Brilio.net - Di samping membutuhkan kesiapan material dan mental, pernikahan juga punya aturan-aturan yang harus dipenuh. Dari segi hukum, misalnya, ada regulasi yang mengatur hubungan perkawinan di suatu masyarakat. Ada pula adat yang mengatur pernikahan agar sesuai nilai budaya. Tak kalah penting, bagi yang beragama, ada kaidah yang juga harus dipatuhi.

Kesannya hal tersebut bikin pernikahan jadi sangat rumit. Padahal, aturan-aturan tersebut sebetulnya punya tujuan masing-masing. Tujuan itu bahkan bisa membawa pada kebaikan jika dilakukan di tempat dan waktu yang tepat.

Misalnya saja, menikah dengan saudara sendiri tak diperbolehkan oleh kepercayaan tertentu karena berpotensi kelainan genetik pada keturunan. Lalu bagaimana dengan menikahi sepupu? Jawabannya: ada banyak pendapat.

Keragaman pendapat itu dapat dilihat pada kontroversi sebuah video TikTok unggahan @andirizkywulandarii, dilansir brilio.net pada Kamis (14/12). Dalam video itu, pengunggah memperlihatkan momen dirinya dilamar oleh sepupunya sendiri.

Kontroversi wanita dilamar sepupu  © TikTok

Kontroversi wanita dilamar sepupu
TikTok/@andirizkywulandarii

Pengunggah yang merupakan wanita berdarah Bugis itu lantas menikah dengan sepupunya pada 16 September 2021. Hal itu dapat dilihat pada unggahannya yang lain. Dalam video itu, dia menulis "15 Sept 2021 Masih Sepupuku, 16 Sept 2021 jadi suamiku."