Brilio.net - Kelompok Penyelenggara Pemungutan suara (KPPS) merupakan panitia yang ditugaskan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melaksanakan proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Proses pemilihan KPPS melibatkan partisipasi masyarakat di tingkat kelurahan atau desa atau wilayah setempat. Sebelum resmi bertugas, setiap anggota KPPS harus melalui proses pelantikan.

Setelah dilantik, anggota KPPS menjalani pelatihan yang diselenggarakan oleh KPU kabupaten atau kota. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan agar anggota KPPS dapat melaksanakan tugasnya dengan baik saat pemungutan suara.

Pada hari pemilihan, KPPS bertanggung jawab melaksanakan pemungutan suara di TPS. Tugas utama KPPS melibatkan persiapan, pemungutan suara, perhitungan suara, dan pelaporan hasil perhitungan suara kepada KPU kabupaten atau kota.

Kemarin pada Kamis (25/1) telah berlangsung pelantikan anggota KPPS serentak di seluruh Indonesia. Namun pada momen ini terjadi hal yang sungguh di luar dugaan. Kejadian itu bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @ayusyggg, dilansir brilio.net pada Jumat (26/1).

kpps pakai baju nikah © TikTok

foto: TikTok/@ayusyggg

Dalam video tersebut memperlihatkan pelantikan KPPS Desa Gunungmulyo, Kecamatan Saran, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Para anggota berbaris rapi menggunakan batik untuk mengikuti pelantikan. Namun ada satu orang wanita yang justru jadi sorotan.