Brilio.net - Kamu yang sudah menonton The Conjuring 2, tentunya telah familier dengan sosok Valak. Menurut sebuah kitab yang berjudul The Lesser Key of Solomon, yakni kitab dari abad 17 yang berisi mantra setan, Valak adalah pemimpin agung di neraka.

Valak digambarkan sebagai anak kecil bersayap, yang mengendarai naga berkepala dua dan memerintah 30 legiun setan. Tak hanya Valak, rupanya ada 16 iblis yang juga terkenal dan ditakuti di dunia, lho. Setan apa saja?

Ini dia 16 setan dan iblis yang konon terkuat dan terkenal di dunia, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/6).


1. Lucifer.

foto: mysticinvestigations.com

Dijuluki 'Raja dari segala Raja Iblis', Lucifer dikatakan sebagai iblis paling terkenal di dunia. Konon katanya, Lucifer adalah malaikat dengan peringkat tertinggi dan selalu dekat dengan Tuhan. Tapi karena kesombongannya, ia diusir ke bumi dan mengubah namanya menjadi Satan.


2. Coyote.

foto: en.wikipedia.org

Berasal dari legenda kuno penduduk Afrika, Cooyte adalah iblis bertubuh manusia berkepala anjing. Orang barat sering menyebutnya sebagai Werewolf.


3. Dagon.

foto: deviantart.com

Dagon oleh masyarakat Filipina terkenal sebagai iblis pembalas dendam. Beberapa teori mengaitkan bahwa Dragon adalah Kraken dari mitologi Yunani, mengingat kesamaan tugas sebagai makhluk pembalas yang akan menghancurkan segalanya.


4. Belphegor.

foto: wallpapervortex.com

Makhluk ini adalah iblis yang melambangkan kemalasan. Ia memiliki wujud yang mengerikan, berjenggot, dan memiliki tanduk serta kuku yang tajam.


BACA JUGA: 12 Gambar ini ungkap sejarah jenis hantu di Indonesia, awas merinding!



5. Mammon.

foto: en.wikipedia.org

Mammon di film Constantine diceritakan sebagai anak dari Lucifer. Mammon sering diasosiasikan dengan wujud iblis yang sangat rakus. Ia merupakan anak satan yang kaya dan juga pelit. Serta ia senang merampas kekayaan para penyembahnya.


6. Azazel.

foto: en.wikipedia.org

Azazael merupakan salah satu dari 4 raja neraka selain Astaroth, Beelsebub, dan Satan. ia sering dikaitkan dengan kegelapan dan kekeringan di padang pasir. Bahkan konon, Azazel lah yang membuat kejahatan di dunia, hingga air bah datang untuk membersihkan kejahatan tersebut.


7. Abaddon.

foto: deviantart.com

Abaddon adalah iblis terkuat di dunia setelah Lucifer. Julukannya memiliki arti kebinasaan atau si penghancur. Ia sering disetarakan dengan Asmodeus yang merupakan salah atau raja neraka.


8. Mictlantecuhtli.

foto: tlatollotl.tumblr.com

Di mitologi suku Aztec, iblis ini adalah dewa kematian yang menempati bagian terbawah dari alam kubur. Pemujaan terhadap iblis ini adalah dengan memakan daging manusia (kanibalisme).


Wah, ngeri juga ya ternyata? Kamu percaya nggak, kalau mereka itu semuanya ada? Cek 8 iblis terkuat selanjutnya.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




9. Asmodeus.

foto: en.wikipedia.org

Asmodeus adalah raja para iblis yang disebutkan dalam Buku Tobit. Asmodeus menempati posisi sebagai salah satu dari tujuh Pangeran Neraka. Wujudnya digambarkan memiliki tiga kepala, banteng, manusia dan domba jantan.


10. Astaroth.

foto: ayakashi-ghost-guild.wikia.com

Astaroth dikatakan sebagai bangsawan tingkat satu di neraka. Wujudnya berupa iblis yang mengenakan mahkota, memegang ular beracun di salah satu tangannya, dan menunggangi seekor binatang bersayap naga dengan berbuntut ular.


11. Leviathan.

foto: screenrant.com

Leviathan merupakan penguasa lautan yang menyimbolkan air. Ia berwujud makhluk dengan mulut besar mengerikan di laut yang akan memangsa segalanya. Mulut besarnya disebabkan karena ia merupakan penjaga neraka dimana mulutnya sering diasosiasikan dengan pintu neraka.


12. Behemoth.

foto: mythicalcreaturesguide.com

Di kisah mitologi, Behemoth memiliki makna 'sesuatu yang sangat kuat'. Behemoth adalah monster yang menguasai daratan. Konon ia tinggal di sebuah gurun tak terlihat, sebelah timur Taman Eden.


13. Beelzebub.

foto: en.wikipedia.org

Beelzebub merupakan Raja Pertama Neraka yang menyimbolkan kerakusan dan ketamakan. Ia juga sering diasosiasikan dengan wujud sebagai Dewa Lalat. Beberapa kisah mengatakan ia sebenarnya adalah identitas lain dari Satan. Konon ia adalah raja pertama dari neraka yang mengajarkan ilmu menghilang.


14. Damballa.

foto: domina.blogg.se

Damballa adalah iblis ular dalam sejarah ajaran Voodoo. Ia diyakini sebagai dewa langit yang menciptakan kehidupan. Ia sangat dihormati oleh para dukun Voodoo yang dikenal dapat menciptakan zombie.


15. Mormo.

foto: pinterest.com

Mormo dikenal sebagai iblis atau Pangeran Setan yang suka menggigit anak kecil, dalam mitologi Yunani. Ia juga disebut sebagai Pangeran Ghoul, yang berarti setan pemakan mayat menurut mitologi Arab.


16. Cimeries.

foto: lapis-lazuri.deviantart.com

Cimeries adalah iblis yang menguasai benua Afrika. Digambarkan sebagai kesatria yang menunggangi kuda hitam, konon ia memiliki kemampuan mendeteksi harta karun yang tersembunyi.