Brilio.net - Indonesia baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-72. Sebuah umur yang cukup panjang bukan? Kalau diibaratkan manusia, umur Indonesia saat ini setara dengan kakek atau nenek. Namun ternyata ada negara-negara yang baru merdeka beberapa tahun lalu. Bahkan yang paling muda masih berumur 6 tahun.

Apa saja negara-negara muda ini? berikut brilio kumpulkan 6 negara termuda di dunia dilansir dari The Washington Post.

1. Sudan Selatan, Juli 2011.

Negara Muda banget © 2017 brilio.net

Sudan Selatan diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) layak menjadi sebuah negara pada Juli 2011. Artinya pada tahun 2017 ini, negaranya baru menyelenggarakan hari ulang tahun yang ke-6.

Saking pengennya untuk merdeka, saat di voting, 90% pemilih memilih untuk bebas dari Sudan.

 

2. Kosovo, Februari 2008.

Negara Muda banget © 2017 brilio.net

foto: mva-ks.net

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada tanggal 17 Februari 2008.

Sayangnya kemerdekaan mereka ini bersifat de facto, namun secara de jure, mereka belum merdeka. Serbia belum mengakui kemerdekaan mereka, PBB juga berdasarkan hasil voting tidak bisa meloloskan proposal mereka.

Sebagai informasi, Indonesia menolak proposal Kosovo untuk bergabung dengan UNESCO.

 

3. Montenegro dan Serbia, Juni 2006.

Negara Muda banget © 2017 brilio.net

foto: google map

Dulunya, setelah keruntuhan Yugoslavia tahun 1991 lalu, Montenegro dan Serbia merupakan satu negara dengan nama Uni Negara Serbia dan Montenegro.

Baru pada tahun 2006, Montenegro memutuskan ikatan karena 55% dari warganya ingin Montenegro menjadi negara sendiri.

 

4. Timor Leste, Mei 2002.

Negara Muda banget © 2017 brilio.net

Negara yang dulunya bagian dari Indonesia ini melepas diri pada Mei 2002.

Untuk mendapatkan kemerdekaannya, sempat bentrok antara masyarakat yang tetap ingin di Indonesia, yang ingin pisah, dan aparat keamanan.

Bahkan setelah kemerdekaannya, akibat kondisi politik yang belum stabil, masyarakat Timor Leste sempat bentrok satu sama lain.

 

5. Palau, Oktober 1994.

Negara Muda banget © 2017 brilio.net

Negara ini terkenal sebagai salah satu negara terkaya di Kepulauan Pasifik dengan mengandalkan alam dan wisatanya. Dengan jumlah 250 pulau, penduduk negara ini hanya berjumlah 21 ribu jiwa.

Sebelumnya Palau sempat menolak bergabung dengan kepulaian Mikornesia karena menganggap bahasa dan budaya mereka berbeda dengan negara anggota lainny walaupun berada di perairan yang sama.

 

6. Republik Ceko dan Slovakia, 1993.

Negara Muda banget © 2017 brilio.net

Berpisahnya Republik Ceko dan Slovakia cukup menimbulkan kontroversi. Beberapa menganggap perpisahan ini tidak perlu, sementara yang lain menganggap hal ini perlu.

Terlepas dari pendapat kedua pihak, kedua negara berada pada kondisi yang baik. Tidak seperti negara-negara lain yang mengalami kerusuhan atau kemiskinan, kondisi ekonomi dan politik kedua negara ini bisa dibilang stabil.