Brilio.net - Salah satu tuntutan dalam hidup berumah tangga adalah bisa mengatur keuangan keluarga sebaik mungkin. Katakanlah dari pendapatan yang masuk tiap bulan, bagaimana menganggarkan uang tersebut ke pos dana kebutuhan dan lain-lain agar semua tercukupi.

Seorang ibu muda anak satu membagikan bagaimana dia mengelola keuangannya tiap bulan dengan gaji suami yang hanya Rp 2,3 juta. Lewat postingan foto di akun TikTok-nya @mommyarkaaa, dia menyebutkan beberapa biaya pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan tiga orang.

frugal living 2 juta © TikTok

foto: TikTok/@mommyarkaaa

Karena masih memiliki bayi, jadi ada biaya untuk membeli pampers tidak sampai lebih dari Rp 200 ribu per bulan. Sementara itu, untuk kebutuhan masak, dia selalu membeli di pasar. Anggaran belanja masakan setiap minggunya kisaran Rp 100 - Rp 150 ribu.

Walau gaji pas-pasan, keluarga kecil ini masih bisa menikmati hidup dengan membeli jajan di luar. Mereka biasanya menghabiskan uang sekitar Rp 50 ribu untuk makan dan antara Rp 50 - Rp 100 ribu untuk rekreasi atau liburan.

frugal living 2 juta © TikTok

foto: TikTok/@mommyarkaaa

Wanita ini juga memberitahu anggaran bensin setiap bulannya cuma Rp 150 - Rp 200 ribu. Banyak warganet yang skeptis dan penasaran soal duit bensin. Sebab mengingat harga per liter bensin yang nggak murah, jadi besar kemungkinan uang bensin per bulan bisa lebih dari Rp 200 ribu.

Kok bisa ya bensin sebulan 150 smpe 200 ribu?" tanya pemilik akun Nurjannah.