Brilio.net - Tak ada orang yang ingin diselingkuhi, karena hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Dampaknya bisa menyentuh sisi emosional yang kuat pada individu yang mengalaminya. Pengkhianatan dalam hubungan dapat menyebabkan rasa kecewa, sakit hati, dan perasaan tidak aman. Beberapa dampak emosional yang mungkin timbul akibat diselingkuhi meliputi hilangnya kepercayaan diri, kebingungan, marah, dan rasa tidak berdaya.

Menurut Immanuel Kant, seorang filsuf asal Jerman mengatakan bahwa perselingkuhan adalah tindakan yang immoral karena melanggar prinsip universalitas. Prinsip ini menyatakan bahwa kita harus bertindak berdasarkan prinsip yang ingin dijadikan hukum universal. Perselingkuhan melanggar prinsip tersebut karena jika semua orang berselingkuh, maka pernikahan akan runtuh.

Sering juga bagi mereka yang pernah diselingkuhi punya hasrat yang besar untuk membalas. Dorongan tersebut muncul dari keinginan untuk mengembalikan rasa keadilan atau merasa bahwa tindakan balasan dapat menjadi bentuk kekuasaan atau kontrol kembali. Adanya rasa kehilangan kepercayaan diri tersebut membuat orang mencari keadilan lewat upaya balasan.