×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Perpustakaan kuno ini paling menakjubkan di dunia

View Image

0

BRILIO » Wow

7 Perpustakaan kuno ini paling menakjubkan di dunia

Ada yang masih beroperasi hingga kini.

08 / 05 / 2019 18:08

Brilio.net - Perpustakaan merupakan gudang ilmu pengetahuan. Terdapat berbagai macam rujukan keilmuan yang dihadirkan untuk memperluas wawasan sang pembaca. Kehadiran perpustakaan tak hanya mencirikan keilmuan sang pencetusnya, namun juga cerminan peradaban negeri.

Sejak dulu, perpustakaan menjadi tempat para cendekiawan bertukar pikiran dan berbagi pengetahuan. Perpustakaan juga kerap digunakan sebagai tempat bersatunya ilmuan di seluruh dunia. Terlebih lagi jika perpustakaan tersebut telah berdiri dari berabad-abad yang lalu.

Perpustakaan menjadi peninggalan sejarah yang bernilai tinggi dengan modal bangunan yang kokoh, isi rujukan yang begitu lengkap, hingga latar belakang berdirinya perpustakaan tersebut. Sayangnya, kini perpustakaan kuno tak banyak yang masih berdiri megah. Banyak perpustakaan yang hancur karena perang maupun kondisi alam. Koleksi perpustakaan pun ada yang habis tak bersisa.

Kali ini, brilio.net mengajak kamu untuk mengetahui 7 perpustakaan kuno yang paling menakjubkan di dunia. Mulai dari perpustakaan yang tinggal puing reruntuhan bangunan, maupun yang masih beroperasi hingga kini. Berikut dikutip dari istamaze.com pada Rabu (8/5).

1. Libraries of Trajan's Forum.

Loading...

perpustakaan kuno di dunia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nadya.ruk

Perpustakaan yang megahnya nomor wahid adalah Libraries of Trajan's Forum yang berada di Turki. Pepustakaan tersebut dibangun pada 112 M oleh Kaisar Trajan di tengah Kota Roma.

Bangunan itu sendiri dibagi menjadi dua. Struktur kembar berisi banyak teks dan karya dalam bahasa Yunani dan Latin. Di tengahnya, ada sebuah monumen besar yang didirikan untuk memberi penghormatan kepada banyak kemenangan militer sang raja. Kamar-kamar perpustakaan dirancang dengan penuh gaya dengan granit dan marmer.

Bahkan, hinga kini perpustakaan tersebut masih menjadi perdebatan sampai hari ini. Perpustakaan berisi lebih dari 20.000 koleksi gulungan. Satu-satunya referensi yang membahas perpustakaan tersebut dari abad ke-5 Masehi.

2. The Celsus Library.

perpustakaan kuno di dunia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ukhiev

Pada sekitar 120 AD Tiberius Julius Celsus Polemaeanus selesai membangun perpustakaan memorial untuk ayahnya di kota Ephesus (Turki modern). Bangunannya masih megah berdiri sampai hari ini dengan tangga berbahan marmer dan ada pula empat patung yang menandakan kebajikan, kebijaksanaan, kecerdasan, dan pengetahuan. Dipercaya bahwa perpustakaan itu mungkin menampung 12.000 gulungan. Celsus sendiri dimakamkan di perpustakaan di dalam sarkofagus hias.

3. Perpustakaan Teologi Kaisarea Maritima.

perpustakaan kuno di dunia © 2019 brilio.net

foto: listamaze.com

Palestina juga mempunyai perpustakaan bersejarah di dunia, yaitu Perpustakaan Teologi Kaisarea Maritima. Perpustakaan ini adalah pusat pendidikan Kristen kuno dan beasiswa. Perpustakaan ini mempunyai koleksi-koleksi megah teks-teks teologis dan bernuansa gereja dari peradaban Yahudi dan Kristen awal.

Perpustakaan Kaisarea adalah pusat pendidikan Kristen kuno serta beasiswa. Sebelum dihancurkan oleh orang-orang Arab pada 638 M, perpustakaan memiliki koleksi besar teks-teks teologis dan gerejawi dari peradaban Yahudi dan Kristen awal. Perpustakaan Kaisera pernah didatangi oleh tokoh-tokoh sejarah seperti Gregory dari Nazareth, Jerome, dan Basil the Great.

4. Perpustakaan di Timgad.

perpustakaan kuno di dunia © 2019 brilio.net

foto: listamaze.com

Perpustakaan menakjubkan ini berada di Timgad, Aljazair. Tak ada yang tahu kapan perpustakaan tersebut didirikan. Namun diketahui bahwa perpustakaan ini adalah hadiah dari Julius Quintianus Flavius Rogatianus. Perpustakaan ini mempunyai tinggi 81 kaki dan panjang 77 kaki berbentuk persegi panjang. Tak ada yang tahu pasti berapa koleksi di perpustakaan, namun bisa diperkirakan seputar 3.000 eksemplar.

5. Perpustakaan Alexandria, Mesir.

perpustakaan kuno di dunia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@linda.ianson

Perpustakaan Alexandria dibangun di Mesir pada 295 SM oleh Ptolemy I Soter, mantan jenderal Alexander Agung. Dulunya, perpustakaan ini adalah perpustakaan umum. Hal ini dikarenakan para cendekiawan datang dari seluruh dunia untuk mencari pengetahuan dan bertukar ide, seperti Archimedes dan Euclid. Perpustakaan Alexandria mengantongi setidaknya 500.000 gulungan.

Perpustakaan Alexandria dibakar Julius Caesar pada tahun 48 SM ketika ia membakar pelabuhan Alexandria selama perang dengan Ptolemy XIII. Namun ada bantahan dari para cendekiawan, perpustakaan tersebut dihancurkan pada 270 M pada masa pemerintahan Romanemperor Aurelian.

6. Villa Papyri, Italia.

perpustakaan kuno di dunia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@sixx

Villa Papyri terletak di negara Italia dan menjadi salah satu perpustakaan terkecil. Namun, perpustakaan ini memiliki kehebatan lewat teks dan manuskrip yang bertahan lengkap sampai saat ini. Koleksi perpustakaan ini ada sekitar 1.800 gulungan yang ditemukan pertama kali di Herculaneum, Romawi di sebuah villa yang diperkirakan dibangun oleh Lucius Calpurnius Piso Caesoninus, ayah mertua Julius Caesar. Semua isi perpustakaan disimpan berkisar 90 kaki di bawah lapisan material vulkanik. Naskah yang dihitamkan dan dikarbonisasi.

7. Perpustakaan Al-Qarawiyyin.

perpustakaan kuno di dunia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@laurenkosokowsky

Perpustakaan Al-Qarawiyyin terletak di Maroko. Bangunan ini berdiri sejak 859 M oleh orang yang tak dikenal. Menakjubkan bukan?perpustaan ini dinobatkan sebagai universitas kuno di bumi. Perpustakaan ini bukan yang tertua di dunia, namun tertua dari semua perpustakaan yang masih berfungsi dengan baik. Perpustakaan megah ini ditemukan Fatimah Al-Fihri, putri seorang saudagar kaya dari Tunisia.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    17%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more