×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

0

Olahraga

10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

Acara pertama secara tradisional bertanggal 776 SM dan diadakan di Olympia, Yunani.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aditya Novianda

07 / 02 / 2019 15:20

Setiap atlet pasti bermimpi untuk berpartisipasi dalam Olimpiade. Tidak diragukan lagi ini adalah acara paling bergengsi di bidang olahraga di seluruh dunia dengan sejarah 12 abad yang panjang. Acara pertama secara tradisional bertanggal 776 SM dan diadakan di Olympia, Yunani. Olimpiade Kuno berbeda dari Olimpiade Modern kita dalam beberapa cara. Mereka diberi asal mula mitologis oleh orang Yunani.

Selain acara atletik, juga perayaan keagamaan penting yang diadakan untuk menghormati Dewa Yunani Zeus. Ada lebih sedikit acara dan hadiah untuk pemenangnya adalah karangan bunga daun zaitun atau mahkota. Prestasi dari beberapa atlet legendaris di zaman kuno sangat luar biasa sehingga mereka diingat bahkan masih dikenang saat ini setelah ratusan tahun setelah kematian mereka. Berikut ini adalah 10 Juara Utama Olimpiade Kuno beserta beberapa kisah, catatan, dan fakta menarik.

1. Onomastos Of Smyrna

10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

Onomastos adalah pemenang Olimpiade pertama dalam kategori olahraga tinju. Olahraga ini diperkenalkan di Olimpiade ke-23 pada 688 SM.

Loading...

Menurut sejarawan, dia juga orang yang menulis aturan tinju Yunani Kuno. Dengan empat kemenangan atas namanya, Onomastos memegang rekor tak terputus dari "petinju dengan gelar tinju Olimpiade terbanyak" hingga saat ini.

2. Orsippus Of Megara

10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

Orsippus adalah pelari Yunani yang terkenal dari Megara. Dia menjadi terkenal sebagai "orang pertama yang menjalankan footrace di Olimpiade" dan juga "yang pertama dari semua pemenang Olimpiade untuk dinobatkan".

Dia memenangkan perlombaan stadion dari Olimpiade Kuno ke-15 yang diadakan pada 720 SM. Saat itulah tradisi ketelanjangan atletik Yunani (gymnos) diperkenalkan dan diadopsi juga.

3. Euryleonis Of Sparta

10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

Euryleonis adalah seorang kusir wanita yang terkenal. Dia memenangkan perlombaan kereta kuda dua kuda dari Olimpiade Kuno pada 368 SM. Dia adalah seorang puteri kaya dan penunggang kuda yang bergairah.

Euryleonis adalah pemegang mahkota wanita kedua dalam sejarah Olimpiade. Pendahulunya, Putri Spartan Kynisca, telah memenangkan perlombaan empat kuda 25 tahun sebelumnya.

Patung Euryleonis didirikan di Sparta. Ini adalah salah satu dari beberapa patung perunggu yang bertahan di mana saja di dunia Yunani.

4. Kyniska Of Sparta

10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

Putri Yunani Kyniska adalah wanita pertama dalam sejarah yang menang di Olimpiade Kuno. Keretanya menang dalam perlombaan kereta kuda empat kuda di Olimpiade ke-96 dan ke-97 (masing-masing 396 SM dan 392 SM).

Kyniska lahir sekitar 440 SM untuk Raja Sparta, Archidamos. Kyniska bisq dibilang wanita tomboi, seorang ahli berkuda dan sangat kaya serta kualifikasi yang sempurna untuk seorang pelatih yang sukses. Dia sangat ambisius untuk sukses di Olimpiade.

Secara tradisional, wanita ini tidak diizinkan untuk ambil bagian dalam Pertandingan Olimpiade. Namun, mereka bisa memasuki acara berkuda dengan memiliki dan melatih kuda-kuda. Saudaranya, Agesilaus, raja Sparta yang belakangan mendorongnya untuk berpartisipasi. Dia mempekerjakan pria dan memasuki timnya di Olimpiade.

Kynisca dihormati dengan memiliki patung perunggu berupa kereta kuda, kereta kuda, dan patung dirinya di Kuil Zeus di Olympia. Itu prasasti yang ditulis menyatakan bahwa dia adalah satu-satunya perempuan yang memenangkan karangan bunga dalam acara kereta di Olimpiade. Bahkan sampai hari ini, Kyniska dilihat sebagai sosok simbolis kebangkitan sosial wanita. Keberhasilannya adalah awal dari gerakan untuk memberi mereka hak dan peluang yang sama.

5. Diagoras Of Rhodes

10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

Diagoras adalah petinju Yunani yang terkenal karena kemenangannya sendiri, serta kemenangan putra dan cucunya. Diagoras memenangkan acara tinju di Olimpiade 464 SM. Dia juga pemenang empat kali di Isthmian Games, dan pemenang dua kali dalam pertandingan di Nemea.

Putra tertuanya, Damagetos, memenangkan pankrasi pada 452 dan 448 SM. Akousilaos, putra kedua, memenangkan tinju pada 448 SM. Keduanya merayakan kemenangan mereka dengan membawa ayah mereka di pundak mereka di sekitar stadion yang dipenuhi penonton yang bersorak-sorai.

Saat itu, salah satu penonton berteriak, “Mati, Diagoras; kamu tidak akan naik ke Olympus selain itu” yang berarti ia telah mencapai kehormatan tertinggi bagi seorang pria. Diagoras meninggal di tempat, dan sejak itu dianggap sebagai makhluk paling bahagia yang pernah hidup.

Putri Diagoras, Kallipateira adalah wanita awam pertama yang memasuki stadion Olimpiade. Karena sejak itu wanita dilarang menonton Olimpiade, kecuali pendeta Demeter, dia memasuki stadion yang menyamar sebagai lelaki. Ketika ditemukan, sebuah undang-undang disahkan bahwa semua pelatih masa depan harus melucuti sebelum memasuki arena.

6. Melankoma Of Caria

10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

Melankomas dinobatkan sebagai juara tinju Olimpiade pada 49 SM, dan juga merupakan pemenang di banyak acara lainnya. Dia dianggap bertarung selama dua hari memegangi lengannya tanpa pernah menurunkannya. Dia mencapai bentuk kompetitifnya yang sangat baik melalui latihan yang terus menerus dan terus-menerus.

Dia dikagumi karena gaya tinju yang unik. Gerakannya ringan, sederhana, dan indah. Melankomas tetap tak terkalahkan sepanjang kariernya, namun ia tidak pernah sekali pun memukul, atau ditabrak lawan. Dia hanya akan membela diri dari serangan lawan-lawannya.

Tanpa kecuali, lawan akan menjadi frustrasi dan kehilangan ketenangannya. Dengan cara ini, ia memenangkan turnamen tinju Olimpiade di Olimpiade ke-207.

7. Astylos Of Croton

10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

Astylos menang di tiga Olimpiade berturut-turut dari 488 hingga 480 SM, dalam menjalankan acara stade dan diaulos. Dia juga memenangkan acara hoplitodromos perlombaan lari dengan pakaian lapis baja lengkap. Dia memenangkan total enam karangan bunga zaitun kemenangan dalam tiga Olimpiade.

Dalam Olimpiade 488 SM, ia berlari untuk kota kelahirannya, Croton, sedangkan di dua Olimpiade berikutnya, ia memilih untuk berpartisipasi sebagai warga Syracuse untuk menghormati tiran Hieron. Rekan-rekannya menghormati dan memuliakannya atas kemenangan pertamanya.

Meskipun kariernya sukses, ia harus menghadapi ketidakhormatan dan pencemaran nama baik ketika keputusannya bermain untuk Syracuse membuat marah warga Croton. Mereka mengusirnya dan menghancurkan patungnya di kota mereka. Keluarganya meninggalkan dia dan rumahnya berubah menjadi penjara sebagai tanda tidak hormat. Juga dikatakan bahwa Astylos disuap oleh para pejabat di Syracuse untuk bersaing di bawah nama mereka.

8. Theagenes Of Thasos

10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

Theagenes adalah petinju, pankratiast, dan runner yang sukses. Karena kekuatan dan kecepatannya yang luar biasa, ia dipercaya sebagai putra Heraclen, pahlawan ilahi dalam Mitologi Yunani.

Dia memenangkan turnamen Tinju di Olimpiade ke-75 (480 SM), dan gelar untuk pankrasi di berikutnya. Secara keseluruhan, dia dikatakan telah memenangkan lebih dari 1.300 mahkota untuk berbagai kontes di semua Pertandingan Panhellenic.

Sebuah cerita yang aneh diceritakan oleh Pausanias, seorang sejarawan Yunani, tentang patung Theagenes yang dibuat oleh Glaucias of Aegina. Itu dihancurkan oleh seorang pria yang memiliki dendam terhadap Theagenes.

Suatu malam, patung itu jatuh menimpa lelaki ini, membunuhnya. Patung itu diadili karena pembunuhan dan diasingkan dengan dibuang ke laut. Itu kemudian dipulihkan sebagai oracle Delphic telah menyatakan bahwa negara itu akan tetap dalam periode kemandulan sebaliknya.

9. Leonidas Of Rhodes

10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

Leonidas of Rhodes adalah salah satu pelari paling terkenal dari zaman kuno. Untuk empat Olimpiade berturut-turut (164-152 SM), ia memenangkan semua tiga balapan, stadion, diaulos dan hoplitodromos.

Dia adalah pelari yang serba bisa. Stadion dan diaulos paling cocok untuk pelari sementara hoplitodromos membutuhkan kekuatan dan ketahanan yang lebih berotot. Sebagai pemenang di ketiganya, ia mendapatkan gelar "Triastes".

Catatan seumur hidupnya tentang dua belas karangan bunga Olimpiade diraih pada tahun 2016 ketika Michael Phelps memenangkan medali ke 13 untuk perlombaan 200 meter di Olimpiade Modern ke-31. Rekor Leonidas berlangsung selama 2.168 tahun yang panjang!

10. Milon Of Croton

10 Atlet terkenal Olimpiade kuno, nama mereka abadi ratusan tahun

Milon dikenal sebagai salah satu pegulat terbesar sepanjang masa. Dia adalah juara gulat Olimpiade enam kali. Dia pertama kali menang pada 540 SM, di acara gulat muda, dan kemudian setiap kali dalam gulat putra di lima Olimpiade berikutnya.

Dia juga memenangkan tujuh kali di Pythian Games, sembilan kali di Nemean Games, sepuluh kali di Pertandingan Isthmian dan waktu yang tak terhitung di kompetisi lainnya. Dia membanggakan fisik dan kekuatan yang begitu hebat sehingga dia dipercaya diri sebagai putra Zeus.

Beberapa anekdot tentang kekuatan luar biasa dan gaya hidup Milon berlimpah. Dia dikatakan makan lebih dari delapan kilogram daging setiap hari. Legenda mengatakan, dia membawa patung perunggunya sendiri ke tempatnya di Olympia.

Dia adalah seorang mahasiswa dari matematikawan dan filsuf hebat, Pythagoras. Dikatakan bahwa Milon telah menyelamatkan kehidupan Pythagoras ketika sebuah pilar runtuh di aula perjamuan dan dia mendukung atap sampai Pythagoras bisa mencapai keselamatan.

Berbeda dengan prestasinya yang luar biasa, Milon meninggal secara mendadak. Kabarnya, dia pernah berjalan sendirian melalui hutan. Dalam upaya untuk mencabik-cabik pohon, tangannya terjerat di celah di belalainya. Dia tidak bisa membebaskan dirinya dan dimakan oleh sekelompok serigala.

Kekuatan dan kematian legendaris Milon menjadi subjek populer seni dan sastra. Milon juga seorang musisi dan seorang penyair.

Source







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red