Brilio.net - Beberapa dari masyarakat Indonesia pasti pernah melihat ada air mengalir di rumahnya padahal kondisi sedang tidak hujan. Hal tersebut biasanya terjadi karena ada kebocoran pada sistem perpipaan atau saluran air di dalam atau di sekitar rumah. Kebocoran pada pipa air bersih atau saluran pembuangan dapat menyebabkan air mengalir keluar dan menciptakan genangan air di tempat yang seharusnya kering.

Selain itu, air yang terus mengalir tanpa hujan juga bisa disebabkan oleh sistem tata air di sekitar rumah, seperti saluran air hujan yang mampet atau tersumbat. Kondisi ini tentu menciptakan genangan air di area tertentu.

Salah satu bentuk fenomena tersebut dirasakan oleh pemilik akun TikTok @bertinranterura07. Terdengar dari balik kamera, seorang wanita mengaku heran melihat lantainya yang selalu basah padahal tidak sedang hujan.

air keluar dari stopkontak © TikTok

air keluar dari stopkontak
TikTok/@bertinranterura07

Dia mengaku bahwa adiknya sudah lelah mengepel air tersebut karena tak kunjung kering. Melihat kondisi itu, wanita ini pun mencari cara agar air yang keluar dari balik dindin ini bisa tertampung. Saking banyaknya dalam dua hari, tetesan air tersebut bisa sebanyak 1 ember penuh.