamu berkunjung ke daerah Sekanak atau menelusuri jalan di Jl. Jenderal Sudirman sampai Jembatan Ampera, kamu akan menemukan gedung-gedung jadul dan spot foto keren.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red