Brilio.net - Kisah cinta beda kasta mungkin terdengar klise lantaran sudah sering jadi bahan cerita di sinetron maupun drama Korea. Jika dalam layar kaca, kisah cinta yang berbeda kasta selalu mendapat pertentangan dari keluarga, mungkin berbeda dengan cerita cinta yang dibagikan pemilik akun TikTok @viranikoli.

Bak cerita fiksi, pemilik akun bernama Vira tersebut membagikan perjalanan hidup sang ayah. Dalam postingannya, ia mengaku jika sang ayah lahir dari keluarga kurang mampu. Saking sulitnya ekonomi, sang ayah tak mampu membeli pensil saat sekolah.

Tak hanya itu, sang ayah juga tak mampu membeli baju baru yang identik dikenakan orang-orang Tionghoa saat perayaan Imlek. Vira mengatakan ayahnya terpaksa menggunakan kain bekas sprei dan gorden untuk dijahit menjadi baru. Ini merupakan gambaran seberapa susahnya finansial keluarga sang ayah.

Kekurangan secara finansial tersebut lah yang kemudian membuat ayahnya kesulitan untuk meneruskan masuk perguruan tinggi yang sudah didambakan. Tak patah arang, pada 1970-an, sang ayah mencari informasi beasiswa.

Papa tau pendidikan adalah salah satu jalan utama keluar dari kemiskinan. Papa cara informasi beasiswa ke sana sini. Tahun 1970an ngga ada internet ya guys. Ini nyarinya jalan kaki nanya ke sana ke mari,” tulis Vira dalam salah satu unggahannya, dikutip brilio.net pada Senin (18/3).

kisah ayah menikah dengan ibu © TikTok

foto: TikTok/@viranikoli

Berkat usaha keras tersebut, akhirnya sang ayah mendapatkan beasiswa dan berangkat ke kota. Namun, untuk berangkat saja ia masih terkendala uang. Meski begitu kata menyerah tak ada kamusnya, sehingga demi mewujudkan cita-cita berkuliah ayahnya kerja menjadi kuli untuk mengangkut beras dari perahu ke toko pedagang.