×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cerita menyentuh di balik foto ruang doa dua agama yang viral

View Image

0

BRILIO » Wow

Cerita menyentuh di balik foto ruang doa dua agama yang viral

Simpan pesan mendalam.

29 / 04 / 2019 20:50

Brilio.net - Indonesia dikenal dengan masyarakatnya yang beragam. Mereka lahir dari budaya yang berbeda, punya bahasa daerah yang berbeda pula, serta agamanya juga beragam. Setidaknya ada enam agama yang diakui di Indonesia yakni Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu.

Keberagaman agama ini juga terkadang menjadi hal yang sangat sensitif dibahas oleh masyarakat. Tidak jarang perselisihian antar umat beragama terjadi. Namun berkat penduduknya yang toleransi, hingga kini Indonesia masih baik-baik saja dengan perbedaan tersebut.

Belakangan ini warganet Indonesia dibuat adem dengan viralnya potret dua ruang agama berbeda yang bersebelahan. Dua ruang doa yang bersebelahan itu diperuntukkan untuk umat muslim dan Katolik. Di dalamnya juga terpotret ada dua orang yang sedang melakukan ibadah sesuai dengan agama yang dipeluk masing-masing.

Foto yang dijepret oleh pemilik akun Instagram @mohrezago ini diambil di Rumah Sakit Elisabeth, Purwokerto. Lewat akun Instagram miliknya, fotografer bernama Mohammad Reza ini menceritakan bagaimana cerita sampai bisa mengambil foto dengan makna mendalam ini.

Awalnya saat menemukan dua ruang ibadah ini, Reza menceritakan kalau saat itu sedang tidak membawa kameranya. Namun ketika kesempatan kedua mengunjungi ruang doa di sudut Rumah Sakit Elisabeth ini, ia beruntung karena kedua ruang sedang digunakan.

Loading...

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Indonesia seharusnya... #Repost from @htrgnc with @regram.app ... “This photograph was taken in Elisabeth Hospital in Purwokerto, it was praying rooms for catholics and muslims located next to each others. It is quite rare to find something like this. When I first went there, it was during praying time, unfortunately I did not bring camera. The next time I went there, I was lucky: both rooms were being used.” . “I applaud the hospital for providing these rooms for praying, for not neglecting the needs of the people in the hospital to communicate spiritually with God. And the placing of these rooms shows the beauty of living in harmony and peace.” . “I was born and raised in Purwokerto, active on several photography community in Purwokerto and Salatiga. I enjoy doing documentary and street photography. Currently I am a freelance photographer.” @mohrezago

A post shared by Mohammad Reza Gemi Omandi (@mohrezago) on

"Foto ini diambil di Rumah Sakit Elisabeth di Purwokerto. Ada dua ruang doa untuk orang katolik dan muslim yang lokasinya bersebelahan. Saat pertama kali ke sana, sayang sekali aku tidak membawa kamera. Kedua kalinya saya ke sana, saya beruntung: kedua ruangan sedang digunakan," ujar Reza seperti brilio.net kutip pada Senin (29/4).

Pada foto yang viral di media sosial terlihat ruangan sebelah kiri diisi oleh orang yang sedang bersimpuh di lantai. Sementara di sebelahnya ada muslim yang sedang melaksanakan salat. Tak butuh waktu lama Reza langsung mengeluarkan kamera dan mengabadikan momen langka tersebut.

Meski hanya sebuah foto yang diam tidak bergerak ataupun bersuara, potret ini membawa pesan yang dalam. Menurut Reza, pujian harusnya diberikan untuk pihak rumah sakit yang menyediakan ruang untuk kebutuhan orang untuk berkomunikasi dengan Tuhannya.

"Saya memuji pihak rumah sakit yang menyediakan kamar-kamar doa ini. Mereka tidak mengabaikan kebutuhan orang-orang rumah sakit untuk berkomunikasi secara rohani dengan Tuhan. Penempatan kamar ini juga menunjukkan keindahan hidup dalam harmoni dan kedamaian," cerita Reza.

Sejak diunggah pada beberapa hari lalu, foto ini viral hingga banyak diunggah ulang oleh banyak akun di media sosial. Banyak warganet yang memuji hasil fotografi karya pria asal Purwokerto ini.

"Selamat bro, inspirasi bgt memang," ungkap akun @brianooconner.

"Terharu dan tersentuh hatiku," kata akun @farreladityow.

"Kita damai dan rukun selalu," tulis akun yasanhalawa95.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    80%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    10%

  • Love

    10%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more