Brilio.net - Profesi YouTuber atau kreator konten kini tak bisa dipandang sebelah mata. Meski terlihat mudah, profesi yang digandrungi kaum millenial ini nyatanya membutuhkan ide kreatif untuk menarik penonton.

Seorang YouTuber dituntut selalu membuat konten dengan ide-ide baru dan fresh. Semakin unik, biasanya video itu akan semakin sering ditonton dan mendatangkan banyak subscriber.

Sama halnya yang dilakukan beberapa YouTuber Indonesia seperti Ria Ricis, Risa Saraswati, hingga Reggie Prabowo atau lebih dikenal Miawaug. Mereka berhasil mencuri perhatian jutaan orang dengan konten yang khas. Disertai segala kreativitas pengemasan konten yang ciamik, tak salah jika mereka digaet tampil dalam YouTube FanFest 2019.

Ajang tahunan tersebut menjadi wadah para fans dan kreator konten berinteraksi langsung bahkan berkolaborasi. Kabar baiknya, semangat kolaborasi ini didukung IM3 Ooredoo lewat kampanye Collabonation - Freedom to Collaborate. Berlangsung di lima kota besar Indonesia, IM3 Ooredoo Collabonation x YouTube FanFest berikan generasi muda kebebasan berkolaborasi dan berkreasi bersama kreator konten favorit.

Setelah mampir ke Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, IM3 Ooredoo Collabonation x YouTube FanFest singgah di Makassar pada 16-17 November kemarin. Berlangsung di Claro Hotel Ballroom, panggung YouTube FanFest 2019 semakin meriah saat para YouTuber dari berbagai bidang menyapa para penggemar.

Nah, kira-kira siapa deretan YouTuber keren dengan konten khas yang tampil dalam IM3 Ooredoo Collabonation x YouTube FanFest? Lalu, seunik apa ide konten mereka yang mencuri perhatian jutaan orang? Berikut rangkumannya yang dilansir Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (25/11).

1. Jurnal Risa.

Ide unik 7 kreator  © 2019 Instagram

foto: Instagram/@tim_jurnalrisa

Konten berbau horor selalu berhasil menarik rasa penasaran banyak orang. Hal ini diaplikasikan pada konten Jurnal Risa yang biasanya melakukan kunjungan ke sebuah tempat yang dianggap angker.

Risa Saraswati dan timnya yang kebanyakan dapat melihat makhluk halus membuat konten video semakin menarik ditonton. Terbukti, hingga kini Jurnal Risa sudah memiliki 3,27 juta subscriber. Risa dan tim juga hadir di panggung YouTube FanFest 2019 di Bandung pada 21-22 September lalu.

2. Kery Astina.

Ide unik 7 kreator  © 2019 Instagram

foto: Instagram/@keryastina

Memiliki minat dan bakat di dunia musik, Kery Astina tak hanya menampilkan konten musik mainstream. Cowok asal Bandung ini dikenal dengan konten parodi musik Tanah Air dan mancanegara.

Berkat kreativitas, beberapa konten parodi buatan alumni YouTube NextUp ini ditonton belasan hingga puluhan juta orang. Akun YouTube-nya pun sudah memiliki 2,11 juta subscriber. Sama seperti Jurnal Risa, Kery juga datang di YouTube 2019 di Bandung.

3. Reggie Prabowo/Miawaug.

Ide unik 7 kreator  © 2019 Instagram

foto: Instagram/@miawaug

Mengikuti tren kerap jadi cara mudah mendapat jutaan penonton. Namun tidak dengan Reggie Prabowo. YouTuber asal Manado ini menyuguhkan konten game antimainstream.

Alih-alih mengikuti tren game yang sedang ramai dimainkan, Reggie atau yang lebih dikenal dengan nama Miawaug, justru memilih game-nya sendiri. Meski begitu, ia berhasil membuktikan dirinya tak kalah dengan YouTuber gaming lain. Kini ia telah mempunyai 6,28 juta subscriber.

Oh ya, kreator yang sering menyisipkan tips dan spesifikasi peralatan gaming ini juga tampil di panggung YouTube FanFest 2019 di Makassar.

4. BATS Channel.

Ide unik 7 kreator  © 2019 Instagram

foto: Instagram/@bats_channel

Mengusung konsep channel bersama, BATS Channel kini lebih dikenal dengan film pendek dengan gaya cerita tutur ala orang Jawa Timur. Berdiri pada November 2018, BATS Channel terdiri dari beberapa teman masa kecil dari sebuah desa di Tulungagung yang sama-sama terjun di dunia entertainment.

Masih terbilang baru, BATS Channel berhasil menunjukkan eksistensinya sebagai kreator konten. Terbukti, kini BATS Channel sudah memiliki 1,79 juta subscriber. Bahkan mereka juga turut serta dalam kemeriahan YouTube FanFest 2019 di Surabaya pada 5-6 Oktober kemarin.

5. Ricis official.

Ide unik 7 kreator  © 2019 Instagram

foto: Instagram/@riaricis1975

Dijuluki sebagai ratu YouTuber Indonesia, Ria Ricis hingga kini sudah berhasil mengumpulkan 17,1 juta subscriber pada akun YouTube-nya. Ciri khas konten adik Oki Setiana Dewi ini terletak pada pembawaannya yang selalu ceria dan heboh.

Selain itu, cewek 24 tahun ini juga sempat menghebohkan YouTube dengan video squishy yang membuat dirinya dikenal banyak orang. Cewek yang akrab disapa Ricis ini hadir di dua kota YouTube FanFest 2019, yaitu Yogyakarta dan Makassar.

6. Londo Kampung.

Ide unik 7 kreator  © 2019 Instagram

foto: Instagram/@londokampung

Bule asal Australia ini nggak kalah jago berbahasa Jawa dibanding orang lokal. Ya, pria bernama asli Dave Andreww Jepchott ini sangat fasih berbahasa Jawa, bahkan ia juga punya aksen Jawa sangat medok.

Dave mencoba peruntungannya di YouTube dengan membuat konten menyanyikan lagu dalam bahasa Jawa. Tertarik menjadi kreator, Dave mulai sering mengunggah konten-konten unik dan menghibur, seperti video prank.

Kini ia memiliki 2,59 juta subscriber. Dave juga berkesempatan hadir di YouTube FanFest 2019 di Surabaya dan sempat berkolaborasi dengan BATS Channel.

7. Panji Petualang.

Ide unik 7 kreator  © 2019 Instagram

foto: Instagram/@panjipetualang_real

Banyak menaklukkan hewan liar dan buas seperti ular, jadi daya tarik yang disuguhkan Muhammad Panji dalam YouTube. Konten YouTube Panji saat masuk ke dalam kandang buaya bahkan ditonton lebih dari 14 juta orang.

Tergolong tindakan ekstrem, Panji selalu menyisipkan pesan untuk tidak mencoba hal yang dilakukannya. Meski sering menampilkan interaksi dengan hewan buas, Panji sudah memiliki 2,72 juta subscriber. Ia juga hadir dalam YouTube FanFest 2019 di Bandung.

Ide unik konten ketujuh kreator tadi tentu jadi inspirasi tersendiri buat kamu yang juga ingin seperti mereka. Lebih dari sekadar terinspirasi, anak-anak muda yang ingin jadi YouTuber atau kreator konten bisa ketemu sekaligus dapat ilmu langsung dari ahlinya dalam YouTube FanFest 2019.

Keseruan YouTube FanFest nggak berhenti di Makassar. Para YouTuber akan kembali menyapamu di YouTube FanFest Jakarta pada 29 November mendatang. Sama seperti di kota-kota lain, kamu juga berkesempatan bertemu langsung dan berkolaborasi dengan YouTuber favoritmu.

Tak kalah seru, IM3 Ooredoo sebagai partner Collabonation x YouTube FanFest juga mengajak para pengunjung menunjukkan karya terbaik lewat kolaborasi dengan sesama kreator. Pengunjung YouTube FanFest 2019 tiap kota bisa bereksperimen membuat konten ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) di IM3 Ooredoo booth.

Penasaran seperti apa kolaborasi IM3 Ooredoo Collabonation x YouTube FanFest? Yuk cek di link berikut ini.

Jangan lewatkan juga, untuk mendukung aktivitas media sosialmu, IM3 Ooredoo menyediakan paket Freedom Internet. Paket terbaru dengan kuota besar ini bisa digunakan untuk eksplor ide kreatif dan nelpon sepuasnya. Nah, untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi *123# dan melalui aplikasi myIM3 di smartphonemu.

 

(brl/tin)

(brl/tin)