Semua manusia di Bumi ini pasti pernah membuat kesalahan. Ada kesalahan yang kecil dan besar, ada juga yang bisa dimaklumi dan yang tak terlupakan sepanjang sejarah.

Terkadang, kesalahan bisa mengarah pada konsekuensi besar hingga menelan korban atau menelan biaya yang cukup besar.Seperti beberapa kesalahan terbesar dalam sejarah yang dirangkum dari Brightside.me, Jumat (6/7) berikut ini.

1. Robohnya sebuah gedung apartemen

Berikut 5 kesalahan manusia paling merugikan sepanjang sejarah

Kompleks perumahan Lotus Riverside di Shanghaiterdiri dari 11 gedung tinggi lebih dari 10 lantai. Sampai suatu pagi, ada bangunan 13 lantai runtuh.Kejadian ini membuat bangunan lain di dekatnya ikut terkena dampaknya.

Diketahui gedung 13 lantai itu runtuh karena ketidakpatuhan terhadap standar konstruksi dan fondasi yang berkualitas buruk.

2. Lebar bagian depan kereta super cepat yang sangat sempit

Berikut 5 kesalahan manusia paling merugikan sepanjang sejarah

Pada tahun 2014, perusahaan kereta api SNCF memutuskan untuk memodernisasi jaringan transportasi dan memesan 2 ribu kereta api baru seharga 15 miliar Euro.

Sayangnya, mereka diberi ukuran stasiun yang dirancang dalam 30 tahun terakhir. Banyak platform lama yang sedikit lebih sempit. Jadi mereka harus melebarkan dengan biaya tambahan 50 juta Euro.

3. Kapal selam yang terlalu berat sehingga sulit naik ke permukaan

Berikut 5 kesalahan manusia paling merugikan sepanjang sejarah

Pemerintah Spanyolmenginvestasikan 1,75 miliar poundsterling untuk membuat satu kapal selam baru, The Isaac Peral. Namun, proses konstruksi menunjukkan kapal tersebut terlalu berat dan berisiko tidak dapat muncul ke permukaan setelah menyelam ke dasar air.Ternyata ada yang membuat kesalahan dalam perhitungan awal.

Untuk memperbaiki ketidak seimbangan ini, mereka harus menyelesaikan masalah kelebihan berat dengan mengeluarkan biaya lebih.

4. Penjualan Alaska

Berikut 5 kesalahan manusia paling merugikan sepanjang sejarah

Pada akhir abad ke-19, Raja Alexander II dari Rusia menganggap Alaskahanya sebagai daratan yang tertutup es. Pada Maret 1867, Rusia memutuskan untuk menjual wilayah yang luas itu kepada Amerika Serikat hanya dengan harga USD 7,2 juta.

Karena rasio rubel terhadap dolar hampir sama pada saat itu, Rusia mendapat keuntungan yang lumayan. Tetapi, mereka tak sadar telah kehilangan sumber daya alam yang bernilai miliaran dolar.

5. Sebuah gedung pencakar langit yang melelehkan mobil

Berikut 5 kesalahan manusia paling merugikan sepanjang sejarah

Berkat bentuk cekung dan permukaan kacanya, gedung pencakar langit London "Walkie-Talkie" menjelma menjadi cermin raksasa.

Saat terkena sinar matahari, sorotan yang begitu terang dari gedung sampai bisa melelehkan mobil-mobil yang diparkir di dekatnya.

Untuk mencegah terjadinya kerugian yang lebih besar, dibuatlah pelindung Matahari pada bangunan tersebut dengan biaya yang tidak sedikit.