Brilio.net - Ingin menyalurkan bakat dan hobi sebagai model? Kalau begitu kini saatnya kamu unjuk kebolehan. Australian Supermodel of The Year (ASOTY) membuka kesempatan untuk mewujudkan impian kamu.

ASOTY merupakan program pembelajaran dan kompetisi modelling bergaya kontes kecantikan tahunan yang berbasis di Melbourne, Australia, yang berkomitmen pada True Inclusiveness. Kontes ini percaya pada inklusivitas yang mewakili orang-orang dari semua warna kulit, ukuran, agama, dan orang-orang dengan pandangan yang berbeda atau bahkan bertentangan.

Ajang ini bertujuan untuk menciptakan komunitas yang memahami, menghormati, dan memberikan kesempatan yang bebas dan adil bagi semua orang. Kompetisi ini membantu calon model untuk belajar tentang aspek kreatif, periklanan, pemasaran dan segi komersial dari industri mode dan modelling melalui sesi pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan oleh pakar industri dan figur publik.

Tak hanya itu pendekatan pun dilakukan secara holistik yang mencakup topik-topik penting seperti komunikasi, manajemen waktu, disiplin keuangan, penguasaan media sosial, kepositifan tubuh, cinta diri, kesehatan & diet, ketahanan, meditasi, perhatian, gaya, make-up, kolaborasi dan tentu saja, fotografi & keterampilan berjalan di peragaan busana. Hal tersebut juga dibahas secara luas selama lokakarya dan sesi mentoring selama kompetisi berlangsung.

Supermodel Of The Year Australia 2023 © 2022 brilio.net

foto:ASOTY

Kompetisi ini digelar dalam format hybrid, sebagian digital dan sebagian secara langsung, dengan Grand Final dijadwalkan di Bali pada Februari 2023. Grand Final kompetisi ini mencakup runway skala internasional di mana semua finalis menampilkan koleksi dari desainer terkemuka Australia dan Indonesia.

ASOTY 2023 mengusung tagline With Our Without A Crown, You Are Always A Queen (Dengan atau Tanpa Mahkota, Anda Selalu Menjadi Ratu).

Pendaftaran untuk peserta dari Indonesia sendiri akan dibuka sampai dengan 21 September 2022. ASOTY mengajak perempuan Indonesia untuk mengikuti kompetisi yang terbagi dalam 4 kategori utama, yakni Runway / Catwalk, Redaksi/Fashion, Komersial / Periklanan, Sosial/ Influencer.

Sedangkan pada Sub-kategori terbagi menjadi 5, yakni Aktivis (wajib dipilih), Curve (proporsi tubuh), Kebugaran, Kebersahajaan, Ukuran Tubuh Mungil.

Bagi pelamar wajib memilih salah satu kategori utama untuk dipertandingkan. Pelamar juga dapat memilih sub-kategori yang lebih mewakili serta membantu mereka mengekspresikan diri, berbicara atas nama mereka, dan berjejaring dengan orang-orang yang berpikiran sama.

“Aktivis” adalah sub-kategori wajib yang didaftarkan pelamar untuk Program 2023 kecuali mereka memilih salah satu dari sub-kategori spesifik. ASOTY mencari model yang bersemangat tentang sesuatu hal positif yang mereka percaya, membela sesuatu dan berbicara untuk apa yang mereka yakini.

Runway

Kategori Runway, juga dikenal sebagai catwalk, diperuntukkan bagi peserta yang suka berjalan di atas panggung peragaan busana yang menampilkan kreasi desainer kepada penonton. Namun, setiap finalis, terlepas dari kategorinya, akan dilatih untuk tampil di runway dan berjalan di peragaan busana internasional selama acara grand final ASOTY.

Editorial

Kategori Editorial terbuka bagi mereka yang senang tampil di depan kamera. Mereka yang memilih untuk menjelajahi seni mode dan mengekspresikan diri melalui cerita yang diceritakan oleh fotografer dan perancang busana. Jenama, perancang mode, publikasi, dan pencipta selalu mencari wajah segar dan unik.

Komersial

Pada dasarnya yang dimaksud dengan modelling untuk komersial yakni berpose dan mempromosikan produk dalam kampanye pemasaran dan sifatnya lebih beragam.

Sosial

Semua orang ingin menjadi influencer hari ini. Jelajahi kemungkinan untuk memengaruhi komunitas menuju dunia yang lebih baik di bawah kategori sosial.

Supermodel Of The Year Australia 2023 © 2022 brilio.net

foto:ASOTY

Audisi dibagi menjadi dua bagian. Pelamar akan diminta untuk mengirimkan video dan menjawab beberapa pertanyaan setelah aplikasi mereka disetujui. Pertanyaan-pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui lebih banyak tentang pelamar sebagai pribadi, memahami bakat dan cita-cita mereka, dan memastikan mereka selaras dengan visi ASOTY tentang dunia pemodelan yang bertanggung jawab, bermakna dan memiliki tujuan.

Pelamar akan memiliki waktu dua minggu untuk mengirimkan video ini setelah mereka menerima serangkaian pertanyaan. Mereka juga akan diminta untuk menyertakan video pendek yang menampilkan kemampuannya berjalan di runway. Nantinya pada audisi bagian kedua dilakukan melalui panggilan Zoom kemudian akan dijadwalkan dengan kandidat yang berhasil pada audisi bagian pertama.

Nah untuk malam grand final akan terdiri dari lima rangkaian termasuk,

• Koleksi Denim dirancang oleh ASOTY Vision Director & Fashion Director, Kal Kalim
• Koleksi Pakaian Renang & Pakaian Resor
• Koleksi Pakaian Olahraga
• Koleksi dari Desainer Australia & Indonesia

Pada 2023, ASOTY akan menjadi kontes kecantikan pertama dan satu-satunya yang menampilkan babak Fashion Berkelanjutan selama Grand Final. Semua finalis akan diminta untuk membawa dua pakaian yang sehubungan dengan Keberlanjutan. Dengan pilihan pertama yakni pakaian yang didaur ulang atau digunakan kembali.

Ini bisa dari lemari pakaian yang ada, sesuatu yang diturunkan dari ibu, nenek, atau dari toko barang bekas. Yang kedua yakni pakaian dari desainer lokal atau start-up di kota atau negara asal kandidat. Ini merupakan bagian dari inisiatif ASOTY untuk mendukung bisnis lokal

“Keberlanjutan, persaudaraan dan mendukung bisnis lokal adalah fokus besar di ASOTY selama dua tahun terakhir. Grand final tahun ini akan lebih banyak tentang kerja sosial, networking, pertukaran budaya dan malam final runway yang merupakan puncak dari keseluruhan program," ujar Kal Kalim, Vision Director & Fashion Director ASOTY.

Tahun ini fokus besar ASOTY menawarkan layanannya di Australia, India, dan Indonesia Untuk informasi lebih lanjut tentang ASOTY tersedia di www.supermodeloftheyear.com. Untuk mendaftar, silakan klik di sini.