Namun apa yang terjadi justru bikin ibu muda ini ngenes. Baru keluar seharian bersama anak dan suami, uang yang dikeluarkan lebih banyak dibanding yang disimpan. Semua pengeluaran itu lari untuk jajan suami dan anak-anak.

gagal frugal living © TikTok

foto: TikTok/@janelyrasma12

"nah pas pulang, suami aku bilang pengen beli crepes awalnya. Eh terus empek-empek. Eh, terus beli es kocok. Akhirnya jajannya banyak banget, gimana kita mau nerapin frugal living?" katanya.

Karena ujung-ujungnya duit habis untuk jajan, alhasil frugal living ekstrem supaya ke beli rumah jadi gagal. Meski begitu, ibu muda tersebut nggak berarti ugal-ugalan dalam mengeluarkan uang.

Dalam postingan video lainnya, dia mengatakan bahwasanya dia dan suami sudah menerapkan hidup hemat. Caranya dengan menaikkan pendapatan dan tetap hidup secukupnya versi mereka.

gagal frugal living © TikTok

foto: TikTok/@janelyrasma12

"sebenernya sebelum frugal living ini viral. Aku sama suami juga ngejalanin frugal living. Frugal living yang kami jalani adalah tidak merubah gaya hidup walaupun pemasukan kami bertambah," pungkasnya.

Video yang dibagikan oleh @janelyrasma12 ini mendapat perhatian cukup banyak dari warganet. Mayoritas setuju dengan statement wanita tersebut dan memberikan pendapatnya tentang frugal living versi mereka.

"aku daripada harus hemat2 , mending mikir gmn caranya dapet pemasukan banyak aku jualan Alhamdulillah ga harus hemat untuk beli2 , MasyaAllah," ujar dezty92.

"ternyata sama. suami jajananya lebih banyak dari aku. kata orang2 krna gak merokok. jadi bnyak ngemil," kata yenias_buahzuriatolshop.

"iya kak , agak susah nerapin nya . sementara bahan2 pokok pd mahal2 semua ," ungkap Fitri rahayu.

"bener benget kak ngakak aku denger akhirnya krna suami aku juga begitu," timpal Endah Lestari.

"ini lebih masuk akal sih kak udah ada anak, makan yg jadi kebutuhan pokok jangan diirit2 ya ," tambah Mee_.