amplop dicatat © TikTok

amplop dicatat
TikTok/@hermawatiemah3

Tampak di video, setelah amplop tersebut dibuka, panitia langsung mencatat nominal dan siapa yang memberi. Setelah itu mereka memasukkannya dalam sebuah kaleng biskuit. Wanita yang membagikan video tersebut pun mengaku bahwa kondangan kali ini sungguh melatih mental.

"kondangan ke sini kena mental gaes. Amplopnya langsung dibukain, kalau nggak receh bisa langsung dikembalikan. Fokus juga sama kotak duitnya," tulis wanita tersebut pada caption.

Video ini pun viral dan menjadi perhatian netizen. Banyak yang bercerita bahwa hal catat-mencatat nominal amplop tersebut kerap terjadi di berbagai daerah. Tujuannya, ketika suatu hari nanti yang memberi melaksanakan hajatan bisa dibalas dengan nominal yang sama. Lebih baik kalau lebih.

"Kalau di aku udah kaya adat lagi. Jadi nanti kalau kita yang hajatan di jadiin utang kalau kita ngamplop 100 nanti harus dibayar 100 juga kak," kata akun @.ipit1.

amplop dicatat © TikTok

amplop dicatat
TikTok/@hermawatiemah3

Selain itu netizen juga menyoroti cara mencatatnya yang langsung di meja tamu. Banyak netizen yang menganggap bahwa hal tersebut sebenarnya sah-sah saja asal dilakukan di belakang layar. Maksudnya ketika acara sudah selesai.

Netizen pun menganggap bahwa ini seperti warung makan berkedok acara nikahan. Pasalnya tamu yang datang bak makan dan membayar di meja kasir. Mereka menganggap bahwa perilaku sebenarnya kurang etis. Tapi ada juga yang memaklumi kalau beda tempat mungkin memang beda tradisi.

"Artinya bukan hajatan tapi buka warung nasi dadakan," komentar akun @mamaaisyah78

"Kalau ini sih harusnya undangannya jangan ditulis mohon doa restu, tapi mohon sumbangannya," kata akun @chikameongg

"Kalau kayak gini harus di tempat tertutup yang tamu ga boleh liat," ujat akun @wiwwiw46

"Tapi ada juga yang amplopnya langsung dibuka terus diumumkan nominalnya pake pengeras suara di depan tamu undangan," ungkap akun @arliyanakeke.

amplop dicatat © TikTok

amplop dicatat
TikTok/@hermawatiemah3

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @hermawatiemah3 sudah menghimpun 1.1 juta penonton. Selain itu terdapat juga 4729 akun yang memberikan like dan 480 komentar.

@hermawatiemah3

 

suara asli -