×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Planet paling misterius di alam semesta, para ilmuwan aja bingung

View Image

0

BRILIO » Wow

10 Planet paling misterius di alam semesta, para ilmuwan aja bingung

Jangan bayangin bisa ditinggalin manusia ya.. Isinya aja ngeri gitu.

18 / 09 / 2017

Brilio.net - Kalau kamu disuruh menyebutkan planet-planet apa saja yang ada di dalam semesta, sebagian besar kamu akan menjawab Venus, Jupiter, Pluto dan planet lainnya yang sudah sering disebut sejak kamu awal sekolah. Ya kan?

Tapi tahukah kamu, di alam semesta yang sangat luas itu ternyata masih banyak mempunyai planet? Bahkan tak sedikit yang belum bisa dijangkau oleh manusia apalagi sampai diberi nama. Beberapa di antaranya sudah ditemukan dan diberi nama, namun masih dianggap memiliki banyak misteri yang belum bisa dipecahkan oleh para ilmuwan dan astronot. Wah, kok kedengerannya serem gitu ya?

Daripada penasaran, berikut 10 planet misterius di alam semesta namun belum dapat bisa dijelaskan secara ilmiah oleh para ilmuwan, seperti dilansir brilio.net dari list amaze, Minggu (17/9):

1. Kepler-36b dan Kepler-36c.

10 PLANET PALING MISTERIUS © 2017 brilio.net

Loading...

Planet-planet Kepler-36b dan Kepler-36c adalah dua planet misterius yang keberadaannya bertentangan dengan teori planet dan teori pembentukan planet saat ini. Kedua planet tersebut sangat dekat satu sama lain setiap 97 hari dan dianggap temuan langka karena merupakan spesies pertama dari jenisnya.

Pada beberapa titik, kedua planet tersebut bisa saling mendekat, sedekat 1.900.000 km. Secara harfiah, kedua planet tersebut dianggap para ilmuwan sedang berperang seperti di film-film fiksi ilmiah.

2. Planet dengan Orbit Retrograde (WASP-17b).

10 PLANET PALING MISTERIUS © 2017 brilio.net

Ini adalah planet lain yang sangat misterius dan langka. Planet raksasa ini berjarak 1.000 tahun cahaya dari bumi.

WASP-17b disebut ilmuwan sebagai planet pertama yang pernah ditemukan memiliki rotasi orbital yang berlawanan dengan bintang inangnya. Penemuan planet ini telah menjadi tantangan melawan teori pembentukan planet tradisional pada umumnya.

Setelah penemuannya pada 11 Agustus 2009, para ilmuwan telah terus mencermati planet ini. Lalu pada tanggal 3 Desember 2013, para ilmuwan yang mengamati planet ini melalui Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menemukan air di atmosfernya. Ada beberapa teori untuk memecahkan orbit retrograde WASP-17b, namun tidak ada satu pun hasil-hasil penelitiannya yang memuaskan sampai saat ini.

3. Planet Doomed (Kepler-432b).

10 PLANET PALING MISTERIUS © 2017 brilio.net

Planet yang sangat masif dan langka ini kali pertama ditemukan pada tahun 2015. Planet ini dinamai Kepler-432b dan serupa dengan ukuran Jupiter.

Kepler-432b disebut langka dan misterius karena sebenarnya planet yang sudah hancur. Planet ini akan hancur sendiri dalam 200 juta tahun lagi dan memiliki variasi cuaca ekstrem yang tak seorang pun bisa bayangkan.

Menurut para peneliti, pada satu titik planet ini akan menabrak bintang yang meledak menjadi udara yang tipis. Planet masif ini juga memiliki komposisi hidrogen dan helium.

4. Planet paling gelap (TrES-2b).

10 PLANET PALING MISTERIUS © 2017 brilio.net

TrES-2b disebut planet paling gelap dan hitam karena berjarak 750 tahun cahaya dari bumi. Planet yang ditaksir sebesar Jupiter ini pertama kali ditemukan pesawat luar angkasa Kepler milik NASA.

Ilmuwan angkasa telah menemukan bahwa planet ini hanya mencerminkan 1 persen sinar matahari yang jatuh di atasnya. Tak ada planet lain di alam semesta yang lebih gelap seperti TrES-2b. Namun sayangnya tak banyak yang diketahui tentang bagaimana planet ini menyerap begitu banyak cahaya. Planet ini masih menjadi misteri dan begitu banyak ilmu/teori yang tidak bisa dijelaskan.

5. Planet Lava (55 Cancri e).

10 PLANET PALING MISTERIUS © 2017 brilio.net

Planet paling misterius yang juga pernah ditemukan NASA adalah 55 Cancri e. Planet ini hanya berjarak 40 tahun cahaya dari bumi dan disebut pernah menginspirasi film Star Wars.

Atmosfer planet ini disebut oleh para ilmuwan sangat mengerikan karena 100 kali lebih dekat ke matahari dibandingkan dengan bumi. Salah satu sisinya melonjak dengan suhu 2.500 ° C dan sisi gelap lainnya mencapai sekitar 1100 ° C.

6. Planet Menguap (KELT-9b).

10 PLANET PALING MISTERIUS © 2017 brilio.net

Pernahkah kamu mendengar ada planet yang bisa menguap layaknya manusia dan hewan? Ini mengejutkan banyak ilmuwan bahwa planet misterius semacam itu ada di alam semesta kita, yakni KELT-9b contohnya.

Planet ini sangat panas sehingga sering terlihat menguap. Planet ini memiliki suhu siang hari 7.800 derajat Fahrenheit.

7. Raining Glass Planet (HD 189773b).

10 PLANET PALING MISTERIUS © 2017 brilio.net

HD 189773b disebut planet berwarna biru yang mirip dengan bumi namun memiliki atmosfer yang sangat aneh. Hal ini sama sekali tidak sebanding dengan bumi.

Planet panas ini adalah penemuan pertama di mana warna planet dideteksi dengan benar. Atmosfer planet ini berbentuk gas, sangat panas (2.000 derajat Fahrenheit) dan secara misterius mengeluarkan hujan dan kecepatan angin yang kuat hingga 4.500 mph. Para ilmuwan menyebut planet ini sangat mematikan.

8. Planet Kesepian (J2126 atau PSO J318.5-22).

10 PLANET PALING MISTERIUS © 2017 brilio.net

Semua planet di tata surya berputar mengelilingi bintang induknya melalui gaya gravitasi bintang. Sebuah planet bernama J2126 ditemukan pada tahun 2008 namun sangat jauh dari bintang dan planet lainnya.

Jarak antara bintang dan planet ini begitu jauh sehingga tidak dapat dipercaya, menjadikannya planet paling sepi di alam semesta kita. Jarak masif antara bintang dan planet ini adalah 1 triliun kilometer. Ini adalah tata surya terbesar yang pernah ditemukan.

Planet ini adalah planet terapung bebas di alam semesta dan 12 kali lebih besar dari Jupiter.

9. Planet Wobbly (Kepler-413b).

10 PLANET PALING MISTERIUS © 2017 brilio.net

Teleskop luar angkasa Kepler NASA pernah menemukan planet aneh yang tidak stabil dan sangat jauh dari bumi, jaraknya 2.300 tahun cahaya.

Planet yang diberi nama Wobbly itu termasuk rasi Cygnus. Disebut misterius karena planet ini terdeteksi selalu memiliki gejala dan gerakan yang sangat aneh. Beberapa ilmuwan belum dapat memecahkan teorinya sampai saat ini.

10. Planet Air (GJ1214b).

10 PLANET PALING MISTERIUS © 2017 brilio.net

Planet paling aneh yang pernah ditemukan di alam semesta kita adalah sebuah planet yang dikenal dengan sebutan GJ1214b yang isinya disebut sebagai 'dunia air'. Planet aneh ini ditutupi seluruhnya oleh air atau lautan.

Keunikan planet ini adalah kandungan airnya terbuat dari air tanpa massa padat. Menurut spekulasi dan penelitian, atmosfer planet ini mungkin berasal dari lapisan tebal uap dan uap air.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    18%

  • Ngakak!

    3%

  • Wow!

    70%

  • Sedih

    3%

  • Marah

    3%

  • Love

    3%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more