Brilio.net - Dalam tiga hari terakhir ini, jutaan pasang mata dari seluruh Indonesia mengarahkan pandangannya ke Kota Solo, Jawa Tengah.

Pasalnya sejak tanggal 9 Juni 2015 lalu telah dimulai rangkaian prosesi pernikahan putra sulungnya Gibran Rakabuming dengan Selvi Ananda. Hingga puncaknya akad nikah dan resepsi telah digelar kemarin pada 11 Juni 2015.

Namun ada yang berbeda dari penyatuan kedua insan muda dan mudi ini. Selain karena Gibran Rakabuming adalah putra sulung dari orang paling berkuasa di republik ini, beberapa fakta unik juga menghiasi prosesi pernikahan pengantin baru tersebut. Apa saja?

1. Melibatkan para tukang becak

4 Fakta unik seputar pernikahan putra Jokowi

Loading...

Becak di kota Solo memang merupakan salah satu transportasi umum yang biasanya digunakan oleh warga. Jokowi yang terkenal dicintai oleh 'wong cilik' pun melibatkan tukang becak di pernikahan putranya.  200 tukang becak dipilih untuk menjadi pengantar tamu dari tempat parkiran menuju gedung resepsi. Keren kan!

2. Jokowi tidak mengambil cuti

4 Fakta unik seputar pernikahan putra Jokowi

credit:Luthfi Rahman/merdeka.com

Seperti ingin memberi suri tauladan yang baik sebagai seorang pemimpin bangsa, Jokowi ternyata tidak mengambil cuti di hari pernikahan anaknya. Ia tetap menjalankan roda pemerintahan dari Solo, Jawa Tengah.

Bahkan usai prosesi siraman yang digelar 10 Juni 2015 yang lalu, dengan masih menggunakan busana Jawa, Jokowi menyempatkan diri bekerja ditemani oleh Luhut Panjaitan.

3. Jalan tidak sepenuhnya ditutup

4 Fakta unik seputar pernikahan putra Jokowi

Jalan Letjen Suprapto, yang merupakan jalan lokasi gedung pernikahan Graha Saba Buana, tempat dilangsungkannya akad dan resepsi ternyata tidak sepenuhnya ditutup. Jalan tersebut hanya ditutup ketika sedang dilangsungkannya prosesi tertentu saja seperti, arak-arakan keluarga Jokowi yang akan melangsungkan lamaran dan midodareni.

Bahkan ketika hari H, jalan hanya ditutup ketika resepsi saja. Jeda antara resepsi sesi satu dan dua, jalan dibuka kembali untuk umum. Dari awal Jokowi memang sudah berpesan, ini semua dilakukannya agar tidak mengganggu kepentingan umum.

4. Warung sekitar diperbolehkan berjualan

4 Fakta unik seputar pernikahan putra Jokowi

Biasanya para presiden akan mengharuskan kawasan dekat lokasi untuk steril dari segala kegiatan apapun ketika sedang melangsungkan acara.

Namun tidak begitu dengan Presiden Jokowi, presiden RI ketujuh tersebut tidak ingin memotong rezeki pedagang sekitar. Warung-warung tersebut sengaja boleh buka karena Jokowi memikirkan para pasukan penjaga serta awak media yang sewaktu-waktu membutuhkan makan dan minum.

BACA JUGA:

Karangan bunga dari SBY dan pejabat di pernikahan Gibran diantar becak

Tak terpilih mengantar tamu pernikahan Gibran, Pak Sarto sedih

Ini tahapan pernikahan adat Jawa seperti yang digelar keluarga Jokowi

16 rasa Markobar manjakan tamu pernikahan Gibran

Ini dia deretan menantu Presiden RI yang menjadi sorotan publik

Tukang becak di Solo lebih 'terhormat' daripada ojek, ada 7.000 becak

Berkah dari pernikahan putra Jokowi, Bibit bisa belikan cucu sepeda