Brilio.net - Memberikan amplop atau kado di momen pernikahan sudah menjadi tradisi di Indonesia. Dibandingkan kado, sekarang ini orang lebih senang membawakan amplop yang diisikan uang sesuai kemampuan masing-masing. Tentunya amplop berisi uang diberikan sebagai bentuk ucapan selamat dan doa untuk kedua mempelai.

Selain itu, tradisi ini juga sebagai bentuk dukungan finansial bagi kedua mempelai untuk memulai kehidupan baru. Terlebih, masyarakat Indonesia masih sangat peduli dengan lingkungan sekitar, sehingga kegiatan tersebut juga bagian dari solidaritas sosial masyarakat.

Nominal uang yang diberikan dalam amplop biasanya disesuaikan dengan kemampuan tamu undangan. Namun, tidak jarang juga yang memberikan uang sesuai dengan biaya konsumsi pernikahan. Karena berdasarkan keikhlasan masing-masing jadi nominalnya pun kerap disembunyikan. Oleh karenanya dimasukkan ke dalam amplop.

Banyak yang menulis namanya di amplop kalau dia meras cukup percaya diri dengan nominal yang diberikan. Namun ada pula yang enggan menuliskan namanya. Barangkali merasa tidak percaya diri atau malu, lantaran nominal yang diberikan. Seharusnya ini tidak menjadi persoalan dan dibiarkan menjadi rahasia mempelai dan keluarga saat prosesi pembukaan amplop.

Namun, yang terjadi pada sebuah pernikahan yang viral di TikTok ini justru berbeda. Akun @hermawatiemah3 membagikan sebuah video yang menggambarkan bahwa dia sedang hadir di pernikahan. Awalnya tentu tidak heran karena posisinya saat itu sedang mengantri mengisi buku tamu.

Namun, yang mengejutkan bukan kehadiran tamu saja yang dicatat, panitia penjaga meja tamu itu langsung membuka amplop yang baru saja diberikan tamu. Hal ini tentu membuat tamu canggung, terlebih bila jika memberikan sumbangan dengan nominal kecil.