Brilio.net - Zaman dulu menjelajah dunia mungkin bisa dibilang menjadi 'pekerjaan yang bergengsi' dan tak banyak orang yang mau melakoninya. Gimana nggak, saat itu moda transportasi jelas tak begitu banyak dan tentu saja belum secanggih 'jaman now'.

Namun tahukah kamu jika sejak dulu ternyata sudah banyak sosok-sosok penting yang sudah sukses menjelajah belahan dunia. Bahkan di antaranya ada yang sampai menemukan benua baru. Hmmm, kamu pasti mulai penasaran kan, siapa aja mereka?

Nah, buat menambah wawasanmu, berikut 10 sosok penjelajah dunia paling melegenda sepanjang masa, seperti dilansir brilio.net dari list amaze, Rabu (11/10):

1. John Cabot (1450-1500).

Loading...

10 Penjelajah dunia paling melegenda sepanjang masa © 2017 brilio.net

John Cabot adalah seorang penjelajah maritim yang lahir pada tahun 1450 di Italia. Dia disebut menjelajahi bagian pesisir Amerika Utara pada periode waktu yang sama dengan Christopher Columbus.

Pada 1497, dia sempat bertandang di Irlandia, Atlantik, lalu kembali ke Bristol di Inggris. Namun sayangnya hingga kini kematiannya masih dianggap sebagai misteri dan kontradiktif. Catatan sejarah yang tersisa sampai saat ini pun minim mengabadikan perjalanannya.

Meski demikian sudah banyak sekolah, jalanan, alun-alun, menara dan sebagainya yang sejak dulu sudah dinamai menggunakan nama Cabot. Di antaranya ada di Italia, Inggris, Kanada untuk menghormati jasa-jasanya.

2. Roald Amundsen (1872-1928).

10 Penjelajah dunia paling melegenda sepanjang masa © 2017 brilio.net

Roald Amundsen adalah penjelajah yang terkenal sepanjang masa, karena merupakan orang pertama yang disebut sukses mencapai Kutub Selatan dan Kutub Utara. Dia melakukan ekspedisi pertamanya melalui Northwest Passage di wilayah Arktik.

Lahir pada tahun 1872 di Norwegia, obsesinya sejak awal memang untuk menjelajahi tempat-tempat di padang gurun. Dia berhasil menunjukkan kepada dunia tentang bagaimana kerasnya kehidupan di daerah kutub.

Bagaimana pun juga sulit membayangkan tempat-tempat seperti Antartika untuk dijelajahi hari ini, di mana Amundsen kala itu berani bertarung dengan ombak besar menjelajahi beberapa tempat.

Sayang, pada tahun 1921 dia hilang saat misi penyelamatan dan ada banyak kecurigaan bahwa dia terbunuh karena kecelakaan kapal.

3. Kapten James Cook (1728-1779).

10 Penjelajah dunia paling melegenda sepanjang masa © 2017 brilio.net

James Cook adalah orang Eropa pertama yang menemukan Hawaii. Lahir pada tahun 1728 di Yorkshire, Inggris, dia adalah seorang kapten Royal Navy.

Cook juga menjadi orang Eropa pertama yang sukses menjelajahi pantai timur Australia. Dalam perjalanan pertamanya, dia sampai di Selandia Baru, dan kemudian ke Antartika Circle untuk akhirnya mencapai zona beku di Kanada Barat dan Alaska.

Namun sayang, pada tahun 1779 ia terbunuh di tangan suku-suku Hawaii saat mencoba menyerang kepulauan dan mengambil alih sandera raja Hawaii.

4. Xuan Zang (602-664).

10 Penjelajah dunia paling melegenda sepanjang masa © 2017 brilio.net

Xuan Zang adalah seorang biksu Buddha Cina yang lahir pada tahun 602. Untuk mendapatkan pengetahuan mendalam tentang Buddhisme, Zang melakukan perjalanan hampir ke semua tempat di China sejak tahap awal kehidupannya.

Pada tahun 627, ia memulai perjalanannya dari Gansu dan akhirnya sampai di India. Saat mencapai India, dia menjangkau sebagian besar wilayah Utara India untuk mempelajari Buddhisme India dan Cina.

Bukunya 'Great Tang Records di Kawasan Barat' menjadi sumber utama studi tentang Asia Tengah Tengah dan India, selama tahun 646. Penelitian besar yang dilakukan oleh Zang selama lebih dari 17 tahun tersebut telah membantu banyak ilmuwan untuk menemukan situs-situs kuno. Akhirnya, penjelajahannya berakhir saat ia meninggal pada tahun 664.

5. Amerigo Vespucci (1454-1512).

10 Penjelajah dunia paling melegenda sepanjang masa © 2017 brilio.net

Negara 'Amerika' hari ini dinamai dari salah satu penjelajah terbesar sepanjang masa, Amerigo Vespucci. Menurut catatan sejarah, Vespucci yang berasal dari Italia itu dikatakan melakukan empat pelayaran dan yang terakhir diduga dilakukan pada tahun 1503.

Brasil dan Hindia Barat yang mewakili sebagai bagian dari wilayah Asia adalah beberapa kiprahnya saat menjelajahi dunia. Dia pun menemukan dua kota terkenal saat ini, Rio de de Janerio dan Rio de la Plata.

Pada tahun 1500, ia juga menemukan mulut Sungai Amazon. Dalam perjalanannya itu, Vespucci disebut sosok penting yang membawa nama benua baru 'Amerika' usai Asia, Eropa, dan Afrika.

6. Vasco da Gama (1469-1524).

10 Penjelajah dunia paling melegenda sepanjang masa © 2017 brilio.net

Vasco da Gama adalah seorang penjelajah Portugis yang lahir tahun 1469 dan berperan penting dalam membangun perdagangan laut antara Portugal dan India.

Dalam pelayaran pertamanya, dia meninggalkan Portugal pada 1487 lalu mencapai India pada tahun 1498, dan menghabiskan hampir satu dekade. Dia adalah sosok penting yang mengenalkan bumbu lada dan kayu manis pertama kali ke Eropa.

Selain menjadi pedagang sukses, Vasco juga disebut tokoh terkenal untuk membangun kerajaan kolonial di Asia dan India. Dalam pelayaran keduanya, Vasco sempat berperang hebat dengan para pedagang saingannya, karena dianggap bertanggung jawab atas pembunuhan 400 peziarah muslim di dalam kapal yang terbakar. Akhirnya, dia meninggal menderita malaria pada tahun 1524.

7. Marco Polo (1254-1324).

10 Penjelajah dunia paling melegenda sepanjang masa © 2017 brilio.net

Lahir tahun 1254, Marco Polo adalah seorang pedagang dari kota Venesia. Empat tahun perjalanannya ke Asia berhasil memengaruhi perdagangan besar di Eropa dan India Timur.

Selanjutnya, dia sampai di China dari Karakoram ke kota Beijing. Dia menghabiskan waktu sekitar 24 tahun di Asia dan kembali ke Venesia pada 1295.

Pada tahun berikutnya, dia ditangkap saat pertempuran Curzola. Buku 'Perjalanan dari Marco Polo' yang ditulis olehnya sudah memberi orang Eropa gambaran menyeluruh tentang China, Jepang dan India.

8. Ibnu Battuda (1304-1369).

10 Penjelajah dunia paling melegenda sepanjang masa © 2017 brilio.net

Ibnu Battuda dianggap sebagai pelancong terbesar dalam sejarah dunia. Dia merupakan pelaut Maroko yang lahir pada tahun 1304.

Dialah yang melakukan perjalanan selama dunia abad pertengahan selama lebih dari 30 tahun. Battuda menjelajahi negara-negara seperti Amerika Utara, Irak, Persia, Somalia dan Jazirah Arab antara tahun 1325 dan 1332.

Pada pertengahan abad ke-14 ia juga menjelajahi Spanyol dan Afrika. Alkitab tentang perjalanannya selama masa hidupnya ditulis dalam buku 'The Travels'.

Sampai saat ini, ia masih mengilhami banyak umat Islam dan penulis perjalanan seluruh dunia dalam hal eksplorasi. Semangatnya terhadap perjalanan dianggap sangat luar biasa.

9. Christopher Columbus (1451-1506).

10 Penjelajah dunia paling melegenda sepanjang masa © 2017 brilio.net

Pada 1472, dengan bantuan raja Ferdinand dari Spanyol, Christopher Columbus beserta 120 awak kapal berlayar menemukan sebuah dunia baru.

Dia menangani di Watling's Island di Bahama. Selanjutnya, dia menamakannya sebagai San Salvador. Selanjutnya, Columbus menjelajahi Kuba, Jamaika dan Haiti. Dia pun melihat daratan Amerika Selatan di layar ketiga dan menjelajahi Trinidad, Tobago dan Grenada.

Menurut catatan sejarah, pelayaran terakhirnya adalah tahun 1502, di mana ia sampai di Panama, Kosta Rika dan Honduras.

10. Ferdinand Magellan (1480-1521).

10 Penjelajah dunia paling melegenda sepanjang masa © 2017 brilio.net

Magellan adalah penjelajah pertama dalam sejarah yang mengelilingi dunia dan pelayaran pertama yang melintasi Samudera Pasifik. Lahir dari keluarga Portugis pada 1480, dia ditunjuk oleh seorang raja Spanyol untuk menemukan sebuah ronde ke kepulauan Maluku, yang terletak di sebelah barat New Guinea pada tahun 1505.

Pada 1519, sekitar lima kapal yang membawa 270 awak meninggalkan Spanyol di bawah komando Magellan. Mereka melakukan perjalanan melalui Kepulauan Canary, Brasil, Ekuador, dan Cape Virgins.

Bagian 600 km yang panjang di dekat Cape Virgins saat ini diakui sebagai Selat Magellan. Ekspedisi tersebut sampai ke Filipina pada tahun 1521, yang merupakan eksplorasi pertama orang-orang Eropa yang mencapai tempat itu.

Namun sayangnya Magellan tak bisa menyelesaikan seluruh pelayarannya, karena terbunuh dalam 'Battle of Mactan' pada tahun 1521 di Filipina dengan cara yang sangat brutal.