Brilio.net - Pernah nggak sih kamu mengalami hal menyebalkan saat ingin healing ke destinasi Instagramable tapi rame banget? Niatnya ingin foto dengan pemandangan syahdu malah jadi bak pasar malam, deh.

Maklum, spot Instagramable pasti sudah jadi incaran banyak orang. Makanya, belakangan viral tren konten Reality vs Instagram. Konten ini menunjukkan bagaimana susahnya mendapatkan foto bak selebgram saat destinasi tersebut sudah ramai.

Susah, ya? Pastinya tidak mudah meminta orang lain minggir sebentar untuk sesi pemotretanmu. Tenang. Masih ada caranya, kok. Berbekal smartphone dan sedikit keajaiban editing, semuanya bisa diatasi.

Penasaran gimana caranya? Berikut rangkumannya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (21/9).

Tahap persiapan.

Cara menghilangkan kerumunan © 2022 brilio.net

foto:  shutterstock.com

Tripod akan sangat membantu dalam menghilangkan kerumunan orang di foto. Dengan alat ini, hasil fotomu akan bebas dari goyangan dan getaran.

Selanjutnya supaya hasil bidikan terlihat estetik dan tidak monoton, kamu perlu mengarahkan kamera dan menerapkan angel yang tepat. Sebab sebuah objek yang sama jika dipotret dengan sudut yang berbeda akan menghasilkan interpretasi yang berbeda-beda. Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan feeling.

Setelah mengarahkan kamera, kamu perlu menggunakan Natural Density (ND) filter untuk hasil maksimal. Fitur ini merupakan filter yang berfungsi mengurangi cahaya masuk ke lensa, sehingga gambar akan menjadi lebih gelap. ND filter ini biasa digunakan pada pemotretan outdoor, loh.

Yuk, mulai memotret!

Cara menghilangkan kerumunan © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Ketika persiapan sudah selesai, kamu juga perlu mengubah settingan shutter speed menjadi lambat. Slow shutter speed ini memungkinkan cahaya yang mengenai sensor akan semakin banyak, karena shutter terbuka dalam waktu yang lebih lama. Hasil foto tidak akan overexposed karena kamu sudah memakai ND filter.

Pastikan juga subjek tidak bergerak selama proses pemotretan. Saat selesai, subjek foto akan terlihat jelas, sedangkan kerumunan agar terlihat seperti garis blur. 

Nah, jangan lupa ketika mengambil gambar, pastikan semua frame konsisten dalam komposisi yang pas. Salah satu tipsnya yakni memotret sebanyak mungkin minimal 10-20 foto. Tujuannya yakni agar kamu memiliki banyak pilihan foto yang dapat diedit.

Mari rapikan foto dengan editing.

Cara menghilangkan kerumunan © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Memasuki poses editing, kamu siap untuk menghilangkan kerumunan orang yang mungkin ada di foto hasil jepretanmu. Kamu bisa menggunakan software editing seluler seperti Picsart. Langkah pertama buka aplikasi dan klik tanda (+) di bagian bawah layar untuk memulai desain baru. Pilih foto yang ingin kamu edit.

Kemudian pilih Tools dari menu di bagian bawah layar, lalu pilih Clone. Pada langkah ini akan ada tiga alat yang bisa kamu gunakan yakni petunjuk, kuas, dan penghapus. Yang harus diperhatikan dalam proses ini adalah ketelitian. Sebagai catatan untuk kamu yang menggunakan cara Clone, kamu bisa mengatur opasitas kloning sebesar 100% dan kekerasan sebesar 75% untuk hasil yang memuaskan.

Periksa kembali hasil editan tadi untuk melihat bagian-bagian yang mungkin masih belum sempurna. Jika sudah sesuai dengan keinginan, kamu hanya perlu klik centang. Langkah terakhir untuk menghapus kerumunan orang ini dengan menyimpan hasil editan. Simpan hasil dengan memilih tombol panah kemudian lanjut dengan memilih simpan. Terakhir foto siap untuk diunggah di feed Instagram.

Nah, rupanya semua ini bisa kamu lakukan dengan smartphone yang memiliki fitur canggih. Smartphone OPPO Reno8 Z 5G hadir dengan kemampuan potrait yang paling mumpuni. OPPO Reno8 Z 5G dipersenjatai dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama yang memadai berkekuatan 64MP dipadukan dengan kamera depan 16MP.

Soal performa, OPPO Reno8 Z 5G ini terbilang memadai dengan dukungan SoC Qualcomm Snapdragon 695 5G yang mengusung prosesor octa-core. Dimana terdiri dari dual-core Kryo 660 Gold yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dan hexa-core Kryo 660 Silver dengan kecepatan 1,7GHz.

Cara menghilangkan kerumunan © 2022 brilio.net

foto: OPPO Indonesia

Ponsel ini didukung mode Ultra Night Video yang mumpuni untuk low-light dan Live HDR untuk kondisi backlight. OPPO juga membenamkan fitur AI Portrait Expert, AI Mixed Portrait, Dual View Video, AI Highlight Video, dan aplikasi editor video SOLOOP. Selain itu, OPPO Reno8 Z 5G juga diperkuat dengan fitur inovatif lainnya seperti AI Color Portrait, Night Flare Portrait, dan Monochrome Video.

Perangkat ini juga memiliki memori RAM sebesar 8GB dan fitur extended RAM 5GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 619. ppo Reno 8 Z 5G ini dibekali dengan memori internal atau ROM berkapasitas 256GB UFS 2.2 yang cukup lega dan dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Smartphone stylish ini dibekali baterai 4500mAh dengan fitur fast charge 33W SuperVOOC yang mampu mengisi daya baterai hingga penuh dalam waktu 63 menit saja.

Makin penasaran dengan beragam fitur yang ditawarkan oleh OPPO RENO 8 Z 5G?Untuk informasi lebih lebih lanjut kamu bisa klik di sini.

Momen memotretmu pun akan semakin asyik dengan mendengarkan musik memakai OPPO Enco Buds loh. OPPO Enco Buds sudah dibekali sertifikasi IP54, jadi tahan keringat atau percikan air. Dengan OPPO Enco Buds suara tertinggi dan bass terdalam dengan driver dinamis 8 mm yang dirancang untuk menyalurkan pengkodean audio AAC terbaru sehingga kamu dapat mendengarkan musik secara utuh. Tak perlu lagi mengutak-atik earbuds, OPPO Enco Buds akan secara otomatis menyala sendiri saat kamu membuka case pengisian.

Cara menghilangkan kerumunan © 2022 brilio.net

foto: OPPO Indonesia

OPPO Enco Buds ini sendiri memiliki desain yang ringkas sehingga memiliki kesan yang mewah dan minimalis. Dengan case pengisi daya yang dirancang dengan sempurna dan case bodi earbud mengkilap yang bersinar seperti pantulan pantai di bawah sinar matahari, OPPO Enco Buds menawarkan tampilan elegan yang dapat dinikmati saat dikenakan.

Dengan desain yang dirancang secara ergonomis dengan berat hanya 4 gram untuk masing- masing earbud dan bantalan telinga silikon yang dapat dipilih dalam tiga ukuran berbeda, satu-

satunya cara untuk mengenakan OPPO Enco Buds adalah dengan nyaman. Untuk informasi lebih lanjut mengenai OPPO Enco Buds klik di sini.

(brl/lak)

(brl/lak)