Brilio.net - Indonesia rupanya memiliki begitu banyak talenta di ranah musik hip-hop, soul, dan R&B. Talenta tersebut tersebar di berbagai penjuru Tanah Air, termasuk di bagian Timur Indonesia. Warna musik yang dihasilkan dalam ranah hip hop, soul, dan R&B beragam. Hal itu membuat FLAVS FESTIVAL 2022 ingin menjadi wadah bagi para talenta dan musisi potensial di masa depan tersebut untuk unjuk gigi.

FLAVS FESTIVAL 2022 telah sukses digelar pada 10-11 September kemarin di Istora Senayan, Jakarta. Dalam hajatan musik besutan Visicita Network itu, penonton akan diajak mengeksplorasi lebih dalam mengenai kekayaan dan keberagaman musik hip hop, soul, dan R&B di Nusantara. Momen tersebut menjadi momen para pelaku industri untuk berjabat tangan untuk menghadirkan sebuah suguhan musik yang tak terlupakan bagi semua.

Di tahun ini, FLAVS Festival 2022 mengusung tema “REVIVAL”. Festival musik garapan Visicita Network tersebut selama dua hari telah berhasil membaurkan berbagai elemen, warna, dan kultur yang ada di kancah hip hop, soul, dan R&B. Sebab, tak hanya selalu mengenai musik, dalam FLAVS Festival 2022 juga menampilkan juga turut dapat menonton live graffiti, menonton di cinema room, menyaksikan pameran merchandise, hingga menikmati jajanan dari booth kuliner yang ada.

FLAVS FESTIVAL © FLAVS

foto: FLAVS

M. Riza selaku Director of Festival mengatakan jika festival ini hadir untuk memberikan bahwa akulturasi budaya hip hop yang meluas di seluruh negri ini nyata. Pada festival ini juga dapat dilihat jika kreativitas keragaman budaya Indonesia yang berbalut hip-hop itu keren.

“Konsep bhineka tunggal hip hop akan terasa jelas dimana para penampil dengan keragamannya yang membawa unsur budaya lokalnya masing-masing terasa di penampilan mereka, ujar M. Riza.

Sementara itu Tri Sasongko selaku Director of Technical mengatakan jika di FLAVS Festival sendiri ada 4 panggung pertunjukan yaitu Rhyme & Grind Stage, Boombox Stage, Bounce Stage, dan Downtown Cypher Stage. Permainan LED seta penyajian audio dengan treatment immersive juga disuguhkan bagi para pengunjung FLAVS FESTIVAL 2022.

FLAVS FESTIVAL © FLAVS

foto: FLAVS

“Permainan LED dengan konten multi media yang akan menambah maraknya Gelaran Festival Flavs di tahun ini, dan juga Flavs akan menyajikan audio dengan treatment immersive yang akan terdengar surround dan dapat dinikmati di salah satu Panggung Flavs” jelas Tri Sasongko.

Kemeriahan begitu terlihat jelas pada FLAVS Festival 2022 kali ini. Pada hari kedua, (11/9) kemarin da sejumlah penampil yang menghibur para penonton yang hadir. Bisa dibilang, tujuan FLAVS Festival untuk menjadi ajang kolaborasi terhitung berhasil.

FLAVS FESTIVAL © FLAVS

foto: FLAVS

Di panggung Boombox Stage, tampil Westwey, Juicy Luicy, Ghetto Side, Raisa, kolaborasi Rap Rock United, Maliq & D’Essentials, dan kolaborasi bertajuk Symphony From Hell. Beranjak ke panggung Rhyme & Grind Stage, terdapat suguhan dari Basboi, Salon RnB presents RL KLAV, Gavendri, dan Moneva, dilanjutkan dengan Saykoji, Tiara Andini, Ramengvrl, Yura Yunita dan NDX AKA.

Ada pula penampilan dari The Couch Club, Teddy Adhitya, Blakumuh, A. Nayaka & The Blue Room Boys, dan Laid This Night. Sementara itu, di panggung Downtown Cypher Stage terdapat penampilan Flava Effect, DZEE, Penikmat Soto, ENVY*, Bianca Da Silva, Wasaka, Negatif 1, Freestyle Rap Session dari The Cypher, dan Block 8. Penampilan di panggung Downtown Cypher juga diselingi oleh Freestyle Rap Session, pengumuman pemenang dari Graffiti Battle dan final dari DJ Battle.

Sebelumnya, penyelenggara FLAVS Festival 2022 juga telah mengadakan rangkaian acara “What the F.L.A.V.S” yang berlangsung pada 30 Juli hingga 28 Agustus 2022 kemarin sebagai program yang menjadi bagian dari FLAVS Festival 2022. Para finalis battle ini datang dari seluruh Indonesia untuk bertanding dalam program Openstyle Battle, Bboy/Bgirl Battle, Graffiti Battle, Freestyle Rap Session, dan Beatbox Battle.

FLAVS FESTIVAL © FLAVS

foto: FLAVS

Tetapi tak hanya itu, pada penyelenggaraannya ditampilkan pula berbagai elemen subkultur hip-hop di dalam festival, yakni 2 on 2 Freestyle basketball competition, BMX & Skate Park dimana pengunjung dapat membawa Skateboard dan BMX miliknya, Grafitti, DPR (Di bawah Pohon Rindang) Ghetto yang merupakan hasil kerjasama antara Hairnerds dan FLAVS. Di mana pengunjung dapat menggunting dan men-styling rambut mereka.

Ada pula Area Cinematic Room yang akan memutarkan pemutaran film-film hip-hop Indonesia, di antaranya Wijilan, Start From Scratch , Alas Tempuh, Black Book, Ink & Paint, Hibob, Cipinang Prison Gemah Ripah Loh Symphony. Serta program workshop, seperti: workshop graffiti oleh komunitas Gardu House, workshop finger drumming, workshop beatbox, dan Workshop DJ.

Tidak hanya itu saja, di FLAVS FESTIVAL 2022, pengunjung juga dapat menikmati live painting dari finalis Graffiti Battle, Stickers Slap Area, Giant Sneakers Landmark, community booth yang bakal memperjualbelikan merchandise, dan instalasi seni yang berkaitan dengan kultur hip hop. Serta dapat membawa pulang kenang-kenangan official merchandise oleh brand lokal.

FLAVS FESTIVAL © FLAVS

foto: FLAVS

Yacko selaku Director of Program menerangkan jika para pengunjung FLAVS FESTIVAL 2022 tidak hanya dapat menikmati hiburan line up yang tidak biasa itu. Tetapi pengunjung juga mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan kultur dan subkultur hip-hop Indonesia melalui program festival yang disajikan.

"Harapannya setelah pulang dari FLAVS, terjadi transfer pengetahuan yang berdampak bagi ekosistem musik di Indonesia. Sehingga dapat menumbuhkan keyakinan bagi para pelaku musik Hip-Hop, Soul & RnB untuk bisa berkarir di jalur ini," pungkas Yacko.

(brl/lak)