×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Petugas kebersihan jujur, temukan uang banyak & tetap dikembalikan

0

BRILIO » Sosok

5 Petugas kebersihan jujur, temukan uang banyak & tetap dikembalikan

Hatinya sungguh mulia. Sama sekali tak pernah tergiur oleh uang yang banyak.

06 / 06 / 2016

Brilio.net - Banyak yang beranggapan susah menemukan orang jujur di negeri ini. Anggapan itu mungkin terasa benar jika melihat praktik ketidakjujuran yang dilakukan oknum tertentu di berbagai tempat.

Namun sepertinya anggapan itu tak berlaku bagi lima sosok sederhana di bawah ini. Menemukan uang ratusan juta di tempat umum, kelima orang ini lebih memilih mengembalikan daripada menggunakannya untuk keperluan pribadi.

Seperti apa kisah mereka? Berikut lima petugas kebersihan yang berhati mulia itu, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (6/6):


1. Office boy Bank Syariah Mandiri, Bekasi. Temukan Rp 100 juta di balik tempat sampah.

Agus Chaerudin (35), seorang office boy di Bank Syariah Mandiri, Bekasi, menemukan uang Rp 100 juta di balik tempat sampah kantornya. Peristiwa ini terjadi pada Bulan Ramadan 4 Agustus 2012 silam. Saat itu kantor sudah sepi. Seperti biasa Agus membereskan kantor sebelum pulang.

Saat melihat di balik tempat sampah dia menemukan uang pecahan Rp 100 ribu dalam 10 bundel. Agus tak berani menyentuh uang itu, dia lalu memanggil satpam. Satpam kemudian melaporkan kepada staff bank.

Uang dihitung dan ada Rp 100 juta. Ternyata uang itu bukan milik nasabah, tetapi milik bank. Uang itu tercecer karena ketidak hati-hatian seorang teller. Karena kejujurannya, Agus diberi hadiah Rp 1,75 juta dan piagam penghargaan.


2. Petugas kebersihan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Temukan Rp 100 juta di dalam toilet.

Sikap jujur juga dicontohkan oleh seorang petugas kebersihan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Petugas bernama Mulyadi itu menemukan uang sebesar Rp 100 juta di dalam sebuah toilet.

Ia pun lantas memilih mengembalikan uang yang ditemukannya secara tak sengaja itu. Atas kejujurannya, manajemen memberikan penghargaan kepada Mulyadi dengan mengajaknya makan malam bersama para petinggi manajemen.

"Malam ini kita mengajak makan malam Bapak Mulyadi sebagai penghargaan atas kejujurannya. Kita sangat senang dan berharap bisa mencontoh sikap terpujinya. Makan malam juga diikuti oleh CFO, CFO, GM Operation, Senior Manager Learning Center, Sr Manager Operation, dan Sr Head of Service Kota Kasablanka," seperti dikutip dari akun media sosial Adi Permadi, yang merupakan President Director PT. Sinar Jernih Sarana beberapa waktu lalu.


3. Petugas kebersihan Paragon Hotel & Residences, Solo. Temukan tas berisi Rp 190 juta.

Seorang petugas kebersihan di Paragon Hotel & Residence, Solo, mendapatkan penghargaan Golden Reward dari pihak manajemen. Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kejujuran Wanto (25), yang mengembalikan tas berisi uang tunai ratusan juta milik seorang pengunjung yang tertinggal.

Kejadian berawal saat Wanto melaksanakan tugasnya dengan membersihkan lantai resto seperti biasa. Dia melihat sebuah tas tergeletak di atas meja. Sekitar setengah jam tak ada orang yang mengambil tas itu. Wanto pun mengambil tas tersebut untuk mengamankannya.

Ternyata, tas berwarna hitam itu berisi satu handphone dan setumpuk uang senilai Rp 190 juta. Wanto lalu menyerahkan tas tersebut kepada petugas keamanan.

BACA JUGA: 10 Pegawai kejaksaan cantik, bikin para cowok pengen 'dituntut' terus!

Namun tak lama kemudian, ada pria yang sudah agak tua masuk ke dalam restoran. Pria itu mengaku sebagai pemilik tas tersebut. Sesuai prosedur, Wanto menanyakan isi tas tersebut. Ternyata jawaban pelanggan itu tepat. Wanto pun menyerahkan tas hitam itu kepada pemiliknya.

Pihak manajemen lantas memberikan apresiasi atas kejujuran Wanto. Perusahaan multinasional tersebut menganugerahkan Golden Heart Award pada Februari 2016 kemarin. Wanto dianggap memiliki kejujuran dan integritas tinggi dalam bekerja.


4. Seorang karyawan Walmart temukan Rp 200 juta dalam amplop.

Seorang karyawan Walmart di Washington, Amerika Serikat, bernama Bismark Mensah menemukan uang berjumlah besar saat ia sedang bekerja.

Kejadian berawal saat ia sedang mengumpulkan troli di tempat parkir. Namun saat itu ia menemukan sebuah amplop yang berisikan uang lebih dari Rp 200 juta. Tanpa pikir panjang, ia langsung mengejar mobil customer yang meninggalkannya dan mengembalikan uang yang jatuh tasnya.

Uang tersebut ternyata milik seorang sepasang kekasih, Leona Wisdom dan Gary Elton yang baru saja mendapatkan bayaran dari penjualan rumahnya. Mensah menolak semua bentuk hadiah sebagai aksinya ini, bahkan ia juga menolak untuk diajak makan bersama. Karena aksinya ini, Mensah diberikan penghargaan "Integritas dalam Aksi".


5. Petugas kebersihan bioskop temukan Rp 240 juta milik penonton.

Christopher Montgomery merupakan petugas kebersihan di sebuah bioskop. Saat sedang membersihkan kursi-kursi penonton ia menemukan sebuah dompet yang berisikan lebih dari Rp 240 juta. Daripada menyimpannya, ia langsung memberikan dompet tersebut ke manajernya, yang memastikan bahwa dompet tersebut kembali ke pemilik aslinya.

Diketahui uang tersebut dimiliki oleh seorang pemilik bisnis kecil yang pada saat menonton tidak menyadari bahwa dompetnya jatuh ke lantai. Ia mengatakan bahwa uang itu adalah uang yang mau ia setorkan ke bank. Walaupun Montgomery ditawarkan uang hadiah, ia menolaknya.


 




Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
more