Brilio.net - Sebagai umat muslim, mengucap kalimat pujian kepada Allah SWT tentu akan membawa banyak manfaat. Salah satunya membuat hati merasa tenang dan selalu membiasakan diri untuk selalu bersyukur serta ingat kepada Allah. Alhamdulillah adalah kalimat tahmid yang memiliki makna untuk menyampaikan pujian kepada Allah SWT dan mengucap rasa syukur kepada Allah.

Kalimat alhamdulillah seringkali juga diucapkan ketika mendapatkan kabar baik, terbebas dari bencana, atau memperoleh karunia dari Allah SWT. Dengan mengucap kalimat tauhid, manusia dapat menyadari bahwa Allah SWT Maha Memiliki Kekayaan dan Sang Penguasa dunia dan segala isinya.

Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah, sudah sepantasnya untuk menyertakan Allah dalam setiap keadaan termasuk ketika mendapatkan kebahagiaan, terselesaikan suatu perkara, hingga mendapatkan kenikmatan dari Allah. Sebab, sesungguhnya tidak ada satu pun hal yang terjadi tanpa kehendak Allah.

Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (21/7), arti alhamdulillah beserta makna dan keutamaan mengucapkannya.

(brl/lin)