Brilio.net - Nggak bisa bayangin kan kalau nggak ada matahari di kehidupan kita? Selain jadi sumber energi, matahari bisa jadi salah satu obyek yang nggak bisa mengalihkan pandangan kita, apalagi kita udah melihat gimana indahnya sunrise dan sunset ya. Tapi kamu pernah nggak, coba membayangkan gimana rasanya melihat sunrise atau matahari terbit dari planet-planet yang ada di tata surya kita?

Nah kali ini brilio.net sudah lansir dari Brightside, Jumat (22/7) gimana ilustrasi yang udah dibikin ilustrator sains, Ron Miller. Ilustrator ini udah menghabiskan puluhan tahun untuk meneliti gimana sih situasi sunrise dari planet lain selain bumi berdasar permukaan, komposisi planet, dan jarak planet dari matahari. Seperti apa selengkapnya? yuk kita simak bareng-bareng yaa!!

1. Merkurius

sunrise dari planet © 2016 brilio.net

Jarak Merkurius dengan Matahari hanya sekitar 60 juta km atau 39% jarak antara matahari dengan bumi. Oleh karena itu matahari terbit dari planet ini terlihat lebih besar.

Loading...

2. Venus

sunrise dari planet © 2016 brilio.net

Venus adalah planet terdekat kedua dari Matahari. Venus memiliki jarak terhadap matahari tidak tetap. Jarak rata-rata antara Venus dengan matahari adalah 108 juta km.  Karena awan tebal yang menyelimuti planet ini, Matahari terlihat seperti titik cahaya berwarna di langit.

BACA JUGA: 7 Tebak-tebakan ini benar-benar menguji kecerdasan, kamu berani coba?

3. Mars

sunrise dari planet © 2016 brilio.net

Jarak rata-rata Mars dari matahari adalah 230 juta km, atau 1.5 kali lebih jauh dari bumi.

4. Jupiter

sunrise dari planet © 2016 brilio.net

Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya. Mempunyai jarak rata-rata dari matahari 778,3 juta km. Nah kalau dari gambar ini adalah penampakan matahari terbit dilihat dari Europa, salah satu bulannya Jupiter.

5. Saturnus

sunrise dari planet © 2016 brilio.net

Saturnus mengorbit matahari pada jarak 1.5 miliar km. Sinar matahari dibiaskan oleh kristal-kristal es dan gas yang bisa menciptakan pemandangan yang indah.

6. Uranus

sunrise dari planet © 2016 brilio.net

Uranus memiliki jarak rata-rata dengan matahari 2.875 juta km. Dari gambar ini adalah matahari dilihat dari Ariel, bulannya Uranus.

7. Neptunus

sunrise dari planet © 2016 brilio.net

Ini adalah apa yang akan terlihat dari Triton, bulan terbesar dari Neptunus. Jarak bintang tersebut dari bumi adalah 4.5 miliar km atau 30 kali jarak bumi dengan matahari.

8. Pluto

sunrise dari planet © 2016 brilio.net

Dari sudut pandang planet yang terjauh di tata surya kita ini, matahari hanya seperti satu titik kecil cahaya yang bersinar. Pluto sendiri memeiliki jarak 6 miliar km dari matahari.

Gimana guys! Bisa membayangkan nggak gimana matahari terbit dilihat dari perspektif yang berbeda. Buat menyegarkan mata kalian, ini nih matahari jika dilihat dari planet kita tercinta, Bumi. Bikin kita bersyukur deh.

sunrise dari planet © 2016 brilio.net

foto: isthinue

sunrise dari planet © 2016 brilio.net

foto: ourglobaltek

sunrise dari planet © 2016 brilio.net

foto: dheni-yulistianto