×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Nenek moyang orang Inggris ternyata berkulit gelap & berambut keriting

View Image

0

BRILIO » Ilmiah

Nenek moyang orang Inggris ternyata berkulit gelap & berambut keriting

Hasil sebuah riset di University College London (UCL).

Ahada Ramadhana (brl/nng)

08 / 02 / 2018

Manusia Inggris pertama ternyata memiliki kulit gelap bahkan cenderung hitam. Mereka juga memiliki mata biru dan rambut agak keriting. Kesimpulan ini berdasarkan hasil penelitian oleh ahli evolusi dan DNA di University College London (UCL) dan Natural History Museum.

Riset sendiri dilakukan dengan cara meneliti kerangka lengkap tertua di Inggris yang dikenal dengan sebutan Cheddar Man. Kerangka itu ditemukan pada tahun 1903 di sebuah gua di Ngarai Cheddar, di daerah Somerset. Kerangka itu adalah pria era Mesolitik yang seorang pemburu.

Cheddar Man diperkirakan meninggal pada usia dua puluhan dan memiliki pola makan yang relatif baik. Kini sekitar 10 persen keturunan asli Inggris dapat dikaitkan dengan orang-orang Cheddar Man.

Warna kulit Cheddar Man digambarkan sebagai "gelap sampai hitam" oleh tim ahli. Penelitian ini merupakan bagian dari sebuah proyek yang ditugaskan oleh stasiun televisi Channel 4 Inggris untuk sebuah film dokumenter. Para ahli dari laboratorium DNA awalnya mengebor sebuah lubang kecil ke dalam tengkorak untuk mendapatkan informasi genetik. DNA itu sangat terpelihara dengan baik.

 

 







Pilih Reaksi Kamu

Tags

Penelitian Inggris
Loading...

MORE
Wave more