Brilio.net - Penampilan selalu menjadi perhatian penting bagi para kaum hawa. Mulai dari ujung kepala hingga kaki tentu akan diperhatikan setiap detailnya. Terlebih rambut sebagai mahkota kepala yang kerap menjadi sorotan.

Banyak sekali pilihan untuk merawat rambut, termasuk dalam pemilihan warna. Sebenarnya seseorang bisa bebas memilih warna rambut yang diinginkan. Alasannya bisa beragam seperti menutupi uban, bosan dengan warna hitam mainstream, hingga ingin ikut tren. Apapun alasannya, tak ada aturan yang mengikat kalau harus menggunakan warna rambut ini dan itu.

Hanya saja tidak semua warna rambut cocok dengan warna kulit seseorang. Khusus untuk kulit sawo matang, memang ada beberapa warna yang bertabrakan dan malah membuat penampilan jadi aneh.

Padahal tujuan mewarnai rambut adalah agar mendapatkan penampilan yang berbeda dan dapat terlihat lebih segar serta lebih outstanding. Kalau salah memilih warna rambut, penampilan justru dapat terlihat kucel, kusam, dan aneh.

Tidak perlu khawatir, ternyata ada trik untuk memilih warna rambut agar sesuai warna kulit, lho. Trik ini cukup familiar bagi para pengguna TikTok lantaran sering muncul di laman four your page (FYP). Life hack dalam memilih warna rambut sesuai warna kulit ini bisa kamu coba dan pastinya anti gagal.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (5/10) berikut trik untuk memilih warna rambut sesuai warna kulit.

1. Kenali undertone.

trik pilih warna rambut © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Rona warna kulit harus diperhatikan dan dikenali untuk memilih warna rambut. Apakah hangat/warm, sejuk/cool atau netral? Secara kasat mata mungkin cukup sulit untuk membedakannya, namun hal tersebut dapat dilihatnya dari warna pembuluh darah yang dimiliki.

Jika pembuluh darah didominasi warna biru keunguan, maka rona warna kulitnya sejuk. Jika sebagian besar warnanya hijau, maka rona warna kulit hangat, dan jika warna urat nadi bercampur antara keduanya, maka mempunyai rona warna kulit netral.

Selain mengenali rona warna kulit dari pembuluh darah, juga bisa memastikan rona warna kulit dengan memperhatikan seberapa mudah kulit terbakar jika terkena sinar matahari. Jika kulit mudah terbakar dan warnanya cenderung kemerahan jika berjemur dibawah sinar matahari, maka memiliki rona warna kulit yang sejuk. Sebaliknya, jika kulit mudah menggelap, maka rona warna kulitnya hangat.

Ketika sudah tahu apa rona warna kulit atau warna dasar kulit, selanjutnya akan mudah memilih warna rambut sesuai warna kulit. Prinsipnya adalah memilih warna yang bertolak belakang dengan warna dasar kulit. Misalnya, warna dasar kulitmu hangat, maka bisa memilih warna-warna rambut yang dingin, begitu juga sebaliknya.

2. Kenali warna kulit

trik pilih warna rambut © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mewarnai rambut adalah mengenali warna kulit dan rona warnanya. Apakah kamu termasuk yang memiliki warna kulit putih, kuning langsat, sawo matang atau gelap? Mengenali warna kulit ini sangat penting untuk menghindari warna rambut yang terlihat sama dengan warna kulit yang justru dapat membuat penampilan menjadi kusam.

Nggak perlu khawatir, kamu bisa memilih beberapa warna rambut yang cocok dengan berbagai macam warna kulit orang Indonesia dengan memasukkan empat varian warna pastel dari Garnier Color Natural Ultra Color (Ash blonde, Brilliant Pink, Deep Lavender, dan True Blue).

- Warna Ash Blonde sangat cocok untuk semua warna kulit orang Indonesia. Warna rambut ini dapat membuat warna kulit menjadi lebih cerah.

- Warna Pink, cocok untuk yang memiliki warna kulit kuning langsat dan sawo matang ini bikin kamu terlihat fresh dan berbeda.

- Warna Lavender, cocok untuk yang memiliki warna undertone cool, bikin terlihat nyentrik dan rambut terlihat lebih bagus.

- Warna True Blue, cocok untuk yang memiliki warna kulit putih dan kuning langsat. Warna biru ini bikin kulit terlihat lebih cerah.

Nah, kamu dapat mencoba beberapa warna di atas dari produk Garnier Color Natural Color loh. Karena warna-warna tersebut memiliki keempat varian warna terbaru di atas.

garnier_rv garnier_rv

foto: Garnier

Kamu juga tidak perlu khawatir rambut akan rusak karena mewarna rambut. Hal ini lantaran Garnier Color Natural Ultra Color dilengkapi dengan Colorboost Formula, 3 natural oil dan extra shine serum yang bermanfaat untuk menjaga kilau rambut, membuat kulit kepala terasa nyaman tanpa iritasi, serta untuk memperkuat akar rambut agar rambut tidak mudah rontok.

3. Pilih warna rambut 1-2 tingkat lebih cerah atau lebih gelap dari warna kulit.

trik pilih warna rambut © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Setelah mengetahui macam-macam warna rambut yang cocok untuk kulit, maka perlu juga memperhatikan tone warna yang ingin digunakan. Pilihlah warna rambut yang 1-2 tingkat lebih cerah atau lebih gelap dari warna kulit. Misalnya kulitmu cocok menggunakan warna coklat, pilihlah coklat muda jika warna kulit kamu gelap, sebaliknya jika warna kulitmu putih pucat, kamu bisa menggunakan warna rambut coklat tua untuk menyeimbangkan penampilanmu agar tidak terlihat semakin pucat.

4. Pertimbangkan warna rambut saat ini.

trik pilih warna rambut © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Tips dalam memilih warna cat rambut sesuai dengan warna kulit selanjutnya adalah harus mempertimbangkan warna rambut saat ini. Jika kamu memiliki rambut yang sangat gelap, mencari tone yang jauh lebih terang mungkin membutuhkan banyak usaha dan merusak rambut dalam prosesnya seperti mengharuskan untuk bleaching rambut yang tentu dapat merusak rambut. Untuk itu, pilihlah warna yang dekat dengan rambut alami. Idealnya kamu tetap memilih warna rambut yang satu atau dua tingkat lebih terang atau lebih gelap.

(brl/lak)

(brl/lak)