Brilio.net - Berbicara tentang Ir. Soekarno, semua orang pasti mengenalnya. Tokoh Presiden pertama Indonesia ini, akrab disapa Bung Karno. Sebagai sosok yang berjasa memproklamasikan bangsa Indonesia, segala jasa-jasanya selalu diingat masyarakat Indonesia. Nggak hanya cerdas dan berwibawa, kharismanya mampu membuatnya disegani oleh para pemimpin dunia. Sebagai seorang pemimpin, keberaniannya memang tiada tanding. Ia memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Bahkan hal tersebut sering ia perlihatkan baik dalam kata-kata maupun perbuatannya.

Untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia ini, dilalui Bung Karno dan pahlawan lainnya dengan penuh perjuangan tanpa henti. Ia kerap menyampaikan jika perjuangan Indonesia bukan hanya sekadar melawan asing, melainkan melawan penindasan-penindasan manusia atas manusia. Bung Karno menginginkan kemerdekaan harus dinikmati seluruh rakyat, bukan hanya segelintir orang. Nggak heran kalau namanya disebut sebagai salah satu tokoh besar dunia.

Ia mewarisi pemikiran-pemikiran yang mempu memberikan dorongan semangat. Bung Karno memiliki kata-kata yang dipenuhi dengan semangat-semangat kebangsaan. Petuah-petuah dalam pidatonya nggak hilang ditelan zaman. Bahkan kata-kata quote bijaknya ini sangat relevan dengan keadaan masyarakat Indonesia saat ini. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis, (23/1) kata-kata quote bijak Bung Karno sebagai semangat dan motivasi

Kata-kata quote bijak Bung Karno tentang kepemimpinan dan kebangsaan.

Kata-kata quote bijak Bung Karno Instagram/@literasiquotes413  @quote.pahlawan

Loading...

foto: Instagram/@junomustadjab

Jika rasa nasionalisme mulai pudar, kata-kata dari Bung Karno ini mampu membakar semangatmu untuk selalu cinta pada bangsa Indonesia ini. Sebagai sosok patriotik ia memiliki kata-kata quote bijak mengenai kepemimpinan yang bisa dicontoh anak muda.

1. "Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam."

2. "Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya."

3. "Bebek berjalan berbondong-bondong, akan tetapi burung elang terbang sendirian."

4. "Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekali pun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan di atas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa."

5. "Seribu orang tua hanya bisa bermimpi, tapi seorang pemuda mampu mengubah dunia!"

6. "Nasionalisme tidak bisa berbunga jika tidak tumbuh di taman internasionalisme."

7. "Itulah konsep nasionalisme yang didirikan Indonesia. Bukan orang Jawa, bukan orang Sumatera, bukan orang Kalimantan, Sulawesi, Bali atau lainnya, tapi orang Indonesia, yang bersama-sama menjadi fondasi satu kesatuan nasional."

8. "Bunga mawar tidak pernah mempropagandakan harumnya, namun keharumannya sendiri menyebar melalui sekitarnya."

9. "Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian!"

10. "Revolusi hanya benar-benar revolusi jika ini adalah perjuangan terus-menerus – bukan hanya perjuangan eksternal melawan musuh, tapi perjuangan batin, berjuang dan menundukkan semua aspek negatif yang menghambat atau merusak jalannya revolusi. Dalam pencerahan ini, revolusi adalah … sebuah simfoni kemenangan atas musuh dan diri sendiri."

11. "Dimana perbudakan berada, di sana tidak ada kebebasan; dan dimana kebebasan berada, perbudakan pun tidak ada."

12. "Tidak ada satu negara yang benar-benar hidup jika tidak ada seperti kuali yang mendidih dan terbakar, dan jika tidak ada benturan keyakinan di dalamnya."

13. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya."

14. "Jikalau aku misalanya diberikan dua hidup oleh Tuhan, dua hidup ini pun akan aku persembahkan kepada tanah air dan bangsa."

15. "Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuat."

16. "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia."

17. "Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan."

18. "Perjuangan-perjuangan membawa kesulitan-kesulitan. Perjuangan besar tidak hanya menuntut pengalaman tetapi juga menuntut keberanian."

19. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka."

20. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."

Kata-kata quote bijak Bung Karno untuk motivasi diri.

Kata-kata quote bijak Bung Karno Instagram/@literasiquotes413  @quote.pahlawan

foto: Instagram/@literasiquotes413

Kata-kata Bung Karno juga bisa kamu baca untuk memotivasi diri sendiri. Misalnya saja tentang perjuangan belajar dan meraih cita-cita.

21. "Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang."

22. "Belajar tanpa berpikir tidak ada gunanya, tapi berpikir tanpa belajar sangat berbahaya!"

23. "Jangan pernah melupakan sejarah. Ini akan membuat dan mengubah siapa diri kita."

24. "Lakukan kebaikan untuk orang lain, bahkan ketika mereka tidak melakukan kebaikan bagi kamu; orang lain tentu akan berbuat baik kepada kamu. Jika masih ada rasa malu dan takut di hati seseorang untuk berbuat baik, pasti tidak akan ada kemajuan sama sekali."

25. "Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian!"

26. "Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya."

27. "Apabila dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun."

28. "Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang."

29. "Pengalaman adalah guru,adalah pedoman,adalah kemudi yang sangat berharga.Pengalaman yang tidak di perhatikan akan menghantam roboh kita sendiri."

30. "Hidup bukanlah 'Aku Bisa Saja', namun tentang 'Aku Mencoba'. Jangan pikirkan tentang kegagalan, itu adalah pelajaran."

Kata-kata quote bijak Bung Karno inspiratif.

Kata-kata quote bijak Bung Karno Instagram/@literasiquotes413  @quote.pahlawan

foto: Instagram/@samesame_clothing

Bung Karno banyak memiliki kata-kata quote bijak hasil dari pemikirannya yang bisa dijadikan pelajaran dan inspirasi.

31. "Jangan kamu pernah merasakanbahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh Tuhan memberikan cinta dalam hati mu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri."

32. "Kalau perempuan itu baik, maka jayalah negara. Tetapi kalau perempuan itu buruk, maka runtuhlah negara."

33. "Laki-laki dan perempuan sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya: jika patah satu dari dua sayap itu, maka tak dapat terbang burung itu sama sekali."

34. "Jikalau ingin menjadi satu bangsa yang besar, ingin menjadi bangsa yang mempunyai kehendak untuk bekerja, perlu pula mempunyai imagination!"

35. "Untuk membangun negara yang demokratis, maka satu ekonomi yang merdeka harus dibangun."

36. "Kita hidup dalam dunia ketakutan. Kehidupan manusia saat ini berkarat dan terasa pahit karena ketakutan akan masa depan, takut akan bom hidrogen, takut akan ideologi. Mungkin ketakutan ini adalah bahaya yang lebih besar daripada bahaya itu sendiri, karena ketakutanlah yang mendorong manusia untuk bertindak bodoh untuk bertindak tanpa berpikir, untuk bertindak berbahaya."

37. "Kalau kita tidak bisa menyelenggarakan sandang, pangan di tanah air yang kaya ini, maka sebenarnya kita sendiri yang tolol, kita sendiri yang maha tolol."

38. "Negeri kita kaya, kaya, kaya-raya, Saudara-Saudara. Berjiwa besarlah, ber-imagination. Gali! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia."

39. "Suatu bangsa hanyalah menjadi kuat kalau patriotismenya meliputi patriotisme ekonomi. Ini memang jalan yang benar ke arah kekuatan bangsa, jalan yang jujur, jalan yang tepat.

40. "Sungguh Tuhan hanya memberi hidup satu kepadaku, tidak ada manusia mempunyai hidup dua atau tiga."