Brilio.net - Buat kamu yang sekarang masih sekolah, matematika menjadi mata pelajaran yang akan terus kamu jumpai hingga tamat SMA. Nah, jika sekarang kamu sedang memasuki jenjang SMP, biasanya ada materi statistik yang akan ditemui di kelas 8.

Dalam ilmu statistik, ada tiga macam ukuran pemusatan data. Ketiganya biasa disebut dengan mean, median, dan modus. Nah, dalam artikel ini kamu kana mempelajari tentang modus.

Modus adalah nilai yang paling sering muncul. Singkatnya, dalam kelompok data, jika ada angka yang paling banyak, itu lah yang dinamakan modus.

Agar bisa lebih jelas, simak berikut ini rumus modus dalam statistik, lengkap dengan contoh soal dan pembahasannya. Seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (26/9).

Pengertian modus.

Rumus modus dalam statistik © 2023 brilio.net

Rumus modus dalam statistik
freepik.com

Modus dalam statistik adalah nilai atau kategori yang muncul paling sering atau memiliki frekuensi tertinggi dalam sebuah himpunan data. Dalam kata lain, modus adalah nilai yang paling dominan atau umum dalam distribusi data. Modus digunakan untuk mengidentifikasi puncak atau titik paling tinggi dalam distribusi data, ketika data diurutkan dalam urutan nilainya.

Modus dapat digunakan untuk memberikan pemahaman tentang elemen yang paling umum atau populer dalam data, yang dapat berguna dalam berbagai analisis statistik. Meskipun modus adalah salah satu ukuran statistik pusat, bersama dengan mean (rata-rata) dan median (nilai tengah), penting untuk diingat bahwa tidak semua distribusi data memiliki modus, dan dalam beberapa kasus, data mungkin memiliki lebih dari satu modus (modus ganda atau multimodal).