Brilio.net - Sudah bukan jadi rahasia lagi jika semakin dewasa seseorang, kebutuhan hidup akan semakin meningkat. Maka dari itu, biaya hidup yang dibutuhkan juga cukup besar. Mulai dari keperluan bensin, internet, kosan, dan masih banyak lainnnya.

Kita harus pandai-pandai mengelola keuangan kita agar dapat tetap hidup meski harus ngirit. Apalagi bagi anak kosan, menjalani hidup hemat jadi kebutuhan yang harus dilakukan. Jangan sampai akhir bulan menderita karena kehabisan uang.

Hidup ngirit alias frugal living ala anak kos rupanya dilakukan oleh pemilik akun TikTok @fikriferdiyansyah. Hanya dengan uang Rp 1 juta rupiah saja ia sudah dapat hidup ngekos saat kuliah dulu.

"Jadi gue dikirimin uang sama orang tua gue tuh 1 juta pas. Bayar kosan 700 dan sisanya itu buat belanja gua dan itu pun gua pas satu bulan," jelasnya, dikutip brilio.net pada Jumat (1/9).

frugal living anak kos Rp 300 ribu sebulan © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@fikriferdiyansyah

Padahal, saat itu pemilik nama Fikri ini tinggal di Kalimantan. Ia harus pandai-pandai mengatur uang untuk hidup hanya dengan Rp 300 ribu sebulan. Itu sudah menutup kebutuhan bensin bulanan.

"Oh iya FYI, gue tinggal di Kalimantan. Kalian tahu kan barang-barang di Kalimantan tuh mahalnya. Nah jadi gini cara gua ngaturnya. Nah yang pertama tuh uang bensin dulu ya. Uang bensin tuh gua bisa 50 ribu itu sudah cukup sebulan karena gua cuman jalan kalau misalnya ke sekolah doang, gitu doang," jelasnya.

Sementara itu, untuk membeli makan ia sudah menyediakan beras bulanan sebanyak 5 kilogram sebulan. Untuk lauk harian ia sering membeli makan ayam kecap balado dengan harga Rp 10 ribu mendapatkan dua potong.