Brilio.net - Akad dan resepsi adalah dua acara penting dalam pernikahan. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda dan memiliki rangkaian acara yang berbeda pula.

Akad nikah adalah acara sakral yang menyatukan dua orang dalam ikatan pernikahan. Acara ini dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat kedua mempelai. Dalam acara akad nikah, penghulu akan membacakan ijab kabul dan saksi akan menyaksikan ijab kabul tersebut.

Sementara resepsi pernikahan merupakan serangkaian acara yang diselenggarakan sebagai pemeriah pernikahan. Acara ini dihadiri oleh keluarga, kerabat, teman, dan kenalan kedua mempelai. Dalam acara resepsi pernikahan, biasanya diisi dengan hiburan, pemberian selamat, dan makan-makan.

Beberapa orang ada yang mengadakan acara resepsi berjarak dengan akad nikah, bahkan ada yang jaraknya lumayan jauh, seperti pada video TikTok yang dibagikan oleh akun @ibu_khalisa ini. Dalam video terlihat sepasang pengantin, yakni Khalisa bersama suaminya bersanding di pelaminan. Dalam postingan tersebut juga terlihat pengantin sambil momong anak.

"Ini pengantin yang sambil momong anak," ujarnya di caption.

nikah dua kali © TikTok

nikah dua kali
TikTok/@ibu_khalisa

Sontak netizen langsung menanyakan mengapa baru mengadakan resepsi setelah punya anak dan anaknya pun terlihat sudah besar. Usut punya usut ternyata pengantin tersebut bukanlah pengantin yang asli. Mereka hanya menggantikan posisi adiknya yang seharusnya melaksanakan resepsi pada hari itu.