Brilio.net - Hampir setiap tahun, lagu bertema Lebaran diputar di momen Idul Fitri. Lagu tersebut karya para musisi terkenal dalam satu dekade terakhir. Lagu Lebaran juga telah diproduksi sejak berpuluh tahun lalu bahkan di awal kemerdekaan Indonesia.

Tak jarang para musisi Tanah Air juga memberikan pesan dalam setiap liriknya. Lagu-lagu Lebaran legendaris tersebut seakan tak lekang oleh zaman. Seperti lagu yang diaransemen ulang oleh beberapa musisi seperti Gigi, Ungu dan sederet musisi lain.

Lalu, apa saja lagu-lagu tersebut? Bagaimanakah fakta di baliknya? Berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Minggu (26/5).

1. Hari Lebaran - Ismail Marzuki.

 

Lagu ini direkam pertama kali pada 1950-an. Ada dua versi mengenai penyanyi pertama lagu Hari Lebaran. Versi pertama dinyanyikan oleh grup vokal Lima Seirama di Radio Republik Indonesia (RRI) pada 1952. Adapun versi yang kedua dilantunkan oleh Didi & Kwartet Mascan. Pada intinya, setelah kemunculannya pertama kali lagu Hari Lebaran langsung dikenal publik hingga hari ini.

2. Lebaran - Oeslan Husein.

 

Lagu berjudul Lebaran ini dinyanyikan pertama kali oleh Oeslan Husein dalam album "Hanja Ada Satu". Penyayi tahun 50-an ini kerap melantunkan lagu bernuansa Minang. Karyanya yang cukup terkenal adalah "Kampuang Nan Jauh di Mato".

Lagu Lebaran karya Oeslan terkenal hingga Singapura dan Malaysia. Lagu ini diciptakan oleh Orkes Widjaja Kusuma pimpinan M. Jusuf yang mengutip dari Irama Nusantara. Lebaran kerap dinyanyikan ulang oleh musisi Tanah Air seperti Tasya Kamila.

3. Ngawinin - Benyamin Sueb.

 

Lagu ini diciptakan oleh Benyamin Sueb. Pada lagu ini ia menceritakan beberapa tema termasuk soal momen Lebaran. Seniman Betawi yang lahir di Kemayoran, 5 Maret 1939 ini bercerita tentang aktivitas Lebaran. Dengan lihainya, Benyamin mengaitkan momen Lebaran disambungkan dengan tema perkawinan.

4. Lebaran Sebentar Lagi - Bimbo.

 

Lagu ini dipopulerkan oleh grup musik Bimbo. Lagu milik grup yang terbentuk sejak 1967 ini sangat populer di masyarakat. Lagu bercerita tentang serangkaian ibadah dari bulan Ramadan hingga hari kemenangan. Beberapa musisi pernah menyanyikan ulang seperti Gigi dan kolaborasi tiga penyanyi Afgan, Andien dan Giring.

5. Selamat Lebaran - Dhea Ananda.

Lagu Selamat Lebaran dilantunkan oleh penyanyi cilik Dhea Ananda. Lagu ini sangat populer di masyarakat pada era 1990-an. Nadanya yang ceria dan penampilan Dhea Ananda yang energik menjadikan lagu ini hits terlebih di kalangan anak kecil.