Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ihsan adalah baik. Ihsan juga dapat dimaknai sebagai seseorang yang ikhlas beramal karena mencari keridhaan semata. Seseorang yang memiliki sikap ihsan menyumbangkan kebaikan terhadap hamba Allah yang lainnya, baik dari segi kekayaan, kemuliaan, kepandaian, maupun jasmani. 

Ihsan juga merupakan aspek ketiga dari agama yang dikenal sebagai aspek rohani. Aspek ini dimaksudkan untuk memperingatkan bahwa Allah senantiasa datang dan mengawasinya. Ihsan termasuk ke dalam perbuatan yang sangat bermanfaat di dalam agama Islam.

Sikap ihsan merupakan fitrah karena tabiat manusia cenderung kepada kebaikan. Ihsan pada ayat-ayat tertentu di dalam Alquran memiliki fungsi sebagai ammar atau perintah. Ihsan dalam pengertian ini tidak semata-mata sebagai ammar, tetapi juga sebagai masdar yang menunjukkan pada sesuatu yang tetap dan berkesinambungan. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai sikap ihsan, berikut brilio.net merangkumnya dari berbagai sumber pada Jumat (12/8).

Pengertian ihsan

pengertian ihsan dan ciri-cirinya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Utsman Media

Secara etimologi, ihsan adalah lawan kata dari isa'ah atau kejelekan. Dari segi bahasa, ihsan berasal dari bahasa Arab ihsanan yang berarti kebaikan, membaguskan, lebih bermanfaat, lebih indah, dan kesenangan. Ihsan juga dapat diartikan sebagai memperbaiki atau menjadikan baik. Ihsan adalah sebuah kebaikan yang lahir dari kesadaran batin terdalam. Ihsan juga merupakan perwujudan keinginan berbuat lebih baik atas apa yang orang lain lakukan.

1. Menurut M Quraish Shihab, ihsan memiliki makna yang lebih luas dari sekadar pengertian "memberi nikmat atau nafkah". Ihsan juga lebih luas dari sekadar kandungan makna "adil" karena adil diartikan sebagai "memperlakukan orang lain sama dengan perlakuannya kepada orang lain" sehingga ihsan dikatakan sebagai memberi lebih banyak daripada yang harus diberikan dan mengambil lebih sedikit dari yang seharusnya diambil.

2. Menurut Ali Amran, ihsan adalah puncak ibadah dan akhlak yang senantiasa menjadi target seluruh hamba Allah karena ihsan menjadikan sosok yang mendapatkan kemuliaan dari-Nya.

3. Danial Zainal Abidin berpendapat bahwa ihsan adalah amalan hati yang halus, tetapi pada waktu yang sama tidak mengabaikan amalan yang lahir. Ihsan dianggap sebagai ukuran kualitas yang tertinggi di sisi Allah. Segala percakapan dan perilaku yang dilakukan oleh setiap individu akan dinilai berdasarkan tuntunan ini.

Berdasarkan beberapa definisi menurut para ahli, dapat disimpulkan bahwa ihsan adalah suatu perbuatan baik yang dilakukan oleh manusia demi untuk Allah.

(brl/pep)