Daerah pedesaan menawarkan pesona yang unik dan jarang ditemukan di daerah perkotaan. Hal-hal unik yang ada di desa bisa menjadi suatu objek wisata yang menarik bagi orang dari kota yang tidak tahu seluk-beluk desa. Berwisata ke desa bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin berhemat. Berikut ini beberapa jenis wisata hemat dan mungkin saja gratis yang bisa ditemui di wilayah pedesaan.

1. Wisata pertanian atau agrowisata.

Pertanian menjadi salah satu wisata yang bisa ditemukan di area pedesaan. Bagi orang kota, wisata pertanian menjadi pilihan wisata low budget yang bisa membuat hati senang dan tenang.

2. Wisatabudaya dan adat.

Desa menjadi tempat berpusatnya suatu budaya dan adat istiadat suatu suku di negara kita. Walaupun kegiatan yang berorientas pada budaya dan adat istiadat sekarang mulai berkurang di desa karena pengaruh modernisasi. Namun, masih terdapat beberapa kegiatan budaya dan adat yang masih ada sampai saat ini. Salah satunya kegiatan sedekah bumi di daerah Jawa. Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur dari masyarakat desa kepada Sang Pencipta untuk berbagai kenikmatan yang diberikan. Acara ini biasa diselenggarakan satu tahun sekali.

3. Wisata alam.

Alam di daerah pedesaan masih terjaga dan juga asri. Salah satu sebabnya yaitu sebagian warga desa yang berprofesi sebagai petani. Jadi masih banyak tanaman dan hewan ternak yang dibudidayakan. Tetapi terdapat ulah dari orang yang tidak bertanggung jawab yang sering merusak alam. Contohnya saja para pemburu burung yang menembak atau menangkap burung-burung liar di desa.

4. Wisata kuliner traditional.

Indonesia tidak hanya kaya akan sumer daya alam. Banyaknya suku yang ada di negara kita juga menjadikannya kaya akan kuliner traditional. Kuliner traditional bisa dengan mudah ditemukan di daerah pedesaan. Makanan traditional bisa ditemukan pada pasar tradisional di desa atau juga pada acara seperti syukuran yang dilaksanakan oleh warga.

Demikian beberapa jenis wisata yang bisa ditemukan di pedesaan. Berwisata tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi. Kunjungi saja keluarga atau teman yang ada di daerah desa untuk tujuan wisata kamu.

Jika ingin wisata ke desa yang sudah dikreasikan sebagai wisata juga ada. Wisata pertanian juga bisa menjadi edukasi bagi anak-anak untuk mengenal dan mengetahui tentang kekayaan alam dan budaya serta adat istiadat warisan leluhurnya. Sekian dari penulis, kurang-lebihnya mohon maaf, dan terima kasih.