Drama Korea sampai saat ini masih menjadi favorit atau tetap digandrungi oleh banyak orang, terutama oleh pecinta K-Pop dan K-Drama dari golongan muda. Drama Korea yang sebagian besar berkisah tentang percintaan biasanya menghadirkan 'orang kedua' atau disebut juga second lead.

Second leadmerupakan orang kedua yang biasanya dihadirkan untuk menggoyahkan pemeran utama dari 'cinta-nya'. Pada beberapa drama Korea, second leadyang dihadirkan terkadang justru menjadi favorit atau menjadi pusat perhatian. Hal ini biasanya terjadi jika kehadiran second leaddinilai lebih baik dari pasangan 'pemeran utama', seperti lebih tampan dan keren atau jauh lebih bisa membuat pemeran utama bahagia.

Oleh karenanya, tak jarang kehadiran second lead tersebut memecah belah penonton menjadi 2 tim, yakni tim yang setuju pemeran utama bersama pasangan yang seharusnya, dan tim yang setujupemeran utama berakhir bersama orang kedua tersebut. Hal ini menimbulkan patah hati bagi penonton yang menginginkan pemeran utama bahagia bersama second lead.

Second lead yang 'diharapkan' tersebut biasanya menjadi sangat berkesan di hati pecinta K-Drama sebab mereka mempunyai suatu kelebihan dan tak biasa.

Berikut5 second lead paling berkesan di drama korea sepanjang masa.

1. Han Tae Seok (Won Bin) di drama korea "Autumn in My Heart" (2000)

 5 Pemeran pendukung paling keren di K-Drama, saingi tokoh utama

Autumn in My Heart atau dikenal dengan drama "Endless Love" di Indonesia merupakan drama yang booming pada tahun 2000-an. Berkat nama ini pula, nama Song Hye Kyo danWon Bin menjadi melejit.

Drama ini mengisahkan tentang seorang sepasang kakak-adik bernama Joon-suh dan Eun-Suh (Eun-Suh dewasa diperankan oleh Song Hye Kyo). Keduanya hidup bahagia bersama orangtua mereka yang kaya raya. Semua berubah ketikaEun-Suh mengalami kecelakaan ketika remaja, sejak saat itu terkuak bahwaEun-Suh bukanlah anak kandung dari orangtuaJoon-suh. Tak lama kemudian,Eun-Suh tinggal bersama orangtua kandungnya yang miskin dan keluargaJoon-suh pindah ke Amerika Serikat.

 5 Pemeran pendukung paling keren di K-Drama, saingi tokoh utama

Bertahun-tahun lamanya, kakakEun-Suh dan keluarga mereka pulang ke Korea. HubunganEun-Suh danJoon-suh bukan seperti kakak adik lagi karena mereka saling mencintai. Di sisi lain,Han Tae Seok yang diperankan oleh Won Bin ialah sahabat Joon-suh dan sangat mencintaiEun-Suh. Memiliki rupa yang tampan, banyak fans yang berharapEun-Suh lebih memilih Han Tae Seok dibandingkan kakaknya. NamunEun-Suh tidak mencintaiHan Tae Seok meski telah mencoba menerima menjadi kekasihnya.

Drama ini penuh dengan airmata dan berakhir sad ending. Banyak adegan yang bahkan hingga kini masih melekat di hati penggemarnya. Seperti ketulusan Han Tae Seok berusaha mengobati penyakitEun-Suh yang mengidap Leukima, terlihat sekali ketulusannya padahal sebelumnyaHan Tae Seok merupakan seorang playboy. KedudukanHan Tae Seok sebagai Second Lead memang berhasil menjadi pusat perhatian para penonton drama ini.

2.Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong) di drama "Boys Over Flowers" tahun 2009

 5 Pemeran pendukung paling keren di K-Drama, saingi tokoh utama

Drama Korea Boys Over Flowers atau lebih dikenal BBF/ Boys Before Flowers di Indonesia ini sempat popular di tahun 2009. Drama ini menceritakan tentang seorang gadis dari keluarga biasa bernama Geum Jan Di (diperankan oleh Koo Hye Sun). Meskipun dari keluarga biasa, yang pekerjaan keluarganya ialah sebagai jasalaundry, tapi Geum Jan Di bersekolah di tempat paling bergengsi di Korea Selatan sebab beasiswa. Dalam drama ini, Geum Jan Di satu sekolah dengan F4 yang terdiri atas Gu Jun Pyo (Lee Min Ho), Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong), So Yi Jung (Kim Bum), dan Song Woo Bin (Kim Joon).F4 dikenal sebagai siswa yang berkuasa di sana dan semuanya sangat kaya.

Gu Jun Pyo yang punyai perangai sangat buruk sebab suka semena-mena terhadap siswa lambat laun jatuh cinta kepada sosokGeum Jan Di dan mengalami perubahan sikap ke arah yang lebih baik. Tak hanyaGu Jun Pyo, salah satu anggota f4 yang paling mendapat perhatian penontoton adalahYoon Ji Hoo (diperankan oleh Kim Hyun Joong). Tak hanya tampan, Yoon Ji Hoo mempunyai perangai baik dan tenang, iaselalu bisa menghibur dan membantuGeum Jan Di sepanjang waktu yang ia bisa. Meskipun mencintaiGeum Jan Di,Yoon Ji Hoo rela melepaskannya sebab sahabatnyaGu Jun Pyo danGeum Jan Di saling mencintai.

3. Kang Shin Woo (Jung Yong-hwa) di film "You are beautiful" tahun 2009

 5 Pemeran pendukung paling keren di K-Drama, saingi tokoh utama

You are beautiful atau di Indonesia popular dengan nama "he is beautiful" merupakan drama yang amat popular di tahun 2009. Drama ini menghadirkan kisah yang amat menarik, yakni tentang seorang wanita yang menyamar mejadi seorang laki-laki ke sebuah group band yang lagi naik daun saat itu, bernama "A.N.JELL". Komedi, romantisme, dan kisah sedih hadir dalam porsi yang amar tepat di drama ini. Tak heran jika drama ini mendapatkan kesuksesan yang amat besar.

Namun, banyak yang kecewa karena Go mi nam akhirnya lebih memilih Hwang Tae Kyung dibandingkan Kang Shin Woo, bahkan fans terpecah belah menjadi 2 yakni fans yang mendukungHwang Tae Kyung dan Go mi nam dan fans yang mendukungJung Yong-hwa dan Go mi nam. Berdasarkan kabar, untuk menyenangkan hati para fans yang lebih setuju hubungan Go mi nam bersama Kang Shin Woo, maka setelah drama ini berakhir ada drama baru yang diperankan oleh Jung Yong-hwa bersama Park Shin Hye berjudul Heartstring tahun 2011.

4.In Guk Doo (Ji Soo) di drama Korea Strong Woman Do Bong Soon tahun 2017

 5 Pemeran pendukung paling keren di K-Drama, saingi tokoh utama

Strong Woman Do Bong Soon merupakan drama korea tahun 2017 yang bisa dibilang sukses. Drama ini mengisahkan tentang wanita bernamaDo Bong Soon yang mempunyai kekuatan super. Sejak di bangku sekolah hingga dewasa, ia menyukai temannya yang bernama In Guk Doo (diperankan oleh Ji Soo). Guk Doo merupakan polisi yang tinggi, keren, tampan, baik dan sangat perhatian denganDo Bong Soon, tapi sungguh disayangkan karena dia baru menyadari perasaan cintanya terhadap Do Bong Soon ketik Bong Soon sudah mulai mencintai Ahn Min Hyuk.

5.Jung Hae In di drama korea While You Were Sleeping tahun 2017

 5 Pemeran pendukung paling keren di K-Drama, saingi tokoh utama

Yups.. drama korea yang dibintangi oleh Suzy ini sangat popular di akhir tahun 2017. Drama ini menceritakan seorang wanita bernamaNam Hong-joo (diperankan oleh Bae Suzy) yang dapat melihat kejadian di masa depan lewat mimpinya, atau dengan kata lain mimpinya tersebut akan benar-benar menjadi kenyataan. Pada drama ini, ada seorang jaksa bernamaJung Jae-chan (diperankan oleh Lee Jong-suk) yang juga bisa melihat kejadian lewat mimpinya, ia pun berusaha agar mimpi buruk Nam Hong-joo agar tidak menjadi kenyataan.

Pada drama ini, jelas bahwaJung Jae-chan sepertinya memang ditakdirkan untuk Hong-joo. Namun, siapa wanita yang tak akan meleleh melihat polisi tampan Han Woo Tak ( diperankan oleh Jung Hae In). Senyumnya yang rupawan membuat second lead yang satu ini sayang banget untuk dianggurin. Duh...

Ada lagi yang mau nambahin second lead yang paling berkesan menurut kalian?