Brilio.net - Pada dasarnya semua hari itu sama baiknya. Namun, ada satu hari di mana hari itu paling istimewa dibandingkan yang lainnya, yaitu Jumat. Dalam tradisi Islam, hari Jumat merupakan Sayyidul Ayyam atau rajanya hari.

Hal ini juga tercatat dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba Muslim melaksanakan sholat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasulullah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu." (Muttafaqun Alaih).

Hari Jumat menjadi salah satu hari yang memberikan keberkahan bagi umat Islam. Maka dari itu, hari yang penuh berkah ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW, bersabda, "Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam AS diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya, dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (HR Muslim).

Pada hari Jumat juga terdapat amalan doa yang telah diajarkan Rasulullah. Doa dzikir ini juga disebutkan oleh Imam An Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar. Lebih lanjut, yuk simak doa hari jumat beserta terjemahannya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (8/4).