Momen seperti ini pun berlangsung hingga hari kedua ramadhan. Sudah dua kali tarawih dilaksanakan namun air tak kunjung surut. Setelah sholat tarawih, beberapa masyarakat juga mengadakan tadarusan. Terlihat banyak yang anak-anak.

"Pantesan Jambi seberang dijuluki tahtul Yaman, semangat terus bang," tulis akun @ndhrryhn

Jambi kota seberang memang sangat kental dengan keagamaan Islamnya. Dalam jurnal yang ditulis oleh As'ad Imsa' mengatakan bahwa sejak dulu wilayah itu memang terkenal sebagai pemeluk agama Islam yang sangat teguh memegang dan melaksanakan ajarannya. Hampir semua aspek kehidupan mengacu pada hukum islam sehingga Jambi kota seberang mendapat julukan Serambi Mekahnya Jambi.

tarawih naik perahu © TikTok

foto: TikTok/@kausaradinata

Bahkan, untuk menuntut ilmu agama, Jambi kota seberang juga masuk sebagai list yang sangat direkomendasikan. Sebab, di situ berdiri banyak sekali pesantren dan pusat pendidikan. Seperti, Pondok Pesantren Ma'had Al Mubarak, Pondok Pesantren As'ad dan lain sebagainya.

Bahkan saking kentalnya dengan keagamaan Islam, tempat itu juga mendapat julukan Tahtul yaman. Dalam artikel yang diterbitkan oleh Kemenag Jambi mengatakan bahwa Tahtul Yaman, sebuah wilayah di Kota Seberang, Jambi, memiliki sejarah yang kaya sebagai pusat pendidikan Islam.

Di masa lampau, Tahtul Yaman menjadi titik kumpul para ilmuwan Islam yang kembali ke Jambi setelah menimba ilmu di Arab Saudi. Para ilmuwan tersebut mendirikan pesantren dan madrasah, menjadikan Tahtul Yaman sebagai pusat penting dalam penyebaran ilmu agama dan pengetahuan Islam di Jambi. Keberadaan Tahtul Yaman memainkan peran sentral dalam kemajuan Islam di Jambi, menghasilkan banyak ulama dan tokoh agama yang berpengaruh dalam masyarakat.

Wajar saja semangat dan gairah beribadah masyarakat Jambi kota seberang begitu kuat. Tak bisa dihalangi oleh apapun meski dengan banjir seperti pada video tersebut.

Postingan itu pun menjadi viral dan mengundang perhatian netizen. Tentu banyak yang takjub dengan semangat beribadah masyarakat di sana. Meski tidak sedikit netizen juga yang kebingungan dengan video tersebut.

"Balek teraweh bukan nyari sendal tapi nyari perahu," kata akun @anakbungsuu_

"Bayangin naik sampan berdua dengan suami pergi teraweh, bayang-bayang aja dulu," tulis akun @_evana30

"Kok bisa ya orang-orang hidup di tengah-tengah air, aku yang phobia mana bisa, setiap lihat air keinget buaya," ujar akun @ifasyam_

"Ngabuburit mancing, pulang terawehnya war perahu," komentar akun @ditastuffi.

tarawih naik perahu © TikTok

foto: TikTok/@kausaradinata

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis akun @kausaradinata sudah menghimpun jutaan penonton. Selain itu terdapat juga ribuan akun yang memberi like dan komentar.

@kausaradinata Alhamdulillah tetap rame #ramadhan2024 #banjir suara asli - _