Brilio.net - Rabu (8/11), pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution akan digelar. Ini adalah kedua kalinya Jokowi menikahkan anaknya ketika masih menjabat sebagai kepala negara. Berbagai persiapan telah dilakukan. Foto-foto prewed pun telah diunggah.

Rencananya, ada 8.000 tamu undangan dari berbagai kalangan antara lain pejabat pemerintah, komedian, seniman, hingga teman-teman SD Kahiyang. Pernikahan ini pun menjadi pembicaraan banyak pihak. Ada yang memberikan doa agar keduanya menjadi pasangan samawa. Ada yang menilai pasangan ini simbol keanekaragaman NKRI. Ada juga yang justru iri dengan keserasian pasangan ini.

Para tokoh politik tak mau ketinggalan urun komentar mengenai pernikahan ini. Berikut adalah beberapa pendapat para tokoh yang dihimpun brilio.net dari beberapa sumber.

1. Fahri Hamzah.

Komentar Pernikahan Kahiyang-Bobby  © 2017 twitter

Loading...

foto: Twitter/@Fahrihamzah

Wakil Ketua DPR RI ini menyarankan untuk mengadakan pesta dengan sederhana. Pengumuman bisa disiarkan melalui Twitter atau vlog.

"Dulu katanya nggak boleh ngundang pejabat lebih dari 400. Ada katanya dulu revolusi mental, bikin pesta kecil-kecilan saja. Kalau sekarang itu kayak lebih, gitu loh," kata Fahri kepada wartawan di gedung DPR Senayan Jakarta, pada Selasa (7/11).

"Sunah itu kan syiarnya memberi tahu orang bahwa kita sudah ada menikah. Supaya, kalau anak kita nanti jalan berdua sama orang gitu kan (dikatain) bukan muhrim, kita bilang dia udah nikah, nggak apa-apa dia jalan," terangnya lagi.

2. Natalius Pigai.

Komentar Pernikahan Kahiyang-Bobby  © 2017 twitter

foto: Twitter/@PigaiNatalius

Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) ini menyampaikan beberapa poin mengenai resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby.

Pertama mengenai inkonsisten Jokowi terhadap peraturan yang pernah dibuatnya. Menurut Pigai, Jokowi telah mengingkari peraturan yang dibuatnya, dan hal itu merupakan pelanggaran.

"Dari sisi etika, seorang presiden menyelenggarakan resepsi besar-besaran dengan menabrak aturan dan komitmen pemerintah," ujar Pigai Minggu (5/11).

Pelajaran yang kedua, Pigai menilai, revolusi mental yang digaungkan Jokowi tidak terlihat dalam acara tersebut. Jokowi lebih cenderung terlihat hedonis yang mau memamerkan kemewahan, kekayaan di tengah situasi ekonomi nasional yang sedang mengalami goncangan.

3. Fadli Zon.

Komentar Pernikahan Kahiyang-Bobby  © 2017 twitter

foto: Twitter/@fadlizon

Wakil Ketua DPR RI ini mengaku tidak bisa datang ke acara pernikahan putri Jokowi karena harus menghadiri forum United Nation Convention Against Corruption di China sebagai pembicara. Melalui Twitter, Fadli mencuit sebagai berikut.

"Dlm 3 thn Pak @jokowi menikahkan 2 anaknya, tinggal 1 lg. Semua Presiden RI lain kalah dlm soal ini. Kerja kerja kerja."

4. Anies Baswedan.

Komentar Pernikahan Kahiyang-Bobby  © 2017 twitter

foto: Twitter/@aniesbaswedan

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini turut diundang pada resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby. Rencananya, Anies akan berangkat ke Solo Selasa (7/11) sore.

"Kita berharap hari bahagia ini menjadi pembuka kebahagiaan yang langgeng bagi mereka, Insyaallah menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah. Dikaruniai amanah anak-anak yang soleh dan solehah. serta menjaga tradisi rasulullah," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/11) pagi.