Berdasarkan penjelasan akun @mommyarkaaa dalam postingan lain, ternyata motor yang mereka punya tidak selalu dipakai untuk mobilitas. Suaminya bekerja kadang menggunakan motor, sesekali dijemput menggunakan jemputan kantor.

"Suami seminggu kerja blm tentu bawa motor bund. Kadang di jemput pake mobil kantor, kadang bawa motor sendiri. itu pun kalo pas jarang bawa motor ga sampe 200rb perbulan jatah bensinnya," terang @mommyarkaaa.

frugal living 2 juta © TikTok

foto: TikTok/@mommyarkaaa

Belanja bulanan untuk kebutuhan tiga orang menghabiskan Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu per bulan. Dia juga masih bisa menyisihkan uang sekitar Rp 50 - RP 70 ribu untuk membeli kado keponakan, yang dikumpulkan tiga kali dalam setahun dan baju anak Rp 50 tiap bulan.

Kebutuhan lain dari keluarga kecil ini yaitu biaya WiFi Rp 100 ribu per bulan dan paketan untuk satu HP dengan biaya Rp 60 ribu.

frugal living 2 juta © TikTok

foto: TikTok/@mommyarkaaa

Agar tetap hemat dengan gaji di bawah Rp 2,5 juta, Ibu muda ini menerapkan food preparation atau akrab disebut food prep untuk kebutuhan makan sehari-hari. Dalam sehari dia bisa masak 2 kali dengan lauk dan sayur sederhana.

Wanita ini juga masih bisa menabung untuk keperluan lain seperti THR Lebaran, slametan, dan ganti plat yang dijatah kurang lebih Rp 400 ribu per bulan. Sisa uangnya dipakai untuk uang listrik sebesar Rp 200 - Rp 250 ribu per bulan dan menjatah untuk uang jajan suaminya sekitar Rp 200 ribu per bulan.

frugal living 2 juta © TikTok

foto: TikTok/@mommyarkaaa

Selain uang bensin, jatah uang jajan suami juga ikut dikomentari oleh warganet. Banyak warganet yang keheranan, bagaimana bisa jatah untuk sang suami kurang dari Rp 500 ribu perbulan. Menanggapi hal tersebut, pemilik akun menjelaskan jika angka tersebut sebanding dengan gaji yang diterima.

Gajinya alhamdulillah cuma 2,3 juta bund. kalo ku jatah lebih dari itu. aku yang nangis di pojokan," tulis pemilik akun menanggapi.

frugal living 2 juta © TikTok

foto: TikTok/@mommyarkaaa

Meski tidak dijelaskan detail pekerjaan sang suami, namun wanita itu mengatakan bahwa gaji suaminya nggak sampai UMK Jember yang kini sudah sekitaran Rp 2,5 juta. Mengingat pendapatan keluarga ini pas-pasan, ibu muda itu mengaku punya bisnis jualan di online shop untuk menambah pemasukan.

Karna aku tau setiap bulannya gaji suamiku selalu press, makanya aku jualan online bund buat bisa jajan. kalo lagi rame2nya alhamdulillah bisa hura2 hampir tiap hari," tulisnya dalam kolom komentar.

frugal living 2 juta © TikTok

foto: TikTok/@mommyarkaaa

Postingan @mommyarkaaa tentang biaya hidup dan cara mengatur keuangannya itu seketika ramai ditonton hingga lebih dari 3 juta kali postingan itu ditayangkan. Komentar dari warganet juga sudah menembus 10 ribu. Banyak warganet yang ternyata tersinggung dengan kata-kata @mommyarkaaa yang menyebut "gaji 2,3 juta ditangan istri yang tepat".

Gue yg 5jt perbulan , anak 2 +uang kerja sampingan total bisa 6,5jt perbulan tp msih kurang bkn krn gue istri yg tdk tepat tp bnyk kperluan tiba²," ujar Din.

Maaf ya mbk lebih tepatnya bukan ditangan istri yg tepat tapi di daerah tempat tinggal yg tepat, krna standart harga tiap daerah berbeda," komentar July Sundari Sanjaya.

"Tus maksudnya nih kalau kita istri dapet 2.3 juta ternyata gak cukup brarti kita bukan istri yg tepat dan baik gitu ya??" tanya Deonis Heru Bayu.

Apa tergantung daerah yaa? karena jujur aja hidup berdua sama suami lebih dari itu pengeluarannya.." kata Kukuruyuk.