Brilio.net - Al Khaliq merupakan salah satu nama baik Allah yang terangkum dalam 99 Asmaul Husna. Dengan memahami arti Al Khaliq menjadi cara untuk mengimani Allah SWT. Dengan begitu manusia selalu mengingat bahwa sesuatu hal yang terjadi di dunia ini atas kehendak Allah SWT.

Al Khaliq memiliki arti menciptakan sesuatu dari ketiadaan. Allah SWT menciptakan sesuatu apa yang Dia kehendaki dan dengan cara yang sempurna. Allah merupakan satu-satunya yang dapat menentukan kapan, bagaimana, dan apa yang harus dibuat dan melakukannya dari ketiadaan.

Lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai arti Al Khaliq beserta makna dan dalilnya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (3/8).

Arti dan makna Al Khaliq.

Arti Al Khaliq © 2022 berbagai sumber

foto: pexels.com

Menurut buku berjudul Rahasia Keajaiban Asmaul Husna yang ditulis oleh Syafi'ie el-Bantanie, Al Khaliq secara bahasa berasal dari kata "khalq" atau "khalaqa" yang berarti mengukur atau memperhalus. Makna ini kemudian berkembang menjadi menciptakan dari tiada, menciptakan tanpa contoh terlebih dahulu, mengatur, membuat, dan sebagainya. Kata khalaqa menjelaskan arti tentang kebesaran Allah SWT lewat segala ciptaan-Nya.

Dikutip dari buku berjudul Agama Islam (2010) yang ditulis oleh Hindun Anwar, Al Khaliq artinya ialah maha pencipta atau maha menciptakan segala sesuatu. Sebagai umat Islam, tentu diwajibkan untuk senantiasa mengimani sifat Allah SWT sebagai Tuhan yang maha menciptakan seisi alam semesta.

Sementara itu lafal Al Khaliq dalam bahasa Arab Klasik memiliki arti mengukur dengan akurat, menentukan ukuran atau posisi yang tepat untuk sesuatu, membandingkan satu hal dengan lainnya, menciptakan sesuatu berdasarkan pola atau model yang telah ditentukan, dan menciptakan sesuatu dari tidak ada menjadi ada.

Cara untuk meneladani sifat Allah Al Khaliq adalah dengan menciptakan sesuatu hal baru yang lebih kreatif, inovatif, dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Hal ini sangat dibutuhkan sebab proses terjadinya sesuatu memerlukan pengetahuan dan kemampuan.

 

(brl/tin)