Brilio.net - Peggy Annette Whitson mencatat namanya sebagai seorang astronot perempuan tertua yang memecahkan rekor baru. Perempuan kelahiran 9 Februari 1960 ini pada Jumat (7/1) berhasil berjalan di luar angkasa selama 6,5 jam. Rekor tersebut pun menjadi catatan baru bagi dunia astronomi.

Peggy merupakan seorang peneliti biokimia NASA. Sejak tahun 1989, Peggy memutuskan untuk bergabung dengan NASA. Misi pertama ke ruang angkasa dimulai tahun 2002 dengan tergabung dalam anggota Expedition 5. Tak hanya itu, misi keduanya berlangsung pada tahun 2007. Beberapa misi yang dijalankan Peggy membuatnya dikenal sebagai seorang astronot perempuan.

Peggy Whitson © 2017 twitter-foto: Twitter.com/@AstroPeggy

Peggy kembali ke stasiun luar angkasa International Space Station (ISS) pada November tahun lalu. Keberangkatan Peggy pada usia 56 tahun ini mencatat rekor baru menjadi seorang astronot perempuan tertua yang dikirim ke ruang angkasa. Peggy bersama rekannya, Shane Kimbrough dikirim ke ISS untuk memperbarui dan memperbaiki komponen yang ada di ISS. Adapun yang dikerjakan meliputi pemasangan enam baterai litium-ion baru di ISS.

Peggy Whitson © 2017 twitter-foto: Twitter.com/@AstroPeggy

Loading...

Saat melakukan tugasnya, Whitson dan Shane Kimbrough pun mencatat rekor baru. Mereka mampu berjalan di luar stasiun selama 6,5 jam menurut postingan blog NASA. Sebelumnya, belum ada astronot yang mampu berdiri dan berjalan selama 6,5 jam di luar stasiun. Hal tersebut merupakan hal luar biasa, pasalnya dengan perbedaan gaya gravitasi yang ada tentu sulit untuk melakukan hal tersebut.

Peggy Whitson © 2017 twitter-foto: Twitter.com/@AstroPeggy

Berkat kinerja dan kepiawaiannya, Peggy menjadi seorang komandan perempuan pertama di luar angkasa. Berbagai penghargaan juga diraih Peggy, di antaranya NASA Outstanding Leadership Medal (2006), NASA Exceptional Service Medal pada tahun 1995, 2003, dan 2006), serta beragam penghargaan lainnya.

Peggy mengaku senang bergabung dengan NASA. Ia pun senang membagikan pengalamannya selama di luar angkasa melalui akun Twitter pribadinya. Pada Selasa (10/1) melalui akun Twitternya, Peggy Whitson memposting cuitan tentang ucapan terima kasih kepada tim NASA atas pengalaman barunya berjalan di angkasa (space walk) pada Jumat lalu (7/1).

Dalam cuitan tersebut, Peggy juga memposting dua buah foto dan membagikannya pada masyarakat luas.