Brilio.net - Tren frugal living, yang merupakan gaya hidup hemat dan bijak dalam mengelola keuangan, telah mendapatkan perhatian yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Konsep ini mendorong individu untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, menghindari pemborosan, dan fokus pada kebutuhan esensial.

Namun, dalam pelaksanaannya, tren frugal living sering kali diartikan secara salah kaprah, mengakibatkan pandangan yang terdistorsi dan bahkan merugikan. Perlu disadari bahwa frugal living bukanlah tentang menahan diri secara ekstrem atau mengorbankan kualitas hidup, melainkan sebuah pendekatan seimbang untuk mengelola keuangan dengan bijak.

Seperti postingan yang beberapa bulan lalu pernah viral, karena bisa membeli rumah dan mobil dari frugal living. Tanpa memberikan penjelasan yang gamblang, informasi yang disampaikan wanita tersebut jadi tidak lengkap dan mengundang keributan di TikTok. Banyak warganet yang kemudian berkomentar tentang postingan tersebut, salah satunya akun ini.

Brilio.net melansir dari akun TikTok @janelyrasma12, Jumat (25/8), seorang ibu rumah tangga mengaku penasaran bagaimana bisa gaji Rp 3,5 juta bisa membeli rumah dan mobil di awal-awal pernikahan.

gagal frugal living © TikTok

foto: TikTok/@janelyrasma12

"jadi kemarin aku lihat postingan mbak-mbak ini tentang frugal living. Sumpah, aku tuh heran banget sampai aku hitung-hitung sendiri, dia kok bisa?" ungkapnya dalam video.

Karena rasa penasaran itu, akhirnya ibu tiga anak ini mencoba menerapkan frugal living ekstrem ala mbak-mbak yang dimaksud. Seperti tidak menggunakan alat penanak nasi, pergi ke mana-mana dengan motor, mematikan kulkas, dan sebagainya.

gagal frugal living © TikTok

foto: TikTok/@janelyrasma12

"Terus kemarin aku mau nerapin frugal living-kan. Nggak pakai kulkas, nggak pakai AC, nggak pakai magicom, terus ini kita mau keluar pakai motor biar irit," ujarnya.