Brilio.net - Tinggal menghitung hari, tradisi mudik jelang Lebaran akan berlangsung. Sejak jauh-jauh hari masyarakat sudah mulai membeli tiket baik untuk perjalanan udara maupun perjalanan darat.

Momen mudik Lebaran juga tak hanya dijadikan sebagai momen berkumpul bersama keluarga tapi juga sebagai momentum untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang dilalui oleh para pemudik.

Menteri Pariwisata mengakui bahwa kunjungan wisnus saat Ramadan turun hingga 50 persen. Namun saat momen mudik meningkat dua kali lipat.

"Selamat Ramadan, jumlah wisnus hanya 10 juta, tapi ketika mudik tambah 20 juta total 30 juta," ujarnya saat ditemui media dalam acara peluncuran pesona Ramadhan di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta.

Oleh sebab itu, lanjutnya, pihak Kementerian terus berupaya memanfaatkan momen ini. Salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan Pesona Mudik 2019. Beberapa kegiatan yaitu Lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019, Info 10 Top Kuliner dan 10 Destinasi Mudik serta Pesona Mudik 2019 Co Branding.

Loading...

“Tahun ini, Kemenpar juga mengadakan lomba untuk kaum milenial yaitu lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019. Dengan mengikuti lomba ini mereka dapat mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur lebaran,” jelas Menpar.

Selain itu, tempat destinasi dan kuliner yang masuk dalam Top 10 Kuliner dan Top 10 Destinasi sendiri dipilih berdasarkan kombinasi nilai dari aplikasi TripAdvisor, Google Maps, dan Google Local Guide. Daftar tempat ini juga sudah melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh tim Generasi Pesona Indonesia (Genpi) serta dikurasi oleh Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar.

Pada 2019, diperkirakan ada sekitar lebih dari 20 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik. Melalui program tahunan ini, para “Mudikers” bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang tempat wisata dan kuliner di daerahnya melalui media digital. Di sisi lain, kegiatan mudik juga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi daerah melalui berbagai aktivitas wisata.

Melihat animo yang sangat tinggi dari masyarakat, Menpar Arief pun menargetkan akan banyak pemudik yang mengikuti kegiatan ini.

"Ternyata yang jumlah ikut foto sampai hari ini 5 ribu, terlihat tinggi sekali animomya dan kita targetkan sampai akhir program ini yaitu 10 Juni mencapai 10 ribu jumlah foto," ucapnya.