×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Tips menciptakan suasana rumah yang nyaman untuk membaca buku

0

Rumah

10 Tips menciptakan suasana rumah yang nyaman untuk membaca buku

Saat ingin membaca biasanya perlu tempat yang nyaman. Kamu bisa melakukannya dengan mencoba 10 tips ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Prabowo Noersetyo Arief

24 / 12 / 2020 18:09

Apakah kamu suka membaca buku atau mempunyai buku yang sedang kamu baca? Pasti kamu akan mencari tempat yang nyaman untuk membaca bukumu. Setiap orang memiliki syarat berbeda dalam menentukan tempat yang dianggap nyaman untuk membaca. Terkadang tempat di mana kamu berada akan membuatmu tidak konsentrasi membaca.

Dengan adanya pandemi sekarang, pilihanmu untuk membaca di tempat yang aman adalah hanya di rumahmu sendiri. Tapi itu bukan berarti kamu tidak bisa menciptakan suasana dan tempat yang nyaman buat membaca.

Buat kamu yang ingin membuat suasana rumah menjadi tempat nyaman untuk membaca, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Keadaan rumah yang tidak berisik.

Image by JULIO VICENTE from Pixabay

Loading...

Hal utama yang perlu kamu perhatikan adalah suara di rumahmu, apakah berisik atau hening? Tidak banyak orang bisa membaca buku di tempat yang terlalu ramai suara. Carilah tempat yang tidak ada banyak suara sesuai dengan kebutuhanmu, seperti di kamar atau ruang belajar dan tutuplah pintunya untuk menghadirkan suasana yang hening.

Biasanya beberapa orang juga menyalakan suara tambahan seperti suara dari aplikasi musik untuk membuat suasana yang tepat, suara suasana perpustakaan, café, hujan, dan juga suara suasana hutan tropis. Ada beberapa orang yang juga menyalakan musik untuk memberi situasi yang nyaman.

Namun, musik yang biasa dinyalakan adalah musik santai dan tidak memiliki unsur–unsur yang bisa memberi energi berlebih, seperti musik rock atau music pop agar tidak menggangu aktivitas membacamu.

2. Temperatur yang pas.

Foto: Congerdesign dari Pixabay

Bila ingin membaca, tentu kamu mencari tempat yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, kan? Salah satu hal yang juga memberi kenyamanan adalah temperatur. Kondisi panas dan dingin suatu tempat penting untuk kenyamanmu. Menyalakan AC atau kipas untuk mendinginkan ruangan menjadi temperatur yang sesuai adalah pilihan tepat.

Membaca di luar seperti di beranda, atap, atau balkon rumah juga bisa. Namun kamu harus pastikan angin dan sinar matahari sesuai dengan kebutuhan dan kenyamananmu. Jangan lupa untuk memakai masker serta mengikuti protokol kesehatan.

3. Waktu.

Foto: Dariusz Sankowski dari Pixabay

Untuk beberapa orang, mereka lebih memilih untuk membaca pada malam hari. Namun ada juga yang memilih untuk membaca pada pagi hari. Menurut theguardian.com, terkadang manusia yang tidak bisa konsentrasi disebabkan oleh jam tubuhnya, karena tubuh akan fokus pada suatu waktu yang sudah terbiasa.

Contohnya, jika ada orang yang tidak bisa fokus pada siang hari dan lebih bisa fokus pada malam hari, berarti dia orang yang jam tubuhnya adalah pada malam hari.

4. Tempat duduk yang nyaman.

Foto: facebook.com/petra.fischer.fotografie/

Kalau sedang ingin membaca, mencari tempat nyaman untuk duduk adalah sebuah kewajiban. Berada di tempat duduk yang nyaman merupakan hal yang sering dilakukan saat membaca buku. Setiap orang memiliki tempat duduk ideal yang berbeda. Ada yang menyukai duduk di tempat tidur, di kursi biasa, dan ada yang suka membaca buku di lantai atau karpet.

Carilah tempat yang nyaman dan sesuai dengan dirimu untuk duduk sambil membaca. Selain itu, postur duduk juga harus sesuai denganmu. Apakah kamu nyaman dengan posisi dudukmu sekarang?

5. Keadaan sekitar yang tidak berantakan.

Foto: Free-Photos dari Pixabay

Yang dimaksud dari kategori ini adalah kebersihan dan kerapian keadaan sekitar. Terkadang kamu bisa terganggu dengan keadaan berantakan yang ada di sekitarmu sehingga tidak bisa konsentrasi dengan buku yang kamu baca. Pastikan sekitarmu bersih dan tidak berantakan demi kelancaranmu dalam membaca buku. 

Kamu bisa mulai dari meja yang ada. Pastikan ada cukup ruangan untuk menaruh bukumu dan juga tempat untuk menaruh tangan bila perlu. Selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan sedikit dekorasi untuk meningkatkan semangat membacamu. Sesuaikan dekorasinya dengan gambaran tempat ideal untuk membaca kamu.

6. Bawalah minuman atau makanan.

Foto: Free-Photos dari Pixabay

Membawa makanan ringan dengan minuman saat membaca bisa menambahkan kenyamanan. Cocokkan makanan ringan dan minumannya dengan seleramu, seperti teh dan biskuit atau keripik dan soda. Membaca sambil membawa makanan atau minuman bisa membuatmu santai dan semakin nyaman dalam membaca.

7. Taruhlah aroma kesukaanmu.

Foto: Free-Photos dari Pixabay

Tidak hanya memberi kenyamanan, menaruh aroma yang sesuai juga meningkatkan semangatmu untuk membaca. Berikan aroma ke ruanganmu guna memberi suasana yang cocok dengan buku yang sedang kamu baca. Wangi dari aroma tersebut akan membuatmu bisa lebih nyaman sambil membaca buku. Contoh barang yang bisa kamu gunakan untuk memberi aroma pada ruangan adalah lilin aromaterapi.

8. Bawalah selimut atau barang lain yang nyaman.

Foto: StockSnap dari Pixabay

Tentu kamu pernah merasa sejuk kalau diselimuti atau memeluk barang kesayangan yang halus? Kelembutan dari selimut memiliki kemampuan untuk membuatmu merasa sangat sejuk pada tempat yang kamu duduki. Barang lain juga bisa digunakan adalah barang halus seperti bantal atau barang kesayanganmu yang bisa meningkatkan kenyamanan kamu.

9. Cahaya.

Foto: Amberrose Nelson dari Pixabay

Sudah pasti cahaya adalah hal yang perlu diperhatikan saat ingin membaca buku. Ada beberapa orang yang menyukai cahaya dari lampu meja di sebelah mereka. Lampu lain yang bisa kamu gunakan untuk memberi suasana pas adalah lampu tumblr. Tempelkan pada tembok atau di mana pun kamu inginkan untuk memberi cahaya yang pas saat membaca buku.

10. Cari buku yang tepat.

Foto: JayMantri dari Pixabay

Kalau yang ini tentunya harus kamu pikirkan terlebih dahulu sebelum semua tips sebelumnya kamu lakukan. Agar memiliki suasana hati yang tepat untuk membaca, pastikan buku yang kamu pilih adalah buku yang sesuai dengan kesukaanmu. Setiap orang memiliki tipe buku favorit masing–masing, membaca tipe buku favorit itulah yang akan menimbulkan suasana hati ingin membaca.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

buku rumah
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red