Brilio.net - Bau mulut kerap menjadi masalah sehari-hari yang dialami banyak orang. Masalah bau mulut ini nggak hanya membuat orang yang mengalaminya jadi kehilangan kepercayaan diri loh. Namun, juga bisa membuat lawan bicara merasa tak nyaman dan akan cenderung untuk menghindar.

Perlu diketahui, terdapat berbagai faktor yang sebenarnya bisa menjadi pemicu dari timbulnya bau mulut. Biasanya, bau mulut ini dapat terjadi karena dehidrasi, kebersihan mulut yang tidak dijaga, serta menyantap makanan dengan bau menyengat. Parahnya lagi, rajin menyikat gigi tidak bisa menjadi solusi satu-satunya untuk mengatasi masalah bau mulut ini.

Pasalnya, mulut tidak dapat terjaga segar setiap hari hanya dengan menyikat gigi. Karena itu, obat kumur atau yang sering disebut mouthwash menjadi solusi pelengkap selain sikat gigi untuk mencegah terjadinya bau mulut. Saat ini, ada banyak sekali merek serta jenis mouthwash beredar di pasaran. Mulai dulu khusus untuk menghilangkan bau mulut, mengurangi plak pada gigi, meminimalisir gigi sensitif, dan lain sebagainya.

Namun, hal yang paling penting dalam memilih obat kumur adalah dengan teliti melihat bahan kandungan yang ada di dalamnya. Hindari mouthwash yang mengandung bahan kimia seperti alkohol, karena dapat menyebabkan mulut dehidrasi. Tak hanya itu, kandungan alkohol dalam mouthwash juga dapat menyebabkan bagian mulut yang sedang terluka jadi perih.

Agar tidak salah pilih, penting bagi kamu untuk mengetahui kebutuhan akan penggunaan obat kumur bagi kesehatan mulutmu. Berikut ini akan diulas rekomendasi obat kumur terbaik, tips dalam memilih obat kumur, dan cara penggunaannya.

Cara Menggunakan Obat Kumur MeToo

Rekomendasi obat kumur terbaik © 2022 brilio.net

foto: MeToo

Terdapat beberapa cara yang perlu kamu perhatikan agar mendapatkan hasil maksimal dengan penggunaan obat kumur. Berikut ini caranya:

  • Gunakan obat kumur setidaknya satu kali dalam sehari. Kamu bisa memakainya sebelum tidur ataupun sesudah menyikat gigi.
  • Pastikan untuk menggunakan obat kumur yang telah didaftarkan ke BPOM
  • Selain itu, pastikan obat kumur atau mouthwash yang sudah punya sertifikasi BPOM.
  • Kamu juga bisa menggunakannya sebelum kencan ataupun pertemuan agar napas lebih segar dan percaya diri saat sedang berbicara.
  • Kamu dapat menggunakannya setelah makan untuk melepaskan sisa-sisa makanan. Obat kumur ini juga dapat membersihkan mulut supaya menjadi lebih bersih.
  • Jangan makan dan minum sesudah menggunakan obat kumur hingga durasi 30 menit.
  • Sebaiknya jangan mencairkan obat kumur di dalam air sebab bisa membuat efektifitasnya berkurang.

Tips Dalam Memilih Obat Kumur

Perlu diketahui, terdapat banyak sekali jenis obat kumur yang beredar di pasaran saat ini. Sebenarnya, masing-masing obat kumur ini punya kandungan dan fungsi yang beraneka ragam. Sebelum memilih obat kumur, kenali jenis-jenisnya berikut ini:

Obat Kumur Penghilang Plak

Apakah kamu tahu bahwa air liur maupun sisa makanan di gigi dapat membentuk plak? Masalahnya, plak yang dipenuhi bakteri bisa menimbulkan peradangan yang cukup parah di gusi. Karena itu, obat kumur dengan fungsi untuk menghilangkan plak menjadi solusi. Sebab, obat kumur ini punya kandungan antibakteri di dalamnya.

Obat Kumur Buat Gigi Menjadi Putih

Perlu diketahui, terdapat jenis-jenis obat kumur yang memiliki bahan pemutih seperti hidrogen peroksida. Senyawa semacam ini mampu membuat noda yang ada di gigi menghilang dengan cepat. Dengan begitu, warna gigi pun akan kembali cerah setelah beberapa lama apabila obat kumur jenis ini digunakan secara rutin.

Obat Kumur Buat Gigi Sensitif

Obat kumur jenis ini umumnya punya kandungan asam amino, yakni arginine. Senyawa ini diketahui dapat menutup lubang kecil di gigi yang sensitif. Namun, ada baiknya lakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat kumur untuk gigi sensitif.

Obat Kumur Dengan Kandungan Fluoride

Jika gigi kamu termasuk rapuh, rentan berlubang, atau mudah patah maka obat kumur yang punya kandungan fluoride merupakan pilihan tepat untuk digunakan. Pasalnya, fluoride adalah mineral penting yang diperlukan dalam menjaga lapisan email gigi tetap kuat.

Obat Kumur Kosmetik

Obat kumur jenis ini bisa dipakai untuk siapa saja. Sebab, fungsi utama dari obat kumur ini untuk menyegarkan nafas. Namun, perlu diingat obat kumur kosmetik tidak dapat dipakai untuk mencegah kerusakan gigi karena tidak punya bahan antibakteri.

Rekomendasi Obat Kumur Terbaik

Rekomendasi obat kumur terbaik © 2022 brilio.net

foto: MeToo

Salah satu obat kumur terbaik yang bisa kamu gunakan adalah MeToo Probiotik mouthwash. Obat kumur dari Korea Selatan ini menghadirkan aroma classic sea mint yang segar dan dapat meningkatkan kepercayaan diri penggunanya. Obat kumur MeToo ini dibuat dari ekstrak tumbuhan sehingga terasa lembut di mulut dan tidak pedas. Dengan begitu, setiap pengguna dapat berkumur secara lebih nyaman.

Selain itu, obat kumur MeToo dilengkapi ADP-1 probiotik yang meningkatkan keseimbangan mikroekologikal oral. Adapun, kandungan probiotik ini punya berbagai macam perawatan oral seperti:

  • Mengurangi plak di gigi
  • Mengatasi masalah gusi
  • Menjaga kesehatan mulut
  • Mencerahkan gigi agar tampak lebih putih .
  • Menyegarkan napas agar masalah bau mulut dapat teratasi

Adapun, kandungan aglutination mampu mengatasi bakteri patogen fisik. Bakteri berbahaya seperti bakteri anaerob penyebab bau mulut, streptococcus mutan, dan plak di gigi. Kandungan aglutination juga dapat membuat jumlah bakteri pada gigi berkurang, membuat kondisi gingival meningkat, serta efektif memutus pertumbuhan bakteri penyakit periodontal.

Sebagai informasi, obat kumur atau mouthwash MeToo tersedia dalam dua ukuran, yakni 100 ml dan 200 ml. Saat ini, obat kumur dapat dipesan lewat official store yang tersedia di platform belanja online, yaitu Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Yuk, pesan sekarang!