Brilio.net - Uang merupakan bentuk representasi nilai ekonomi yang diterima secara umum sebagai alat pembayaran, satuan hitung, dan penyimpan nilai. Uang memiliki fungsi sebagai medium pertukaran yang memudahkan proses perdagangan dan transaksi ekonomi. Konsep uang melibatkan pengakuan masyarakat terhadap nilai yang dimilikinya, sehingga diterima sebagai alat tukar yang sah.

Selain itu, untuk menjadi alat pembayaran yang sah uang juga harus diakui oleh pemerintah atau otoritas moneter. Uang memiliki sifat legal tender, artinya harus diterima sebagai pembayaran atau transaksi dalam ekonomi di wilayah hukum yang bersangkutan. Uang dapat berbentuk kertas, logam atau bentuk elektronik, tergantung pada sistem moneter yang berlaku dalam suatu negara atau wilayah.

Nah untuk uang kertas pecahan 100 ribu rupiah, ukurannya adalah 151 mm x 65 mm. Jika dibentangkan, uang tersebut memiliki panjang sekitar 6,0 inci dan lebar sekitar 2,6 inci. Ukuran ini tidak berubah sejak uang pecahan ini pertama kali diterbitkan pada 2001.

Namun, seorang warganet membagikan video pecahan 100 ribu dalam bentuk yang berbeda. Video tersebut kemudian menimbulkan tanda tanya, apakah uang kertas 100 ribu itu asli?

Dilansir brilio.net dari TikTok @mahar_ina, terlihat uang 100 ribu 4 lembar keluaran terbaru. Yang bikin aneh adalah uang kertas tersebut menyatu, sehingga nominalnya Rp 400 ribu. Pemilik akun tersebut menduga bahwa bank lupa memotong uang tersebut.

"Bank Indonesia lupa motong duitnya. Uang asli atau mainan sih?" tulisnya di caption.

Namun pada gambar itu, nomor seri yang tertera pada keempat uang itu ternyata sama. Hal ini tentu semakin bikin penasaran netizen. Pembuat video melemparkan persoalan uang ini di kolom komentar, apakah uang palsu atau asli.

uang 100 ribu belum dipotong © TikTok

uang 100 ribu belum dipotong
TikTok/@mahar_ina

Salah satu netizen menjawab di kolom komentar dengan mengatakan bahwa memang ada uang edisi yang seperti itu. Uang 4 lembar yang belum dipotong. Biasanya pengusaha atau pengguna prioritas yang hanya bisa memilikinya.

"Bukannya ada edisi gitu ya? 4 lembar belum dipotong. Biasanya pengusaha yang pengguna prioritas punya uang edisi ginian, dan itu juga ada sertifikatnya," kata akun @dewi_zhixiang_godnofear.