Brilio.net - Istilah beauty is pain memang lekat dengan wanita. Bagi mereka, untuk menjadi cantik dan sempurna memang membutuhkan pengorbanan yang nggak mudah. Nyatanya, istilah ini nggak cuma berlaku untuk zaman sekarang saja lho. Sejak abad ke 18 bahkan wanita pun telah melakukan berbagai cara untuk mendapat predikat cantik. Bahkan hal yang dilakukan pun lebih gila dan berbahaya dibanding saat ini. Berikut ini 10 pearawatan kecantikan yang rela di lakukan wanita zaman dulu, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (30/6):

1. Pura-pura pingsan

 10 perawatan dulu © 2016 brilio.net

foto: tvtropes

Wanita di zaman Ratu Victoria punya kebiasaan yang bisa dibilang nyeleneh. Mereka rela pura-pura pingsan hanya untuk mendapat perhatian dan menandakan dirinya yang lemah lembut dihadapan laki-laki yang dia sukai.

Loading...

2. Menggerus perut agar pinggang ramping

 10 perawatan dulu © 2016 brilio.netfoto: aplus

Salah satu tren kecantikan tahun 1800an adalah memiliki ukurang pinggang yang kecil. Untuk mendapatkan pinggang ideal wanita-wanita saat ini menggunakan korset secara berlebihan. Bahkan sampai melakukan tapeworming dieting atau diet dengan memakan cacing. hii..

3. Amoniak untuk gigi putih bersinar

 10 perawatan dulu © 2016 brilio.netfoto: Pinterest

Zaman dulu tentu belum ada sistem bleaching gigi seperti sekarang. Makanya wanita zaman dulu memilih menggunakan zat beracun seperti amoniak untuk mendapatkan gigi putih bersinar.

4. Amoniak untuk kulit wajah putih

 10 perawatan dulu © 2016 brilio.netfoto: katetattersall

Lagi-lagi dengan amoniak, wanita zaman dulu rela membasuh wajah dengan amoniak setiap pagi. Agar mendapatkan kulit wajah yang putih.

5. Bahan kimia untuk kecantikan mata

 10 perawatan dulu © 2016 brilio.net

foto: magazine

zaman dulu juga belum ada yang namanya eye shadow. Untuk mempertajam mata mereka, wanita zaman dulu rela memoles matanya dengan racikan bahan-bahan kimia mematikan kayak timbal, sulfida, merkuri, antimony, sampai vermillian.

6. Radium demi tampilan kulit cerah

 10 perawatan dulu © 2016 brilio.net

foto: katetattersall

Orang zaman dulu pun sudah tahu gimana caranya membuat kulit tubuh glowing alias bersinar.  Namun, caranya sangat tidak rasional. Yaitu dengan menggunam radium zat yang bisa bikin manusia terpapar artritis dan kanker sebagai bahan utama sabun mandi. Duhh..

7. Cara mengeriting yang ekstrim

 10 perawatan dulu © 2016 brilio.net

foto: tumblr

Rambut keriting juga sempat jadi tren masa 1800an. Karena belum adanya alat keriting atau catokan seperti sekarang, wanita zaman dulu menggunakan besi yang dipanaskan kemudian digulung-gulung pada rambut mereka. Bukannya dapat rambut yang keriting alami malah kebotakan yang mengancam.

8. Cara menghilangkan bulu

 10 perawatan dulu © 2016 brilio.netfoto: katetattersall

Jika saat ini ada teknologi waxing atau pinset, di zaman dulu yang dilakukan wanita lebih ekstrem. Untuk menghilangkan bulu ditubuh mereka, para wanita mengeringkan kotoran kucing dan dicampur dengan larutan cuka serta mengoleskannya ke bagian tubuh yang ingin dicabut. Iuhh..

9. Urine untuk menyegarkan mulut

 10 perawatan dulu © 2016 brilio.net

foto: giphy

Jika saat ini kita mengenal mouthwash, wanita jaman dulu menggunakan urin yang mengandung amonia sebagai penyegar nafas. Konon, tradisi ini dianut oleh wanita zaman romawi kuno.

10. Alat pengecil tulang pipi

 10 perawatan dulu © 2016 brilio.netfoto: buzzfeed

Pipi yang tirus ternyata juga pernah tren kala itu. Namun yang bikin miris adalah wanita sekitar tahun 1936 menggunakan alat pengecil tulang pipi yang berbahaya. Yaitu berupa besi yang menjepit kedua pipi selama beberapa menit.