×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Lokasi wisata menawan di Kota Santri, Jombang

0

Jalan-Jalan

10 Lokasi wisata menawan di Kota Santri, Jombang

Selain sebagai Kota Santri, Jombang juga memiliki berbagai wisata alam dan sejarah yang memesona.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Moh Zainal Abidin

14 / 03 / 2020 11:08

Jombang merupakan sebuah kabupaten yang terletak di bagian tengah provinsi Jawa Timur. Jombang mempunyai letak stragis jauh dari garis pantai, namun kota yang dijuluki Kota Santri ini memiliki panorama wisata alam yang memukau bagi para wisatawan.

Kota ini berada di antara kaki Gunung Arjuna dan ujung timur Pegunungan Kendeng. Letak strategis ini membuat Jombang punya banyak tempat wisata alam maupun peninggalan sejarah.

Berikut ini beberapa lokasi wisata alam dan sejarah yang ada di Kota Santri.

1. Taman Keplaksari Jombang.

Taman Keplaksari Jombang

Loading...

Sumber: Photo by @adell.nw

Destinasi murah meriah ini memiliki konsep eco-green yang sangat ramah lingkungan. Selain itu juga terletak di lokasi yang strategis sehingga menjadi favorit untuk kunjungi masyarakat sekitar. Di taman ini terdapat puluhan patung binatang yang terbuat dari bahan daur ulang sehingga menjadi keunikan tersendiri.

Kamu bisa mengabadikan momen santaimu di taman ini dengan background patung binatang yang unik. Di taman ini juga terdapat danau buatan dengan ikan hias di dalamnya, serta dermaga kecil untuk naik perahu. Taman ini sangat cocok untuk acara rekreasi keluarga di akhir pekan.

Lokasi: Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

2. Candi Rimbi Jombang.

Candi Rimbi (Sumber: Photo by @andhiekrainlis)

Sumber: Photo by @andhiekrainlis

Candi Rimbi merupakan candi Syiwa, terlihat dari relief yang berisi ajaran Tantri yang terpahat di kaki candi. Diduga candi ini dibangun pada pertengahan abad ke-14, sebagai penghormatan kepada Tribhuwana Tunggadewi Jayawisnuwardhani yang memerintah Majapahit pada tahun 1329-1350.

Dugaan ini didasarkan pada dua buah arca Dewi Parwati, yang diperkirakan merupakan pencerminan Dewi Tribhuwana. Kedua arca tersebut saat ini tersimpan di Museum Trowulan dan Museum Nasional.

Nah, candi ini bisa kamu jadikan alternatif tempat wisata di Jombang. Terutama bagi kamu yang gemar mempelajari peninggalan sejarah di masa lampau.

Lokasi: Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

3. Goa Sigolo-golo Jombang.

Goa Sigolo-golo Jombang

Sumber: Photo by @rachmatarif93

Perpaduan antara keindahan panorama pedesaan dan pegunungan sebagai background menjadi sebuah suguhan alam yang menyejukkan bila berkunjung ke sini. Dari mulut gua, kamu bisa menikmati pemandangan alam di luar yang terlihat begitu eksotis.

Lalu, di atas gua terdapat bulu view, yaitu lokasi dimana kamu bisa melihat semua pemandangan di area sekitar, mulai dari sungai Boro dan Gunung Kukus. Spot wisata ini sangat cocok buat kamu yang suka perjalanan wisata dengan sentuhan petualangan karena akses jalan menuju lokasi memiliki medan yang sulit.

Lokasi: Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

4. Kedung Sewu Jombang.

Kedung Sewu Jombang

Sumber: Photo by @arief_Wahyudie

Spot wisata alam ini terlihat sangat unik nan eksotis dengan rangkaian cekungan kecil berisi air yang terbentuk secara alami. Di kedung nampak aliran sungai panjang berkelok-kelok. Di kiri dan kanan sungai inilah terdapat banyak kedung dengan ukuran kecil.

Kedung-kedung ini terletak di antara bebatuan raksasa, melalui proses alami selama ribuan-jutaan tahun hingga tercipta puluhan cekungan yang terisi air sungai. Di kedung sewu kamu tidak dapat berenang, hanya bisa berendam atau mandi. Namun hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah berselfie dan berfoto.

Lokasi: Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

5. Air Terjun Sanggar Jombang.

Air Terjun Sanggar Jombang

Sumber: Photo by @aigoo_wonosalam.

Spot wisata alam ini bukan hanya terlihat menawan dengan aliran airnya yang jernih menyegarkan, tetapi juga terkenal unik, sekilas menyerupai pocong. Terlepas dari keunikan air terjun ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan mulai dari hunting spot foto kece hingga camping di area sekitarnya.

Lokasi: Dusun Sanggar, Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

6. Kedung Cinet Jombang.

Kedung Cinet Jombang.

Sumber: Photo by @abdljbbrr

Kedung Cinet adalah wisata alam yang terbentuk dari kombinasi tebing bebatuan kapur dengan aliran air bernuansa hijau di sekitarnya. Hal ini membuat suasana semakin terasa alami dan bikin betah.

Meskipun akses jalan menuju ke lokasi belum cukup memadai, namun keindahan kedung ini akan membuat momen jalan-jalanmu akan berkesan. Sangat recommended buat kamu yang hobi hunting foto Instagramable.

Lokasi: Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

7. Air Terjun Tretes Jombang.

Air Terjun Tretes Jombang

Sumber: Photo by @brahmantea 

Air terjun Tretes adalah salah satu air terjun tertinggi di Provinsi Jawa Timur. Memiliki ketinggian mencapai 158 m, air terjun ini menghadirkan suasana alam yang begitu sejuk dan aliran air yang cukup deras.

Untuk mencapai lokasi dibutuhkan tenaga ekstra dan fisik yang prima sehingga air terjun ini cocok bagi kamu yang suka dengan destinasi bertemakan adventure. Bongkahan batu yang berada di depan air terjun menjadi spot untuk berfoto. Tidak sedikit dari wisatawan yang menghasilkan foto landscape dan portrait di depan bebatuan ini.

Lokasi: Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

8. Air Terjun Grenjeng Jombang.

Air Terjun Grenjeng Jombang

Sumber: Photo by @adityaprada8990 

Salah satu spot wisata alam ini cocok buat ngadem dan menenangkan pikiran dengan akses jalan yang tidak terlalu sulit meskipun harus berjalan kaki sekitar 20 menit dari tempat parkir. Air terjun ini memang tidak terlalu besar, ketinggiannya hanya berkisar 8 meter. Namun sensasi back to nature di tempat ini begitu terasa. Percikan air segar dengan suasana alami di sekitarnya bisa menjadi pertimbangan untuk berkunjung ke sini.

Lokasi: Desa Jenisgelaran, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

9. Wisata Alam Banyu Mili.

Wisata Alam Banyu Mili.

Sumber: Photo by @ucik_lathifa

Wisata Alam Banyu Mili merupakan wisata hits di Kabupaten Jombang yang resmi dibuka pada bulan November 2017. Destinasi wisata ini menawarkan sensasi liburan seru dengan jalur trekking yang cukup menantang. Namun, di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam yang bikin adem pikiran.

Terdapat hammock di area sekitar yang bisa kamu gunakan bilamana merasa lelah saat mengitari lokasi. Bahkan tersedia beberapa warung dengan sajian kopi, minuman dingin, hingga mie instan.

Selain lingkungan alam yang masih sangat asri, di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa spot foto hits kekinian, mulai dari Rumah Hobbit hingga gelas raksasa yang menumpahkan air.

Lokasi: Desa Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

10. Goa Sriti Jombang.

Goa Sriti Jombang

Sumber: Photo by @wisatagoasriti.

Sebuah alternatif baru bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam di Kabupaten Jombang. Semula tidak ada akses jalan menuju lokasi. Kondisi mulut gua juga tertutup rerumputan dan akar pepohonan, serta labirin. Warga kemudian bergotong royong membuka jalan setapak bertangga menuju gua.

Dalam perjalanan menuju gua yang dibuka tahun 2017 ini kamu dapat menikmati suasana pemandangan kawasan hutan yang hijau alami dan sesekali melewati pematang sawah penduduk yang banyak ditumbuhi pohon jati maupun pisang.

Goa Sriti lebih cekung ke dalam dan di dinding atasnya mengalir air gemericik. Pesona gua inilah yang menarik para wisatawan untuk mengunjunginya. Selain itu tersedia juga spot foto kekinian seperti gardu pandang, perahu bukit, sayap dan sangkar burung.

Lokasi: Dusun Sidolegi, Desa Sumberejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red